OPTIMALISASI PARAMETER PROSES INJEKSI PADA HDPE RECYCLE MATERIAL UNTUK MEMPEROLEH MINIMUM SINK MARKS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE TAGUCHI

wiwin Irmawan, Cahyo Budiyantoro, Harini Sosiati

Abstract


Hasil produk plastik yang diperoleh dari bahan baku HDPE daur ulang banyak menghasilkan cacat produk dibandingkan produk plastik yang menggunakan HDPE baru.Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan kondisi yang optimal pada proses injection molding berupa parameter proses untuk memperoleh minimum sink marks dengan pedekatan DOE (Design of experiment) Taguchi dan mengetahui parameter yang sesuai untuk meminimalkan cacat sink marks di HDPE daur ulang dengan menggunakan parameter proses holding time, holding pressure, back pressure, dan injection pressur. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dari percobaan ke 9 berdasarkan desain faktorial yaitu dengan variasi holding time level 3, holding pressure level 3, Back pressure level 2, dan Injection pressure level 1 diperoleh nilai sink marks minimum sebesar 0,2 mm dari 9 percobaan yang dilakukan.


Keywords


HDPE, DOE, Injection molding, dan Parameter proses

Full Text:

PDF

References


Ahmed Mohamed,Omar. dkk. 2016. ”Investigation On Warpage And Sink

Mark For Injection Moulded Parts Using Taguchi Method”. University of technology, melbourne, Australia.

Kamaruddin, dkk. 2011. ”Experimental Investigation On Th Recycled HDPE And Optimization Of Injection Moulding Process Parameters Via Taguchi Method”. International Journal of mechanical and materials engineering (IJMME), Vol. 6 (2011), No. 1, 81-91.

Malloy, Robert A. 1994. Plastic Part Design For Injection Moulding. New York : Hanser Publisher, Munich Vienna New York.

Mathivanan.D. dkk. 2010.”Minimization of sink mark defects in injection molding proses Taguchi approach”. International Journal Of Engineering, Science And Technology, Vol. 2, No. 2, 2010, Pp 13-22.

Rahman Hakim, Arif. 2016.” Pengaruh Suhu, Tekanan, Dan Waktu Pendinginan Terhadap Cacat Warpage Produk Berbahan Plastik” Kepulauan Batam Jurusan Teknik Mesin Universitas Riau Kepulauan Batam.

Sugondo, Amelia.2008. “Kajian Pengaruh Ketebalan Pada kualitas dan Mampu Bentuk Dengan Menggunakan Simulasi Pada proses Injection Molding”. Seminar Nasional Teknik Mesin, Surabaya.

Soejanto, Irwan. 2009. Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.18196/jmpm.v1i2.2837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Editorial Office :

JMPM (Jurnal Material dan Proses Manufaktur)

Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jl. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Email: jmpm@umy.ac.id

 (62)274-387656     (62)274-387656    0895358065162