تحليل الأخطاء النحوية اللغوية في الخطابة المنبرية (دراسة حالية)

Roojil Fadillah

Abstract


Penelitian ini adalah lanjutan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, hanya saja tema yang diusung dalam penelitian ini berbeda. Tujuannya adalah semakin banyak referensi penelitian dalam tema ini maka semakin rendah tingkat kesukaran penutur Non-Arab dalam berbicara bahasa Arab, terutama kesalahan Nahwu (Syntacs). Penentuan tempat menjadi penting dalam penelitian ini, peneliti mengambil latar pondok pesantren di Jawa Tengah yang unggul dalam hal bahasa Arab, yaitu Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad terletak di Kabupaten Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan data-data berupa angka sebagai penguat terhadap kesimpulan. Metodenya deskriptif analisis, dengan menjabarkan seluruh data dengan penjelasan berupa kata-kata. Metode pengumpulan data ialah dengan wawancara, dialog tidak terstruktur, dan rekaman menggunakan media audio. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat 56 kesalahan percakapan dalam kegiatan Khutbah Ilmiah, terdapat 38 kesalahan Sintaksis, artinya sekitar 68% kesalahan berbahasa khusus terjadi pada sintaksis, adapun sebab terjadinya kesalahan terfokus pada 3 poin besar, yaitu pertama: Penutur menyepelekan kaidah, tingkat terjadinya kesalahan adalah 18%, kedua: Penutur tidak mengetahui kaidah, tingkat terjadinya kesalahan adalah 34%, ketiga: Interverensi tingkat terjadinya kesalahannya adalah 18%.

 

 


Keywords


Analisis Kesalahan; Sebab Kesalahan; dan Sintaksis

Full Text:

PDF

References


Ed. Kenneth Croft. 1980. Contrastive Analysis, Error Analysis and Interlanguage : Three Phases of One Goal, (No Place Publication. Jurnal Reading on English as a Second Language for Teacher and Teacher Trainers, edisi 2.

Indihati, Dian. 30 Oktober 2014. Pukul, 15.09 WIB. Analisis Kesalahan Berbahasa. PDF.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 1991. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suharsimi. 1984. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mahārāat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.