Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Dan Konflik Peran Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Bps Propinsi D.I. Yogyakarta

Wiji Sudaryatun

Abstract


This study aimed to examine the effect of the quality of working life and role conflict on organizational commitment with job satisfaction as an intervening variable in BPS Province D.I Yogyakarta. The study was conducted in BPS Province D.I. Yogyakarta, where all employees are sampled, so this research is called the study population.

Collecting data using a survey questionnaire method. The number of respondents as many as 77 people, since the year 2012, there are 2 employees who are learning task, one person retired and one person died. The number of questionnaires were distributed according to the number of respondents ie 77  sets, and return as many as 77. The study was conducted in mid-December.

From this research result that (a). quality of work life significant positive effect on job satisfaction, (b). Role conflict was not a significant negative effect on job satisfaction, (c). Quality of work life significant positive effect on organizational commitment, (d). Conflict is not the role of significant negative effect of organizational commitment, (e). Job satisfaction significant positive  effect on organizational commitment, (f). Job satisfaction mediates the indirect effect of quality of work life for organizational commitment, and (g). Job satisfaction mediates the indirect effect of the quality of the conflicting roles of organizational commitment.


Keywords


Quality of work life; role conflict; job satisfaction; organizational commitment

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2008). Pengaruh work-family conflict terhadap job satisfaction dan turnover intention pada profesi akuntan publik: Studi empiris pada kantor akuntan publik di DKI Jakarta dan Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7 (2), 100-116.

Agustina, L. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor (Penelitian pada Kantor Akuntan Publik yang Bermitra Dengan Kantor Akuntan Publik Big Four di Wilayah DKI Jakarta). Bandung. Jurnal Akuntansi Vol.1 No.1 Mei 2009: 40-69

Alamsyah. U.P. (2007). Meningkatkan kinerja organisasi melalui komitmen organisasional (Study pada mailbox Distro dan Clothing Company Yogyakarta). UMY.

Arifin, N. (2012). Analisis Kualitas Kehidupan Kerja, Kinerja, dan Kepuasan Kerja pada CV Duta Senenan Jepara. STIENU. Jurnal Economia, Volume 8, Nomor 1, April 2012.

As’ad, Mohamad.,(1991), Kepemimpinan Efektif dalam Perusahaan, Suatu Pendekatan Psikologik, Edisi Kedua, Liberty, Yogyakarta.

Churiyah, M. Pengaruh Konlik Peran, Kelelahan Emosional terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Davis, Keith., Newstrom, J.W, & Werther (1996). Perilaku dalam Organisasi (terjemahan oleh Dharma), Jilid I, Edisi Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dewi, A.T. (2006). Analisis Pengaruh Quality of Work Life terhadap Motivasi Berprestasi karyawan (Studi Kasus Kantor Pusat PT POS Indonesia (PERSERO)). Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen. IPB.

Elmuti, Dean., Yunus Kathawala (1997) “An Investigation into Effects of ISO 9000 on Participants’ Attitudes and Job Performance”. Production and Inventory Management Journal. Second Quarter.

Ghozali.I (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husnawati, A. (2006). Analisis pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja sebagai Intervening variabel (studi kasus pada PERUM Pegadaian Kanwil VI Semarang). Semarang.

Indriyani, E. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening pada Workshop SMK Katolik Santo

Mikael Surakarta. STIE AUB Surakarta.

Krisdiana, F. (2012). Pengaruh Konflik Peran dan Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja (Studi pada Perawat Rumah Sakit Islam Malang Unisma). Universitas Negeri Malang

Luthans, Fred.S.(1995). Organizational Behavior, Seventh Edition. Singapore. Mc.Graw Hill

Masri, Indra. (2007). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi kasus Pada Victoria Busana Cabang Bandung). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Unikom.

Misqi, N.F. (2007). Pengukuran terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional untuk meningkatkan kinerja di SD Cendrawasih Jaya. UMY.

Munandar, A.S .(2011). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta. Penerbit Universitas Indonesia (UI Press)

Murni, Dewi, (2011). Pengaruh Konflik Peran Terhadap Kinerja Karyawan PT Asuransi Kredit Indonesia (PERSERO) cabang Surabaya Dengan menggunakan Job Tension Sevagai variabel Intervening. Universitas Airlangg.

Nugroho, A.H. (2003). Pengaruh Konflik Peran dan Perilaku Anggota Organisasi terhadap Kinerja Kerja Pegawai pada Kepolisian Republik Indonesia Kepolisian Wilayah Kota Besar Semarang.

Porter, R. M. & Steers, L. W. (1991). Motivation and Work Behaviour. 5th Edition, USA: McGraw-Hill, Inc.

Putri, A.D. (2007). Pengaruh konflik peran terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja (studi kasus pada tenaga pengajar di SMA Negeri 1.Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2007.

Priheni, A. (2005). Pengaruh Komitmen Organisasional, Komitmen Profesional dan Konflik Peran terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, UMY.

Robbin, S.P & Judge, T.A. (2009). Perilaku Organisasi, Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Sirumapea, L.P., dkk. Hubungan antara Persepsi Karyawan terhadap Konflik Peran dengan Perilaku Keanggotaan Organisasi pada Karyawan PT. Bri Palangkaraya Kalimantan Tengah. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Sopiah, Dr. (2008). Perilaku Organisasional.Penerbit Andi Ofset. Yogyakarta Subyantahadi. 2005. Pengaruh QWL, Konflik peran dan Kepuasan Kerja terhadap

Komitmen Organisasi pada instansi pemerintah Kabupaten Bantul. UMY.

Sugiyono, (2008). Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Tjahjono, H.K. (2004). Budaya Organisasional dan Balanced Scorecard: Dimensi Teori dan Praktik. UPFE UMY.

Tjahjono, H.K. (2009). Metode Penelitian Bisnis 1 dan 2, Visi Solusi Madani, Yogyakarta

Ujianto, G dan Alwi, S. (2005). Analisis Pengaruh Komitmen Profesional dan Komitmen Organisasional terhadap Kepuasan kerja karyawan pada Bank bukopin Yogyakarta. Sinergi. Kajian Bisnis dan Manajemen. Edisi Khusus on Human Resources. Hal 93-110.

Yusuf, T. (2010). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Karyawan, dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PDAM Balikpapan. Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan.

Wahyuni, L.M, (2009). Aplikasi Praktik-Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Kinerja Karyawan dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada lndustri Kerajinan Ukiran Kayu di Kabupaten Gianyar, Bali) Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali,Kampus Bukit Jimbaran, Bali.

Winardi J., (2006). Manajemen Perubahan, Jakarta: kencana Prenada Media Group, 2006, cet.II

Zin, Razali Mat, (2004), “ Perception of Professional Engineers Toward Quality of Work Life and Organizational Commitment”, Gajahmada International Journal of Business, Vol. 6. No. 3, p.323-334




DOI: https://doi.org/10.18196/jbti.v5i1.2449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi terindex:
 
 

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

Office:
Magister of Managemet Postgraduate Building 2nd Floor UMY
Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 Ext. 133
WA : +62 815-8758-702
E-mail: jbti@umy.university


This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International