Analisis Budaya Organisasi, Motivasi Dan Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Gunungkidul)

Tri Maryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya organisasi yang diterapkan di Kantor Sekeretariat DPRD Kabupaten Gunungkidul, menganalisis faktor motivasi apa yang mendorong karyawan untuk bekerja, menganalisis uji beda kinerja karyawan dan motivasi kerja karyawan di kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Gunungkidul ditinjau dari gender.

Obyek penelitian adalah Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Gunungkidul dan subyeknya adalah karyawan di Sekeretariat DPRD Kabupaten Gunungkidul berjumlah 60 orangdan jenis datanya adalah data primer. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda (t-test).

Hasil analisis deskriptif bahwa budaya organisasi di Kantor Sekretariat DPRD Gunung Kidul sudah inovatif, karyawan cukup berani mengambil risiko, perhatian pada hal-hal yang detail, berfokus pada tim, mendorong pegawai untuk tidak malas-malasan dan tidak mempertahankan status quo. Faktor yang mendorong karyawan untuk bekerja di Sekretariat DPRD Gunung Kidul adalah kebutuhan untuk berkuasa, kebutuhan berafilasi dan kebutuhan untuk berprestasi tinggi, dengan faktor yang paling dominan adalah kebutuhan untuk berafiliasi, diikuti kebutuhan kebutuhan berprestasi dan kebutuhan berkuasa. Sedangkan hasil analisis uji beda, tidak terdapat perbedaan kinerja, terdapat perbedaan kebutuhan kekuasaan, tidak terdapat perbedaan kebutuhan berprestasi dan tidak terdapat perbedaan kebutuhan berafiliasi ditinjau dari gender.


Keywords


budaya organisasi, kebutuhan berkuasa, kebutuhan berafiliasi, kebutuhan berprestasi

Full Text:

PDF

References


Bass, B.M & Avolio, 1993, Transformational Leadership and Organizational Culture, Public Administrasion Quarterly

-------------------------, 1996, Does The Transactional-Transformational Leadership Paradigm Transcend Organizational and National Boundaries, Journal American Psychologist, 52: 130-139.

Bass, B.M. & Seltzer, J. 1990. Transformational Leadership : Beyond Initiation and Consideration. Journal of Management. December, 693-703.

Caroline Pudjowibowo, Perbedaan Motivasi, Kepuasan Kerja, Keinginan berpindah kerja, dan Persepsi deskriminasi antara auditor pria dan wanita pada KAP di kota Semarang. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.12 No.24 tahun 2014.

Djamaludin Ancok, 2012, Psikologi Kepemimpinan Inovasi, Erlangga, Jakarta

Gomez, L.E, 2010, Organizational Effectiveness, McGraw-Hill, New York

Imam, Ghozali, 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kreitner, Robert dan Angelo Kinichi. 2000. Organizational Behavior. Edisi ketiga USA D Irwin Inc.

Luthans, F, 2006, Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia,Edisi Sepuluh, Penerbit Andi.

Muslimin (2006),Perbedaan Gaya Kepemipinan dan Kinerja antara auditor pria dan wanita pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Surabaya Timur. Jurnal Ilmu-ilmu Ekonomi Vol 6 No.2 September 2006 : 86-93

Palipu,M & Tjahjono,H.K. 2016. A Model of religiosity and organizational justice : the impact on Commitmen and dysfunctionalbehavior. Proceedings of the 27th IBIMA Conference.

Robbins, S.P.and Judge.T.A.2015. Perilaku Organisasi. Terjemahan Ratna Saraswati dan Febriella S. Jakarta Salemba Empat.

Sekaran,U, 2013, Research Methods for Buiseness: a Skill-Building Approach,6rd edition, John Willey and Sons, Inc.

Satrio Makarawung, Analisis perbedaan Kinerja Karyawan berdasarkan Gaya kepemimpinan dan Budaya Organisasi pada PT Bank Sulut Cabang Kemungkinan dan PT Bank Sulut Capenrataka, Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013. Hal 326-333.

Tjahjono, H.K.2004. Budaya Organisasional dan Balanced Scoredard. UPFE UMY.

_____________2015. Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY

Tukijan dan Hasrnoto, Analisis perbedaan kecerdasan emosional, motivasi kerja dan kinerja ditinjau dari gender dan tingkat pendidikan (Studi Faskel Ekonomi PNPM mandiri Perkotaan Jawa Tengah), e-jurnal stieharmaputra.smg.ac.id/index-php/JEMA/acticel/140/118




DOI: https://doi.org/10.18196/mb.9155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Bisnis





Office: 

Ruang Jurnal Manajemen Bisnis
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/mb - E-mail: mabis@umy.ac.id
Phone: +62 274 387 656 (ext: 118)

Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)