Pengaruh Siklus Belajar 5E Kombinasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kognitif, Afektif, Psikomotor Pada Mahasiswa Diploma Keperawatan

Nila Yuliani, Titih Huriah, Yanuar Primanda

Abstract


Mutu pendidikan yang rendah merupakan masalah utama dalam dunia pendidikan. Hasil uji kompetensi nasional untuk tingkat diploma keperawatan masih sangat rendah bila dibandingkan tenaga kesehatan lain. Nilai batas lulus untuk D3 Keperawatan masih dibawah 50 yaitu 42,16 dengan prosentase kelulusan hanya 47,81%. Proses belajar mengajar merupakan salahsatu faktor yang berkontribusi terhadap kualitas pendidikan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 5E kombinasi PBL dalam meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa diploma keperawatan. Desain penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Lokasi penelitian dilakukan di Akper Samawa Sumbawa. 58 mahasiswa didapatkan melalui Total Sampling. Data analisis menggunakan analisis deskriptif, chi square dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata kognitif sebelum intervensi adalah 39,28 dan setelah intervensi meningkat menjadi 47,85, nilai rerata afektif sebelum intervensi adalah 45,17 dan setelah intervensi meningkat menjadi 52,89, nilai rerata psikomotor sebelum intervensi adalah 44,39 dan setelah intervensi meningkat menjadi 53,03. Setelah diterapkan intervensi model siklus belajar 5E dengan kombinasi PBL, terdapat peningkatan kognitif, afektif, dan psikomotor yang signifikan dengan nilai p-value 0,041, 0,012 dan 0.000.


Keywords


Model siklus belajar 5E; PBL; kognitif; afektif; psikomotor

References


Afifah, N.L., Asim & Muhardjito. 2013, Pengaruh Model Pembelajaran 5-E Learning Cycle Terhadap Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas X MIA SMA Laboratorium UM. Unpublished

Balci S, Cakiroglu J, Tekkaya C, 2006. Engagement, Exploration, Explanation, Extension, and Evaluation (5E) Learning Cycle and Conceptual Change Text as Learning Tools. Biochemistry and Molecular Biology Education, May; 34 (3): 199-203

Basic Sciences Years. Professional Medicine Journal, 16;23(5): 614-619

Bhalli MA, Sattar A, Asif M, 2016. Teaching Strategies: Perception of Medical Students, Used in

Budiardjo, L. 1997, Metode Instruksional, Program Applied Approach Bagian 3, Jakarta: Universitas Terbuka

Djamarah, S.B., Zain, A, 2013. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan ed. 3. Salemba Medika. Jakarta.

Hameed Imran, Jan Tahir Ullah, 2016. Comparative Study of Teaching Strategies in The Higher Education System of Punjab and Khyber Pakhtunkhwa. Gomal University Journal of Research, Vol 32 Issues 2, p 126-134

Hatice Güngör Seyhan & Morgil, I. 2007, "The effect of 5E learning model on teaching of acid-base topic in chemistry education/Los efectos del modelo 5E de aprendizaje en la enseñanza del tema "Ácidos-bases" en química", Journal of Science Education, vol. 8, no. 2, pp. 120-123.

Hee Jun Won, Lee Ji-Won, Jong Park Han, Chang Aekyung, Kim Mi Ja, 2013. Use of the 5E Learning Cycle Model Combined with Problem-Based Learning for a Fundamentals of Nursing Course. Journal of Nursing Education. 52 (12: 681-689

Islamuddin, H. 2012, Pengembangan Kurikulum Baru. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Jun W, Lee E, Park H, Chang A, Kim M. 2013, “Use of the 5E Learning Cycle Model Combined with Problem-Based Learning for a Fundamentals of Nursing Course”, The Journal of Nursing Education, vol. 52, no. 12, pp. 681-689.

Kaur Kanwalpreet, Singh Neena Vir, Ghai Sandhya, Agnihotri Meenakshi. 2015, A Comparative Study to Assess the Effectiveness of Live Demontration and Video Assisted Teaching on Nasogatric Tube feeding on the Skill Development of Nursing Students. Nursing and Midwifery Research Journal, Vol 11, No 4, p163-174.

Khatiban, M. & Sangestani, G. 2014, "The effects of using problem-based learning in the clinical nursing education on the students' outcomes in Iran: A quasi-experimental study", Nurse Education in Practice, vol. 14, no. 6, pp. 698-703.

Khatiban Manhaz, Sangestan Gita, 2014. The Effects of Using Problem Based Learning in the Clinical Nursing Education on the Students Outcomes in Iran : A Quasy-Experimental Study, Nurse Education in Practice, Vol 14, Issue 6, p698-703

Mansyur, N., Budu., Nontji., W. 2014, Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Role Play Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemeriksaan Fisik Ibu Nifas. Diakses tanggal 16 Agustus 2017 Dari http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/450cf604c843c5656aff214771170996.pdf

Murphy, S., Hartigan, I., Walshe, N., Flynn, A.V. and O'Brien, S., 2011. Merging Problem-Based Learning and Simulation as an Innovative Pedagogy in Nurse Education. Clinical Simulation in Nursing, 7(4), pp.e141-e148.

Ngalimun. 2016, Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Nursalam., Efendi, F. 2012, Pendidikan Dalam Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.

Piyayodilokchai, H., Panjaburee, P., Laosinchai, P., Ketpichainarong, W. & Ruenwongsa, P. 2013, "A 5E Learning Cycle Approach-Based, Multimedia-Supplemented Instructional Unit for Structured Query Language", Journal of Educational Technology & Society, vol. 16, no. 4, pp. 146-n/a.

Rahayuningsih, R., Masykuri, M., & Utami, B. 2012, Penerapan Siklus Belajar 5e (Learning cycle 5E) Disertai Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012 Vol. 1 No. 1 Tahun 2012

Rideout E, England-Oxford V, Brown B, Fothergill-Bourbonnais F, Ingram C, Benson G, Ross M, Coates A, 2002. A Comparison of Problem-Based and Conventional Curricula in Nursing Education. Advances in Health Sciences Education: Theory and Practice. Vol 7 (1): 3-17

Sari, S.D.C., Mulyani, B., & Utami, B. 2013, Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning cycle 5E) dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Vol. 2 No. 1

Sari, E.S., Asim., & Yudyanto. 2014, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-Keperawatan SMK Kesehatan BIM Probolinggo. Unpublished

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Diakses tanggal 16 Agustus 2017 Dari http://lib.unnes.ac.id/1088/1/2668.pdf

Silberman, M., 1996. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Boston: Allyn & Bacon Tiwari, A., Lai, P., So, M., & Yuen, K. (2006). A comparison of the effects of problem‐based learning and lecturing on the development of students' critical thinking. Medical education, 40(6), 547-554.

Utami, Hastuti, Yamtinah, Padmini, dan Arroyan, 2013. Penerapan siklus belajar 5E disertai LKS untuk peningkatan kualitas proses dan hasil belajar kimia. Diakses tanggal 16 Agustus 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office : School of Nursing Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kompleks FKIK Gedung Siti Walidah F3 Lantai 4
Kampus Terpadu UMY
JL. Brawijaya/ Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Email : IJNP@umy.ac.id
Web : http://journal.umy.ac.id/index.php/ijnp

Creative Commons License
Indonesian Journal of Nursing Practice is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats