Pemanfaatan Limbah Kertas Rontgen untuk Pelindung Mata Bayi Dengan Fototerapi di RS PKU Muhammadiyah Temanggung

Novita Kurnia Sari, Tulus Suharsih, Agung Pranoto, M. Riyanto

Abstract


Fototerapi sering digunakan untuk bayi yang mengalami peningkatan bilirubin. Fototerapi adalah terapi untuk mengatasi keadaan hiperbilirubunemia dengan menggunakan sinar biru berenergi tinggi yang mendekati kemampuan maksimal untuk menyerap bilirubin. Pada bayi yang menjalani fototerapi akan diberikan pelindung mata untuk melindungi efek buruk dari sinar biru tersebut. RS PKU Muhammadiyah Temanggung menyediakan pelayanan fototerapi. Selama fototerapi bayi diberikan pelindung mata dengan menggunakan kertas karbon yang dibungkus dengan kasa dan direkatkan menggunakan plester. Kendalanya mata bayi terkadang menjadi iritasi karena posisi pelindung mata yang mudah bergeser sehingga perawat harus berulangkali memperbaiki posisi pelindung mata bayi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan membuat pelindung mata menggunakan limbah kertas rontgen, dilapisi kain flannel, dibentuk seperti kacamata dan diberikan perekat agar ukuran dapat disesuaikan dengan ukuran kepala bayi. Hasilnya pelindung mata ini tidak menimbulkan iritasi pada mata dan kulit bayi dan tidak mudah lepas meskipun bayi banyak bergerak. Selain itu pelinduung mata ini juga bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Harga yang dibutuhkan untuk membuat pelita ini juga terjangkau dibandingkan dengan harga pelindung mata yang dijual di pasar. Perawat juga merasakan bahwa pelindung ini lebih efektif dan efisien. Dari sisi waktu perawat tidak perlu lagi berulangkali memperbaiki pelindung mata bayi dan membuat pelindung mata tiap kali ada bayi yang akan melakukan sesi fototerapi.

Kata Kunci : pelindung mata, fototerapi, kertas rontgen.


Full Text:

PDF

References


Bunyaniah. (2013). Pengaruh Fototerapi terhadap Derajat Ikterik pada Bayi Baru Lahir Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi Stara Satu. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hassan, R. (2005). Ilmu Kesehatan Anak Jilid 3. Jakarta : Infomedika.

Kosim, M. S., et all. (2008). Buku ajar neonatologi: Hiperbilirubinemia. Edisi Pertama. Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Kumar, P., Srinivas, M., Malik, G. K., Chawla, D., Asho, K. D., Karthi, N., & et al. (2010). Light-emitting diodes versus compact flurorescent tubes for photo-therapy in neonatal jaundice: A multi-center random-

ized controlled trial. Indian Pediatrics, 47.

-137.

Maisels J., McDonagh, A. (2008). “Phototherapy For Neonatal Jaundice . Journal Nursing England Medical. No.358 pp 920 – 928 http://www.nejm.org/doi/ full/10.1056/ NEJMct0708376 , Diakses 26 Maret 2012.

Manulang, Yessi. (2010). Gambaran pengetahuan dan tindakan ibu dalam perawatan daerah perianal terhadap pencegahan ruam popok. Http:// Repository.usu.ac.id (diperoleh tanggal 29 september 2016).

Mansjoer, A, 2008, Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Sistem Muskuluskeletal, Jakarta: EGC.

Murray, R. K., Granner, D. K., & Rodwell, V. W. (2009).

Biokimia harper (27 ed). Jakarta: EGC.

Moeslichan, Surjono, Surandi, Rahardjani, Usman A, Rinawati, et al. Tatalaksana ikterus neonatorum. (2004). Available from : http://buk.depkes.go.id/ index. php?option=com_docman&task=do-c_download&gid=263&Itemid=142

Nicki L. Potts & Barbara L. Mandleco. (2007) . Pediatric Nursing Caring for Children and Theis Families Second Edition

Rinawati. (2009). Buku Indonesia Menyusui.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Jakarta.

Sacher, R. A., Richard A. M. (2004). Tinjauan klinis hasil pemeriksaan laboratorium edisi 11. Jakarta: EGC.

Smeltzer,, Suzanne C., Bare, Brenda G. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth ed. 8, vol 3. Jakarta: EGC.

Porter, M.L., Dennis, B.L., 2002, Hyperbiliru-binemia In The Term Newborn, Journal of American Family Phycisian, 65: 599-606.




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.4210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id

  

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.