Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Insisiva Dental Journal?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Ketentuan umum

  1. Karangan yang dikirim kepada Redaksi adalah karangan yang belum pernah dipublikasi dan tidak dikirimkan secara bersamaan pada jurnal ilmiah lainnya untuk dipublikasi, baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. 
  2. Penulis harus memastikan bahwa seluruh penulis pembantu telah membaca dan menyetujui isi karangan untuk dipublikasi. 
  3. Laporan penelitian yang menggunakan manusia sebagai subyek penelitian, harus melampirkan surat persetujuan dari Komite Etik Penelitian setempat.
  4. Naskah diketik menggunakan microsoft word dengan huruf Times New Roman size 12.
  5. Jika naskah tersebut terdapat foto atau gambar, harus mengirimkan soft copy dengan ukuran yang aslinya.
  6. Naskah dikirim dalam bentuk hard copy 2 eksemplar dan soft copy ke alamat redaksi: RSGM UMY Asri Medical Center, Jl. HOS Cokroaminoto No. 17 Yogyakarta. Telp. 081227915700, Pengiriman naskah soft copy juga dapat melalui e-mail: jurnalkgumy@gmail.com.
 

Ketentuan Menurut Jenis Artikel

  1. Artikel Hasil Penelitian Merupakan artikel hasil penelitian orisinil dalam bidang kedokteran dan kesehatan. Sistematika artikel ini meliputi: judul; nama penulis dan alamat instansi; abstrak; kata kunci; abstract; key words; pendahuluan yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, rumusan masalah penelitian dan tujuan penelitian; bahan dan cara yang berisi desain penelitian, tempat dan waktu, populasi dan sampel, cara pengukuran data dan analisis data; hasil; diskusi; kesimpulan dan saran; ucapan terima kasih; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk). Dapat disertai tabel, grafik, foto / gambar dan keterangan gambar / foto. Hasil dipisahkan dengan diskusi. Judul dan abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

  2. Tinjauan PustakaMerupakan artikel hasil pemikiran kritis dan analisis penulis mengenai permasalahan kedokteran atau kesehatan. Sistematika artikel ini meliputi: judul; nama penulis dan alamat instansi; abstrak; kata kunci; abstract; key words; pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; diskusi berisi bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); kesimpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk). Judul dan abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris

  3. Laporan Kasus Merupakan artikel mengenai kasus klinik yang unik dan jarang terjadi di lapangan. Sistematika artikel ini meliputi: judul; nama penulis, alamat instansi; abstrak; kata kunci; abstract; key words; pendahuluan yang berisi latar belakang masalah, analisis terhadap literatur review dan pernyataan singkat yang menegaskan bahwa kasus tersebut tidak lazim dan penting; laporan kasus yang merupakan pusat perhatian dari artikel ini, berisi pengenalan pasien, sejarah penyakit, situasi sekarang, penjelasan terinci mengenai pemeriksaan fisik dan hasil beberapa uji yang berkaitan, diagnosis awal, treatment dan rencana follow-up. Dapat disertai tabel, flowchart, foto hasil pemeriksaan radiologi; diskusi berisi justifikasi dan outcome laporan kasus; kesimpulan dan saran; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

Ketentuan Khusus

  1. Judul sebaiknya tidak lebih dari 14 kata, ditulis dengan title case, dicetak tebal dan berukuran 14 pts, ditulis dalm 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Apabila judul terlalu panjang, dapat dibuat anak judul. Naskah yang pernah disajikan dalam pertemuan ilmiah atau tesis yang belum pernah diterbitkan dan diedarkan secara nasional, dibuat keterangan berupa catatan kaki. Terjemahan judul dalam bahasa Inggris diketik degan huruf Italic.
  2. Nama penulis ditulis tanpa gelar. Nama penulis yang dicantumkan paling banyak 5 (lima) orang. Apabila lebih, cukup ditulis dengan kata dkk. atau et al. Nama penulis harus disertai nama lembaga penulis bekerja. Penulis utama dianjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.
  3. Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris, ditulis dalam satu alinea, maksimal terdiri atas 250 kata. Abstrak harus memuat ringkasan latar belakang, tujuan, bahan dan cara, kesimpulan utama dan saran. Abstrak dibuat ringkas dan jelas.
  4. Kata kunci (key words) ditulis menyertai abstrak, 3 - 5 kata dan bukan merupakan pengulangan kata-kata dalam judul. 
  5. Sumber pustaka sedapat mungkin merupakan pustaka yang terbit 10 tahun terakhir dan diutamakan dari sumber primer berupa laporan penelitian (skripsi, tesis, disertasi) atau artikel penelitian dalam jurnal/majalah ilmiah. Rujukan ditulis sesuai dengan aturan Vancouver, yaitu dengan sistem penomoran berdasarkan pemunculan dalam naskah.
  6. Tabel dan gambar dibuat sesederhana mungkin, bagus dan jelas. Judul tabel ditempatkan di atas tabel, sedangkan judul gambar ditempatkan di bawah gambar. Foto yang akan dimuat harus berkualitas tinggi. Di belakang foto/ gambar ditulis (dengan pensil) nama pengarang, judul ringkas karangan, nomor dan orientasi gambar. Bila gambar berupa orang yang mungkin dapat dikenali atau berupa ilustrasi yang pernah dipublikasi, harus disertai ijin tertulis. Jumlah tabel dan gambar masing-masing maksimal 6 buah.
  7. Ucapan terimakasih diberikan kepada profesional yang membantu, seperti dukungan teknis atau dana. Nama-nama yang ditulis harus disertai gelar dan alamat kerja
  8. Penulisan Daftar Pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut:
  • Buku : Anderson,D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E.. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co. pp123-126, 2009
  • Buku kumpulan artikel : Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press., 2002.
  • Artikel dalam buku kumpulan artikel : Russel, T. 2008. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A.Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.
  • Artikel dalam jurnal atau majalah : Kansil,C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.
  • Artikel dalam Koran :Pitunov,B. 13 Desember , Sekolah Unggulan ataukah Sekolah pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11, 2002.
  • Tulisan/ berita dalam koran (tanpa nama pengarang) : Jawa Pos. Wanita kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3, 22 April, 2005.
  • Dokumen resmi : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud, 2008.
  • Buku Terjemahan : Ary,D., Jacobs, L.C. & Razavieh,A. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 2000. Surabaya: Usaha Nasional. 2006.
  • Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian : Susanti, T.D. Perbandingan Efektifitas Bacillus thuringiensis israelensis (Bti) terhadap Larva Aedes aegypti Laboratorium dengan Daerah Endemik Demam Berdarah di Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIK UMY, 2007.
  • Makalah seminar, lokakarya, penataran : Waseso, M.G.. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas lambung Mangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus, 2009
  • Internet (karya individual) : Hitchkock, S., Carr, L. & Hall, W. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, 2006., (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey. html, diakses 12 Juni 2007).
  • Internet (artikel dalam jurnal online) : Kumaidi.. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, 2008, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2010).
  • Internet (bahan diskusi) : Wilson,D. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, 20 November 1995. (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu, diakses 22 November 1995)
  • Internet (e-mail pribadi) : Naga, D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 2007. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.