Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Klik di sini untuk mengunduh author guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
JURNAL AKUNTANSI TERAPAN INDONESIA (JATI)
 
Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia (JATI) diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara berkala sebanyak dua kali setahun yakni Maret dan Oktober. Tujuan jurnal ini adalah untuk memublikasikan hasil riset terapan bidang ilmu akuntansi yang secara spesifik menggunakan pendekatan studi kasus.
Konsisten dengan tujuannya, pembaca JATI diharapkan cukup luas dan isinya diharapkan menarik bagi para akademisi, praktisi, peneliti regulator, mahasiswa, dan pihak lain yang tertarik dengan pengembangan praktik akuntansi di Indonesia.
Fokus JATI berkaitan berbagai tema dan topik yang terkait dengan berbagai aspek dari akuntansi yang dikaji dengan pendekatan studi kasus, termasuk (namun tidak terbatas pada) topik berikut:
 
Pelaporan KeuanganAkuntansi Sektor PublikAkuntansi Manajemen dan BiayaAkuntansi dan Manajemen Keuangan Syariah (Termasuk BMT dan Koperasi Syariah)AuditingGood Corporate GovernanceManajemen KeuanganPerpajakanPerbankan (Termasuk BPR dan BPRS)Sistem Informasi AkuntansiAkuntansi UMKM, BUMDes, dsb
 
Penentuan artikel yang dimuat dalam JATI dilakukan melalui proses blind review oleh editor dan reviewer JATI dengan mempertimbangkan dua aspek utama yakni: relevansi dan kontribusi artikel terhadap pengembangan praktik akuntansi serta terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal. Editor dan reviewer memberikan masukan yang bersifat membangun dari hasil evaluasi kepada penulis artikel. 
 
Ketentuan Umum:
Artikel berupa hasil penelitian studi kasus dalam bidang akuntansi.
Artikel yang dikirim ke jurnal tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal/terbitan lain.
Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Namun demikian, JATI juga menerima artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan mengikuti pedoman penulisan di JATI.
Artikel dikirim dengan memuat nama penulis, institusi afiliasi, dan alamat surat elektronik (email). Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dengan format Microsoft Word melalui OJS pada laman: http://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index atau melalui email ke alamat: jati@umy.ac.id
Artikel ditulis dengan format, margin 3 cm untuk rata kiri, kanan, atas, dan bawah. Ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5 rata kiri-kanan.
Redaksi berhak mengedit tata bahasa dan ejaan naskah yang dimuat tanpa mengurangi atau mengubah maksud atau substansi dari isi tulisan.
 
 
KETENTUAN SISTEMATIKA PENULISAN:
 
Artikel ditulis dengan urutan sebagai berikut:
 
JUDUL
Judul artikel ditulis jelas, lugas dan tidak lebih dari 15 kata. Sebaiknya judul ditulis sederhana, menggugah rasa ingin tahu namun menggambarkan isi artikel (boleh ditulis dengan kalimat tanya).
 
ABSTRAK
Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (dua bahasa) dengan spasi tunggal (satu). Abstrak memuat uraian mengenai tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis secara ringkas, padat dan ditulis dalam satu alinea (maksimal 300 kata) yang merangkum pentingnya suatu kasus untuk diteliti, metode penelitian (misal: obyek penelitian dan teknik analisis yang digunakan), dan jawaban atas rumusan masalah atau hasil penelitian. Abstrak diberi kata kunci yang berisi ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti. Kata kunci (keywords) minimal 3 dan maksimal 6 kata.
 
PENDAHULUAN
Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, kontribusi penelitian, hasil dan implikasi penelitian. Untuk hasil dan implikasi bersifat anjuran (tidak wajib).
 
METODE PENELITIAN
Bagian ini setidaknya memuat rancangan atau desain penelitian, subjek/objek penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
 
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini memuat data karakteristik subjek/objek/responden penelitian, hasil analisis data, jawaban dari pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan interpretasi temuan-temuan.
 
SIMPULAN
Menyajikan ringkasan temuan penelitian, implikasi, keterbatasan dan saran penelitian selanjutnya secara berurutan.
 
UCAPAN TERIMA KASIH (TIDAK WAJIB)
Bagian ini hanya ditulis jika diinginkan. Memuat ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai berkontribusi signifikan dalam penyelesaian penelitian.
 
DAFTAR PUSTAKA
Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan menggunakan format APA edisi 6. Pengutipan sangat dianjurkan menggunakan software sitasi seperti: Mendeley, Endnote, dan software sitasi lainnya.
 
ATURAN-ATURAN PENULISAN LAIN
Tabel, gambar dan grafik
Judul Tabel diberi nomor dan ditulis di bagian atas tabel dengan format huruf bold dan rata tengah (center) dengan disertai sumber (jika ada).
 
Tabel 1. Deskripsi dan Kodifikasi Informan Penelitian

No.DusunPendidikanPosisiStatusKode
1.Dlingo 1SMALurah/KadesInforman UtamaLD
2.Pakis 1SMPKadusInforman PendukungPKS1
3.Pakis 2SMAKadusInforman PendukungPKS2
4.Pokoh 1DiplomaSarprasInforman UtamaSP
5.Pokoh 2SMAKadusInforman PendukungPKH2
6.Kebosungu 1SMAKadusInforman PendukungKBS1
7.Kebosungu 2SMAKadusInforman PendukungKBS2
8.Ahli
Praktisi sekaligus akademisi
S2/Master of AccountingDosen,
Anggota IAI,
Konsultan Desa,
Eks-Auditor Senior PwC
Informan UtamaAP
 
Judul Gambar diberi nomor dan ditulis di bagian bawah gambar dengan format huruf bold dan rata tengah (center) dengan disertai sumber (jika ada).
 
 
Gambar 2. Aspek Akuntansi di Desa
Sumber: Bastian (2016)
 
Judul Grafik diberi nomor dan ditulis di bagian bawah grafik format huruf bold dan rata tengah (center) dengan disertai sumber (jika ada).
 
 
Grafik 1. Penduduk Sumatera Barat Menurut Kabupaten Tahun 2007
Sumber: www.bps.go.id
 
Pengutipan
Pengutipan di JATI hanya diperkenankan dari empat sumber, yakni Jurnal, Buku, Proceedings, Praturan (PSAK, Undang-Undang, Fatwa MUI, dsb), media masa, Ayat dan Hadits. Sumber dari skripsi, tesis, disertasi, working paper, dan jenis tulisan yang tidak dipublikasikan lainnya tidak diperbolehkan untuk dimasukkan sebagai kutipan. Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun dengan koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.
1)      Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin, 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono, 2000); lebih dari dua penulis: (Budiono, Baridwan & Hartono, 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah, 2001; Kusumawati, 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman, 1998; 2000).
2)      Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell, 1981: 845).
3)     Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan digunakan huruf a, b, .. setelah tahun. Contoh: (Joni, 2014a; 2014b).
4)     Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan di dalam kurung. Contoh yang benar: "Alamsyah (1998) menyatakan ....". Contoh yang keliru: "Alamsyah (Alamsyah, 1998) menyatakan ...." atau “Menurut Alamsyah (2018) menyatakan…..”
5)     Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya (IAI, 2008).
 
Kutipan secara langsung dan persis dari referensi yang diacu (tidak menggunakan parafrase) dengan jumlah baris sama dengan lebih dari empat baris ditulis agak menjorok kekanan dengan spasi tunggal (satu). Contoh:
 
Mulyadi (2011) mengemukakan:
 
“Materialitas adalah besarnya nilai yang dihilangkan atau salah saji informasi akuntansi, yang dilihat dari keadaan yang melingkupinya, dapat mengakibatkan perubahan atas atau pengaruh terhadap pertimbangan orang yang meletakkan kepercayaan terhadap informasi tersebut, karena adanya penghilangan atau salah saji itu.”
 
Gaya Penulisan Daftar Pustaka
Gaya daftar pustaka di JATI mengacu pada APA edisi 6. Sangat dianjurkan penulisan daftar pustaka menggunakan softwere sitasi seperti Endnote atau Mendeley. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:
 
Buku
Nordiawan, D., & Hertianti, A. (2006). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
 
Artikel Jurnal
Sofyani, H., & Akbar, R. (2016). Hubungan karakteristik pegawai pemerintah daerah dan implementasi sistem pengukuran kinerja: Perspektif ismorfisma institusional. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 19(2), 153-173.
 
Paper yang diterbitkan di dalam proceeding
Abdullah, S., & Halim, A. (2003). Pengaruh dana alokasi umum (DAU) dan pendapatan asli daerah (PAD) terhadap belanja pemerintah daerah: Studi kasus kabupaten/kota di Jawa dan Bali. Proceeding Simposium Nasional Akuntansi VI, 16-17.
 
Peraturan
Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010. Tentang Standar AKuntansi Pemerintahan.
 
Media Masa
http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/17/11/29/p05ukg335-baznas-potensi-zakat-di-indonesia-sangat-besar, diakses 2 Februari 2018.
 
Ayat dan Hadits
Tidak perlu dimasukkan di daftar pustaka
 
Aturan Penulisan Judul dan Sub Judul
 
JUDUL UTAMA
Judul Bagian
KEBIJAKAN REPRODUKSI
Artikel yang telah dipublikasi di JATI menjadi hak cipta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Untuk tujuan edukatif, isi dari JATI dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari JATI untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif. Isi tulisan Artikel tidak menjadi tanggungjawab JATI karena JATI hanya berlaku sebagai penerbit saja.
 
KEBIJAKAN ATAS KETERSEDIAAN DATA
Konsisten dengan tujuan dari JATI, penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut.
 
 
Editor in Chief
Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia
 
 
Barbara Gunawan

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.