PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BEDUKMUTU DI UMY

Jumarodin Jumarodin

Abstract


Variasi produk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi produk terhadap loyalitas konsumen Bedukmutu. Bedukmutu adalah singkatan dari bela-beli produk Muhammadiyah bermutu. Bedukmutu merupakan alat atau sistem jual beli online yang dikembangkan di UMY untuk jual-beli produk warga UMY. Tujuan utama Bedukmutu adalah untuk mengelola potensi ekonomi warga Muhammadiyah. Pada penelitian ini, dari lima variabel yang diteliti, yaitu: sistem daring, layanan admin, kualitas produk, variasi produk, dan harga produk, akan dilihat manakah yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sampel diambil dengan menggunakan metode cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diambil dari 757 dosen dan karyawan tetap di semua fakultas dan biro di UMY. Analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini, diantara lima variabel tersebut, yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen adalah variasi produk, dan diperoleh persamaan garis regresi Y = 0.936 + 0.347 X4.


Keywords


Bedukmutu, UMY, variasi produk, loyalitas konsumen.

Full Text:

PDF

References


Cravens, D. W, (1996), Pemasaran Strategis, edisi 4, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Dick, A. S. and K. Basu (1994), “Customer Loyalty: Toward an Integrated Conceptual Framework,” Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 22, No. 2 (Spring), pp. 99-113.

Faradisa,I. Hasiholan,L.B & Minarsih,M.M,( 2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Café). Jurnal Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. Vol 2. No 2.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Jahng, J.H, Jain., Ramamurthy. (2001). The Impact of Electronic Commerce Environment on Use Behavior The Case of a Complex Product. E-Service Journal . Vol.1 No. 1, Fall 2001 pp.41-53

Jiang, P., & Rosenbloom, B. (2005). Customer intention to return online: price perception, attribute-level performance, and satisfaction unfolding over time. European Journal of Marketing, 39(1/2), 150-174.

Konsumen Terhadap Online Shopping, Universitas Telkom, Bandung, Jabar

Kotler, A. , (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Index.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (1998), SERVQUAL: a multiple item scale for Measuring consumer perceptions of service quality, Journal of Retaling, vol. 64 No, 1, pp. 12-40.

Peter, J. P. dan Olson,J.C., (2000), Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Edisi 4. Jilid 2. Alih Bahasa: Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pratolo, S., (2016), Makalah Diskusi Panel Sistem Bedukmutu, Makalah, Yogyakarta: Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Pratolo, S., (2018). Makalah Diskusi Panel Monev Bela Beli Produk Muhammadiyah Bermutu (Bedukmutu), Makalah, Yogyakarta: Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Putri,A.N., (2014), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadaponline Shopping Universitas Telkom Bandung, Jabar

Rahmiati, M., (2012), Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Honda Vario), Skripsi Fisip UI.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tjahjono, H.K. (2015). Metode Penelitian Bisnis. VSM MM UMY.

Tjiptono, Fandy. 2000. Prinsip & Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. J & J Learning. Yogyakarta

Wang, Y. S., & Liao, Y. W. (2008). Assessing eGovernment systems success: A validation of the DeLone and McLean model of information systems success. Government Information Quarterly, 25, 717–733.

doi:10.1016/j.giq.2007.06.002

Wilujeng,S. dan M. Fakhrudin. (2015). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Modern Indomaret Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal. Malang: Prodi Manajemen FEB Universitas Kanjuruhan Malang.

Zhu, Feng, and Michael Zhang. Impact of Online Consumer Reviews on Sales: The Moderating Role of Product and Consumer Characteristics. Journal of Marketing 74, no. 2 (March 2010): 133–148.




DOI: https://doi.org/10.18196/mb.10171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Bisnis





Office: 

Ruang Jurnal Manajemen Bisnis
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/mb - E-mail: mabis@umy.ac.id
Phone: +62 274 387 656 (ext: 118)

Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)