Pengaruh Kegiatan Festival Cap Go Meh Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Sektor Perdagangan dan Jasa Kota Singkawang

Singgih Tiwut Atmojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari dilaksanakan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, dan juga untuk melihat seberapa besar pengaruh dari dilaksakanya Festival Cap Go Meh tersebut khususnya pada sektor perdagangan dan jasa. Dimana diketahui Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan barat. Pariwisata menjadi andalan di Kota Singkawang khususnya melalui Festival Cap Go Meh ini, sebagaimana diketahui pada perayaan Cap Go Meh sudah menjadi kegiatan budaya rutin yang selalau mampu mendatangkan wisatawan-wisatawan baik luar maupun dalam negeri. Penelitian ini menggunakan metode survey pada pelaku perdagangan dan jasa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang terbagi 90 orang pada sektor perdagangan dan 10 pada sektor jasa dengan proporsi 5 pada jasa hotel dan 5 pada jasa taxi (travel). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan: (1)Bahwa selama kegiatan festival Cap Go Meh berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan di sektor perdagangan dan jasa. (2)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor perdagangan rata-rata sebesar 42,70%. (3)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor jasa rata-rata sebesar 56%. (4)Pelaku usaha disektor perdagangan merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 7 hari. (5)Pelaku usaha disektor jasa merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 6 hari.

 


Full Text:

PDF

References


Damanik, J dan Weber, H. 2006. Perencanaan Ekowisata Dari Teori Ke Aplikasi. PUSPAR UGM dan Andi. Yogyakarta

Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Singkawang Tahun 2017

John C. Mowen, Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., dan Kevin L. Keller.2016. Marketing Managemen.” 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Madura, J. 2009. Introduction To Business Pengantar Bisnis 1, 4th edition, Salemba Empat. Jakarta

Mangunsong, R . 2008: Indonesian Civil Code - Burgerlijk Wetboek voor Indonesia (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata). Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Setiyaningrum, A.2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.

Riskiyah, P. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mengunjungi Festival Cap Go Meh di Singkawang. Jurnal Pariwisata, Vol 5, No 1.

Spillane, J.J. 1994. Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013 Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung

Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Kepmenperindag) Nomor 23/MPM/Kep/1998 tentang Lembaga-Lembaga Usaha Perdagangan.

Tatik, S. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Tjahjono, H.K. 2015. Manajemen SDM. VSM MM UMY

Tjahjono, H.K. 2015. Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY

Undang Undang Nomor 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Vero, Ocsuanda. 2018. Pengaruh Pariwisata Terhadap Perkembangan Kota. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kesehatan dan Ilmu Kesehatan. Vol 2, No 1




DOI: https://doi.org/10.18196/bti.101114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi terindex:
 
 

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

Office:
Magister of Managemet Postgraduate Building 2nd Floor UMY
Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 Ext. 133
WA : +62 815-8758-702
E-mail: jbti@umy.university


This work is licensed under Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International