KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DAN “PARAJI” SEBAGAI KADER DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL

Ditha Prasanti

Abstract


Komunikasi yang baik tentu sangat diperlukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun halnya dalam konteks komunikasi terapeutik oleh tenaga medis. Salah satunya adalah bidan yang membantu proses persalinan secara medis. Di kalangan masyarakat daerah sunda pun, sudah dikenal sejak dulu ada yang disebut “paraji”. Meskipun sudah memasuki era modern, “paraji” masih tetap dikenal di kalangan masyarakat sunda. Namun, menariknya, saat ini bidan dan paraji pun menjadi mitra sebagai kader. Oleh karena itu, komunikasi yang baik sangatlah diperlukan bagi kedua kader tersebut, yaitu proses komunikasi terapeutik dan hubungan yang harmonis kepada pasiennya dalam hal optimalisasi pelayanan kesehatan ibu hamil.

 

Proses komunikasi terapeutik antara bidan desa dan paraji sebagai kader pelayan kesehatan bagi ibu hamil ini terjadi pula di kab.Bandung. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengangkat penelitian ini, untuk mengetahui proses komunikasi terapeutik, baik verbal maupun non verbal,  Bidan dan Paraji sebagai kader dalam optimalisasi pelayanan kesehatan ibu hamil.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik sampling purposive dalam pemilihan informan sebanyak 5 orang.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi  terapeutik bidan dan paraji sebagai kader dalam optimalisasi pelayanan kesehatan ibu hamil meliputi: (1) Proses komunikasi terapeutik secara verbal yang terjalin antara bidan dan paraji sebagai kader, berlangsung dengan informatif dan persuasif; (2) Proses komunikasi terapeutik secara non verbal antara bidan dan paraji terjalin dengan menggunakan gesture, proksemik, ekspresi wajah yang mendukung optimalisasi pelayanan kesehatan yang baik kepada ibu hamil sebagai pasien.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikator disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.