Peningkatan Capaian Kompetensi Kognitif Mahasiswa Akper Pemkab Ponorogo Dengan Penerapan Peer-Assisted Learning (PAL)

Wiwiek Retti Andriani, Elsye Maria Rosa, Moh. Afandi

Abstract


Proses pembelajaran yang ditekankan saat ini adalah student centered learning, pembelajaran ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk membangun sendiri pengetahuannya sehingga akan memperoleh pemahaman mendalam. Salah satu pembelajaran inovatif dengan strategi student centered learning yaitu Peer-Assisted Learning (tutor sebaya). Metode PAL mampu meningkatkan pemahaman (secara kognitif) pada tutor dan tutees, dikarenakan konsep-konsep dapat dijelaskan secara sederhana dengan menggunakan bahasa yang paling mudah difahami dan sesuai dengan level mahasiswa. Konsep ini dikenal sebagai konsep keselarasan kognitif (cognitive congruence). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan metode peer-assisted learning (PAL) dalam meningkatkan pencapaian kompetensi kognitif mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan desain quasy experiment dengan rancangan pre and post-test with control group design. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel sejumlah 60 mahasiswa semester empat yang terbagi menjadi dua kelompok perlakuan dan kontrol. Instrumen penelitian menggunakan multiple choice question. Data dianalisis menggunakan t-test, dengan α = 0.05.

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test mengalami perubahan signifikan (p value 0.000). Nilai rata-rata pre-test (42,40) termasuk dalam kategori tidak kompeten sedangkan nilai rata-rata post-test (84,27) sehingga termasuk dalam kategori kompeten. Sedangkan pada kelompok kontrol sebelum perlakuan nilai mean (40,67) termasuk dalam kategori tidak kompeten. Setelah mendapatkan intervensi non-PAL, nilai mean meningkat menjadi (69,60) termasuk kategori tidak kompeten.

Penerapan peer-assisted learning berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kompetensi kognitif mahasiswa.


Keywords


Aplikasi; Peer-assisted Learning (PAL); kompetensi kognitif

References


Brooks, J.G., & Brooks, M.G. (1993). In Search of Understanding: The Case for Constructivist Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervisio and Curriculum Development.

Brown, G., & Atkins, M. (2002). Effective Teaching in Higher Education. London: Taylor and Francis e-Library.

Buckley, S. & Zamora, J. (2007). Effects of participation in a cross year peer tutoring program in clinical examination skills on volunteer tutor's skills and attitudes toward teachers and teaching. BMC Med Education. 7; 20.

Depaz, I., & Moni, R. (2012). Using peer-teaching to support co-operative learning in undergraduate pharmacology. Biosciences Education Jaournal, 11; 98-108.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengejar Konten dan Ketrampilan Berfikir. Jakarta: Indeks.

Falchikov, N. (2001). Learning Together: Peer Tutoring in Higher Education. London: Routledge Falmer.

Gunarya, A. (2011, Maret 31). Model Perilaku Belajar. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/27

Henning, J. M., Weidner, T. G., & Mellisa, M. C. (2008). Peer Assisted Learning in Clinical Education: Literatur Review. Athletic Training Education Journal, 84-90.

Heron, T., Villareal, D., & Yao, M. (2006). Peer Tutoring Systems: Application in Classroom and Specialized Enviroments. Reading & Writtings Quarterly, 27-45.

Monks, F., Knoers, A., & Haditono, S. (2012). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Cetakan 14. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mulder, H. (2006). Competency Based Trainning: What, Why & How? dalam Proceeding, Teaching Learning Procces & Assesment in Competence Based Education.

Roscoe, R., & Chi, M. (2014). Understanding tutor learning: knowledge building and knowledge telling in peer tutors explanation and questions. Review of Education Research, 77 (4); 534-574.

Ross, M., & Cummings, A. (2009). Peer Assisted Learning, A practical guide for medical teachers Edisi 3. UK: Elsevier.

Secomb, J. (2008). A systematic review of peer teaching and learning in clinical education. Journal of clinical nursing. 17, pp. 703-16.

Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing education: A Systematic Review. International Scholary Research Notice, 1-10.

Ten, C., & Durning, S. (2007). Peer teaching in Medical Education: twelve reason to move from theory to practice. Medical teacher, 591-599.

Topping, K. (1996). The Effectivenss of Peer Tutoring in Further ad Higher Education: A Typology and Review of the Literature. Higher Education, Vol. 32, o. 3, 321-345.

Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: MA: Harvard University Press.

Yu, T., Wilson, N., Singh, P., Lemanu, D., Hawken, S., & Hill, A. (2011). Medical students-as-teachers: a systematic review of peer-assisted teaching during medical school. Advance in Medical Education and Practice Vol. 2, 157-172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office : School of Nursing Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kompleks FKIK Gedung Siti Walidah F3 Lantai 4
Kampus Terpadu UMY
JL. Brawijaya/ Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Email : IJNP@umy.ac.id
Web : http://journal.umy.ac.id/index.php/ijnp

Creative Commons License
Indonesian Journal of Nursing Practice is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats