Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015)

Alien Akmalia, Kevin Dio, Nurul Hesty

Abstract


Penelitian ini menggunakan satu variable independen (kinerja keuangan), satu variabel dependen (Nilai Perusahaan) dan dua variabel moderasi (Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, menguji pengaruh Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dan menguji pengaruh Good Corporate Governance dalam memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 – 2015 dengan jumlah data 91. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Dimana ada beberapa kriteria yang akan digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Kriteria tersebut antara lain: 1) Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2010 – 2015; 2) Perusahaan yang diteliti memiliki laba yang positif selama periode penelitian; 3) Perusahaan yang diteliti telah dan melaporkan pengungkapan tanggung jawab sosial selama periode penelitian. 4) Perusahaan yang diteliti memiliki kepemilikan manajerial.Sebelum dilakukan pengujian hipotesis akan dilakukan pengujian asumsi klasik terlebih dahulu. Uji Asumsi Klasik yang di lakukan terdiri dari: uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas.Pengujian hipotesis dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa analisis. Pertama, analisis regresi linier sederhana: digunakan untuk menguji apakah variabel independen mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen. Kedua, Uji Interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) tidak mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


ROA, Tobin’s Q, Corporate Social Responsibility (CSR) , Good Corporate Governance (GCG)

Full Text:

PDF

References


Bathala C. T., K. P. Mn dan R. P. Ra., 1994, “Managerial Ownership, Debt Policy and The Impact of Institutinal Hlding: An Agency Perspective”, Financial Management, 23, pp. 38-50.

Dewi, Rosiyana, R dan Tia T. 2011. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal. Jakarta: Universitas Trisati.

Fachrurrozie, GPD. dan Nunik SU, 2014, “Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Luas pengungkapan CSR sebagai variabel Pemoderasi”, Accounting Analysis Journal. Universitas Negeri semarang, Semarang.

Ghozali,I. 2011.”Aplikasi Analisis Multivariate Dengan ProgramIBM SPSS 19 (edisi kelima)”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hindasah, L. 2005, “Kinerja Perusahaan dan Mekanisme untuk Mengntrl Masalah Keagenan antara Manajer dan Shareholder”, Utilitas.

Muliani, Y dan Sinawarti. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurlela, R,dan Islahudin. 2008. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilkan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi”. Simposium Nasional Akuntansi. Pontianak.

Purwaningsih, Kadek Irma dan I Gde Ary Wijaya. 2014. “Pengaruh Kinerja Keuangan Pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal. Bali: Universitas Udayana.

Pertiwi, T, dan Ferry Madi Ika Pratama. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages”. Jurnal. Surabaya: UPN Veteran Jawa Timur.

Rahayu, S, 2010, “ Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap nilai Perusahaan dengan Ppengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Rahmawati, A., Fajarwati dan Fauziah.2014. Statistika, Teori dan Praktek. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Edisi 2.Yogyakarta.

Tjahjono, H.K. 2015. Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY.

Susianti, M. Ni Luh dan Gerianta W.Y., 2013, “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pemoderasi Good Corporate Governance dan Corporate Social Resposibility”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 3.1, Universitas Udayana, Denpasar.

Utami, Anindyati Sarwindah. 2011. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi”. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Wahidahwati, 2002, “Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Kebijakan Hutang Perusahaan: Sebuah Perspektif Theory Agency”, Jurnal Riset akuntansi Indonesia, Vol. 5., No. 1., Yogyakarta: Ikatan Akuntan Indonesia

Yuniasih, Ni Wayan, dan Made Gede Kusuma. 2009. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal Akuntansi. Bali: Universitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.