Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja

Mahendro Prasetyo Kusumo

Abstract


The Objective of this study is to know influence of nurse therapeutic communication to satisfaction of patients satisfaction in RSUD Yogyakarta. The study was a quantitative research methods such as surveys of descriptive inferential research with cross sectional approach. Number of samples in this research is 285 sample in inpatient and 140 in emergency room. The instrument used  a questionnaire. Analysis of data using multiple linear regression. This study show that there is the influence of therapeutic communication nurse to satisfaction of outpatients and Emergency room in RSUD  Yogyakarta, and orientation phase is a phase that most influence on patient satisfaction. The most influential to therapeutic communication is termination stage.


Keywords


Therapeutic Communication; Nursing; Patients Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Mukhripah, 2008. Komunikasi teraupetik dalam praktik keperawatan. PT Refika Aditama, Bandung.

Priyanto A, 2009, Komunikasi dan konseling. Salemba Medika, Jakarta.

Priyoto, 2015,Komunikasi & Sikap Empati dalam Keperawatan. Cetakan Pertama, Graha Ilmu: Yogyakarta

Afnuhazi,Ridhyalla 2014. Komunikasi terapeutik dalam keperawatan jiwa. Gosyen Publishing, Jakarta.

Nasir A,Abdul M, Sajidin, Wahit Iqbal, 2009, Komunikasi dalam Keperawatan Teori dan Aplikasi. Salemba Medika, Jakarta.

Nasir, M, 2013, Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien dan Keluarga Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Journal Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Khotimah Marsito & Iswati N, 2012,‘Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pelayanan keperawatan diruang Inayah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong’,Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Vol 8, no 2, juni, 2012

Fanada M, 2012. Pelaksanaan perawat dalam melakukan komunikasi terapeutik pada pasien waham di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang 2012.Jurnal keperawatan.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1239/MenKes/SK/XI/2001 Tentang Registrasi dan Praktek Perawat, Jakarta

Departemen Kesehatan, 2010. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2010, Jakarta : Dirjen Yanmed.

Fandy Tjiptono,2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi

Potter and Perry, 2006, Buku ajar fundamental keperawatan konsep, proses dan praktek, vol 1,edk 4. EGC, Jakarta.

Hanafi I & Richard S.D, 2012,‘Keterampilan komunikasi interpersonal perawat berpengaruh peningkatan kepuasan pasien, Journal Keperawatan Vol 5, no 2.http://www.download.portalgaruda.org/article.php?articleDiakses 29 januari 2016

Liang & Tang, 2013, ‘The chinese community patient’s life statisfication, assesment of community medical service and trust in Community health delivery system health and quality of life outcomes.Health Journal.nih.gov.China

Wijono D, 2008, Manajemen mutu rumah sakit dan kepuasan pasien. Duta Prima Airlangga, Surabaya.

Sugiyono, 2015, Metode penelitian manajemen.Alfabeta, Bandung.

Arikunto S, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Rineka Cipta, Jakarta.

Martono, Nanang, 2011. Metode Kuantitatif. Edisi revisi.Jakarta : Rajagrafindo.

Nurhasanah, nunung, 2011, Ilmu Komunikasi Dalam Kontes Keperawatan Untuk Mahasiswa Keperawatan. CV.Trans Info Media, Jakarta.

PUSBANKES 118, 2012. Komunikasi di Ruang Instalasi Gawat Darurat. Jakarta : EGC.

Suryani. 2015. Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik, Ed 2, ECG, Jakarta

Mundakir, 2006, Komunikasi keperawatan aplikasi dalam pelayanan. Edisi pertama, EGC, Jakarta

Yulita, Ari, 2015, Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap dibangsal Kelas III RSUD Wates Kulon Progo, Journal Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pohan, I.S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.

Lalongkoe, R. 2013. Komunikasi keperawatan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wahyudin, Uud. (2009). Membangun Komunikasi Terapeutik. (Internet). 29 Januari 2009 Available from: (www.m.kompas.com) (Accessed 18 Oktober 2010)

Meyana, Fakhirah. 2009. Hubungan Sikap Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di PKU Muhammadiya Yogyakarta. Journal Ilmiah. Stikes Aisyah.Yogyakarta

Suryani. 2015. Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik, Ed 2, ECG, Jakarta.

Aswad, S., Mulyadi., Lolong, J. 2015. Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat RSUD DR.H Chasan Boesoirie Ternate, Vol 3, no 2.Di akses 14 Agustus 2016.




DOI: https://doi.org/10.18196/jmmr.6130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit

JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit) are indexed by:

                      

Office:
Ruang Jurnal JMMR, Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Brawijaya Street, Tamantirto, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta, Indonesia
email: jmmr@umy.ac.id

Chat me!

Creative Commons License
JMMR is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Journal of JMMR