Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Dalam Peningkatan Pendapatan Mustahik Melalui Program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi (BUMI)

Nazia Nadia Muzdalifah, Sulaeman Sulaeman, Tina Kartini

Abstract


Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Peningkatan Pendapatan Mustahik Melalui Program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi (BUMI) di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendayagunaan zakat produktif melalui program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi dalam peningkatan pendapatan mustahik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pengolahan data dengan cara deskriptif analisis yaitu suatu teknis penulisan dengan memaparkan semua data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan bahan pustaka dan menganalisisnya dengan berpedoman sumber tertulis. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi melakukan penyaluran dan pendayagunaan dana ZIS dengan membuat program-program pemberdayaan masyarakat. Program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi sudah berjalan efektif, terbukti dengan tercapainya tujuan dari program tersebut yaitu untuk kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan mustahik, dan peningkatan dari segi sosial dan keagamaan.

 


Keywords


Zakat Produktif; Pendapatan; Pendayagunaan Zakat.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2014. Ensiklopedia Rukun Islam Zakat. Surakarta: Borobudur Inspira Nusantara.

Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari https://sukabumikab.bps.go.id/, diakses pada tanggal 6 Mei 2019

Chasanah, Chafidhotul. 2015. “Pendayagunaan Zakat Produktif Melalui Program Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat (MISYKAT)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Fadly, Isbir. 2012. Buku Panduan Zakat. [Online] Tersedia: http://jatim.kemenag.go.id/file/file/pdf/urev1425010734.pdf

Hasan, Muhammad. 2011. Manajemen Zakat Model Pengelolaan yang Efektif. Yogyakarta. Idea Press Yogyakarta.

Ibrahim. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Isni, Nur. 2016. “Pengaruh Modal, Lokasi, dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Karimah, Asma. 2017. “Efektivitas Pendayagunaan Zakat Produktif pada Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Lestari, Siti. 2015. “Analisis Pengelolaan Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2015. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Pertiwi, Pitma. 2015. “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Saputri, Wardanti. 2018. “Analisis Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Melalui Zakat Produktif” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoriquddin, Moh. 2015. Pengelolaan Zakat Produktif Perspektif Maqasid Al-Syari’ah Ibnu ‘Asyur. Malang: UIN-Maliki Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.020216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia



Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.