Problem Based Learning: Alternatif Metode Pembelajaran Inovatif Pendidikan Dokter

Wiwik Kusumawati

Abstract


Problem Based Learning atau PBL merupakan metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum pendidikan dokter yang dinilai sesuai dengan tuntunan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang kedokteran. Berbeda dengan metode pembelajaran konvensional yang teacher centered dan menempatkan mahasiswa pada posisi pasif, maka metode PBL ini dengan strategi pendekatan SPICES (student centered, problem based, integrated teaching, community ori­ented, early clinical exposures dan self directed learning) menuntut keaktifan dari mahasiswa untuk belajar mandiri berdasarkan masalah secara terintegrasi dan berorientasi pada kebutuhan komunitas, serta sedini mungkin terpapar dengan kasus- kasus klinis. PBL dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok atau small group discussion sekitar 10 mahasiswa tiap kelompok yang akan dibimbing oleh satu orang tutor. Dosen atau tutor dalam sistem PBL ini akan berfungsi sebagai fasilitator. Untuk membantu memecahkan massalah dalam diskusi kelompok dikenal istilah seven jump atau 7 langkah yang harus ditempuh meliputi: clarify term and con­cept, define the problem, analyze the problem, makae a systematic inventory, formula learning objectives, collect additional information, synthesize and check.


Full Text:

PDF

References


Harsono 2001.Pengalaman Inovasi Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Pertemuan Nasional Problem Based Learning. Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta.

Schimidt, HG. And Bouhuijs, PAJ. 1980. Task-Oriented Small Group Work In Higher Education.

Soebono H.2001. Inovasi Dalam Pendidikan Kedokteran. Pertemuan Nasional Problem Based Learning. Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.18196/mmjkk.v2i1.1503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


      

Editorial Office:
Journal Room, G1 (Biomedic) Building, Ground Floor, Faculty of Medicine and Health Science Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 
Jalan Lingkar Selatan (Brawijaya), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387 656 (ext: 231)
WA : +62 811-2650-303
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mm 
E-mail: mmjkk@umy.university

Creative Commons License
Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats