PEMBERDAYAAN KELOMPOK PETERNAK IKAN LELE DALAM RANGKA DIVERSIFIKASI USAHA

Danang Wahyu muhammad

Abstract


Di Dusun Sadang, Nanggulan, Kulon Progo terdapat kelompok peternak ikan lele yang mempunyai potensi untuk lebih dikembangkan lagi, baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Dari sisi kuantitas, jumlah dan ukuran ikan lele masih bisa ditingkatkan dan dari sisi kualitas hasil panen ikan lele dapat diolah menjadi makanan olahan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan Kelompok Peternak Ikan Lele sejak proses pembibitan sampai dengan pasca panen. Metode pelaksanaannya adalah dengan cara pemberian penyuluhan tentang pembudidayaan ikan lele, penyuluhan izin PIRT, penyuluhan hak atas merek, pelatihan tentang pembuatan abon ikan lele, dan pendampingan sejak pembibitan sampai dengan pasca panen ikan lele sehingga menjadi produk olahan yang layak jual.

Hasil program pengabdian ini adalah 1) terdapat pemahaman yang lebih mendalam tentang pembudidayaan ikan lele pada anggota kelompok ternak ikan lele, terdapat pemahaman perlunya izin PIRT dan arti penting merek untuk pemasaran produk pada ibu-ibu PKK dan karang taruna; 2) bagi ibu-ibu PKK dan karang taruna mempunyai ketrampilan pembuatan abon ikan lele.

 

Kata Kunci: Pengabdian, Kelompok Peternak Ikan lele, Ternak Ikan lele

Full Text:

PDF

References


Achmad Maulidi, Pengurusan Perizinan PIRT, https://www.kanal.web.id/2016/11/ pengurusan-perizinan-pirt.html, diunduh tanggal 17 april 2018, jam 18.51

Antika Fahriatul Fauziah, dkk., Analisis Pendapatan Dan Pemasaran Ikan Lele Dumbo Di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger, JSEP, Vol. 9 No.1 Maret 2016.

Diana Rachmawati, dkk., Manajemen Kualitas Air Media Budidaya Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepinus) Dengan Teknik Probiotik Pada Kolam Terpal Di Desa Vokasi Reksosari, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, Vol 12, No 1 (2015)

Riesti Triyanti, Nensyana Shafitri, Kajian Pemasaran Ikan Lele (Clarias Sp) Dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya (Studi Kasus Di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah), Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, Vol 7, No 2 (2012), p-ISSN: 2088-8449; e-ISSN: 2527-4805.

Siti Hudaidah dan Maulid Wahid Yusup, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan Lele Teknologi Bioflok di Kelurahan Pinang Jaya, Bandar Lampung, Lampung, Jurnal Sakai Sambayan, Vol 1 No 1 (2017).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi

Undang-Undang No. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.7155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: abdimasumy10@gmail.com.