PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PELIPAT BAJU DENGAN PENGONTROL SISTEM ELEKTRO PNEUMATIK DAN PLC UNTUK INDUSTRI KONVEKSI

M. Iqbal Nur Fahmi, Wahyudi Wahyudi, Bambang Riyanta

Abstract


Dunia industri konveksi tidak terlepas dari berkembangnya mesin-mesin produksi, mulai dari bahan baku, pembuatan sampai dengan pengemasan barang yang sudah jadi. Penggunaan sistem otomasi dalam dunia industri konveksi dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efisien, menghemat biaya produksi, mutu pada produk dan konsisten. Salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah alat pelipat baju. Hal yang mendasari dalam perancangan adalah cara  melipatcara melipat baju secara manual. Setelah mendapatkan skema melipat baju maka selanjutnya dapat membuat sistem yang akan digunakan, desain alat, simulasi, pemilihan komponen dan bahan yang akan digunakan. Software yang digunakan untuk perancangan yaitu Autodesk Inventor Professional 2013, CX-Programmer dan FluidSIM Pneumatic. Tahap selanjutnya yaitu proses pembuatan prototype. Bahan yang digunakan untuk pembuatan yaitu besi hollow, Aluminium Composite Panel (ACP), Akrilik dan plat besi. Sedangkan komponen utama yang digunakan untuk sistem PLC adalah PLC type CP1E, Power Supply. Sedangkan untuk sistem elektro pneumatik meliputi solenoid valve, air service, control flow dan clynder pneumatic. Alat pelipat baju berdimensi panjang 1100 mm lebar 945 mm dan tinggi  895tinggi   mm895 mm.  Uji  cobaUji coba prototype pelipat baju memperoleh waktu 25 (Detik) untuk setiap satu baju. Dengan kecepatan yang didapatkan tersebut dan dioperasikan 8 jam kerja setiap harinya sehingga prototype ini mampu menyelesaikan lipatan baju kurang lebih sebanyak 1152. Untuk biaya pemakaian alat yang harus dikerluarkan untuk melipatan setiap baju sebesar Rp 9.7. Alat ini dapat membantu industri konveksi khususnya Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk memperpendek siklus proses produksinya


Keywords


Pelipat Baju, Programmable Logic Controller (PLC), Elektro Pneumatik

Full Text:

PDF

References


Anugrah, F., Adi, H., Wahyudi, & Sunardi. 2015. MODUL PRAKTIKUM CADINVENTOR.http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/135/MODUL%20PRAKTIKUM%20CADINVENTOR.pdf?sequence &isAlwy. Diakses Pada Tanggal 26 September 2016 pukul 12.10 WIB.

Anonim. 2016. Definisi Industri. http://aresearch.upi.edu/operator/upload/s_pem_0606998_chapt er1.pdf. Diakses Pada Tanggal 6 Januari 2016 pukul 15.00 WIB.

Fatati, Athfiyatul. 2013. Korelasi antara Tinggi Badan dan Panjang Jari Tangan. Universitas AirLangga. Surabaya.

Inteeshirt. 2016. Konveksi Kaos Jogja. http://www. Inteeshirt.com Diakses pada tanggal 10 Januari 2016 pukul 16.36 WIB

Martin, George H. 1984. Kinematika Dan Dinamika Teknik Edisi kedua. Jakarta. Penerbit Erlangga

Prasetyaningrum, Ira. 2016 Trigonometri. http://ira.lecturer.pens.ac.id/matematika%201/trigonometri-1.pdf Diakses Pada Tanggal 5 September 2016 Pukul11.30 WIB.

Said, Hanif. 2012. Aplikasi Programmable Logic Controller (PLC) dan Sistem Pneumatik pada Manufaktur Industri. Yogyakarta. Penerbit Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.