Gambaran tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMP di Yogyakarta

Cahya Indra Lukmana, Falasifah Ani Yuniarti

Abstract


Latar Belakang : Jumlah remaja di Indonesia sangat besar, maka remaja sebagai penerus bangsa perlu disiapkan menjadi manusia yang sehat jasmani, rohani, dan mental serta spiritual. Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dengan masa transisi yang unik dan ditandai oleh berbagai perubahan secara fisik, emosi dan psikis.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi di salah satu SMP swasta di Yogyakarta

Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Swasta berbasis  Islam Yogyakarta, dengan jumlah responden 90 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan skala ordinal. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.

Hasil : Penelitian ini menunjukkan  bahwa pengetahuan siswa dalam kategori baik ada 15 orang (16,7%), cukup ada 71 orang (78,9%), dan kurang ada 4 orang (4,4%).

Kesimpulan : Pada penelitian ini rata-rata tingkat pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi remaja adalah cukup. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah sumber informasi yang di dapat oleh siswa.

Keywords


remaja; pengetahuan; kesehatan reproduksi

References


Arikuto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2008). Kurikulum dan Model Pelatihan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR). Jakarta : Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.(2012). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kementrian Kesehatan

Dewi, N.A.K. (2012). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Perkembangan Seksualitas pada Remaja Awal SMPIT Anugerah Insani Bogor. KTI. Universitas Indonesia.

Irawan, E. (2016). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di Desa Kertajaya. Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. IV, No. 1. Diakses 20 Agustus 2017

Jose, R. L. (2010). Perkembagan Remaja. Jurnal Sari Pediatri.Volume 12 Nomor 1. Hal. 21-29.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Laporan Situasi Perkembangan HIV & AIDS Di Indonesia. Jakarta : KKRI

Kyle, T & Carman, S. alih bahasa Yulianti D. (2014). Buku Ajar Keperawatan Pediatri. Jakarta : EGC.

Mahfudli.(2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktek dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Mubarak et all. (2007). Buku Ajar Ilmu Komunitas 2, Teori dan Aplikasi dalam Praktek dengan Asuhan Keperawatan Komunitas, Keluarga, dan Gerontik. Jakarta : CV Agung Seto

Mukhsinah, S.M. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Seksual Santri kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam 69 Matraman. KTI. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam.(2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Omobuwa, O., et all. (2012). Knowledge and Perception of Reproductive Health Servicec Among in-School Adolescents in lle-lfe, Osun State, Nigeria. Journal of Medicine and Medical Science. Vol 3 (7) pp. 481-488. Available online Http://www.interestjournals.org/JMMS.

Potter & Perry. (2009). Fundamental Keperawatan (Edisi 7). (Adrina Ferderika Nggie dan Marina Albar, Penerjemah). Jakarta : Salemba Medika.

Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada. (2010). Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Puspita, S. P. M et all. (2012). Pengetahuan, Sikap, Peran Orang tua Perilaku Seks Remaja Siswa SMK Negeri 4 Jaeponto.

Putro, G. (2009). Alternatif Pengembangan Model Kesehatan Reproduksi Remaja.Jurnal Kesehatan Reproduksi. Volume 1 Nomor 1. Hal. 23-31.

Talib, J., Mamat, M, Ibrahim M, Mohamad, Z. (2012). Analisis on Sex Education in School Across Malaysia. Procedia- Social and Behavioral Science 59. Hal. 340-348.

Triwibowo, C & Pusphandani, M. E. (2015).Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta : Nuha Medika

Utama, I.B. (2013). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi pada Siswa di SMA N 1 Imogiri. KTI Program Studi Ilmu Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

WHO. (2007). Education and Treatment in Adolescent Sexuality : The Training of Health Professional. Geneva : WHO

WHO. (2011). The Sexsual and Reproductive Health of Younger adolescent. Geneva : WHO


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office : School of Nursing Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kompleks FKIK Gedung Siti Walidah F3 Lantai 4
Kampus Terpadu UMY
JL. Brawijaya/ Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Email : IJNP@umy.ac.id
Web : http://journal.umy.ac.id/index.php/ijnp

Creative Commons License
Indonesian Journal of Nursing Practice is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats