Analisis Perolehan Suara Pasangan Jokowi-Jk Pilpres 2014 Di Kota Probolinggo

Authors

  • Andhi Nur Rahmadi MIP UMY
  • Zuli Qodir

DOI:

https://doi.org/10.18196/jgpp.v4i2.2990

Keywords:

Perolehan suara, Marketing Politik, Patron Client, Rasional Choice

Abstract

Paper ini membahas mengenai perolehan suara yang didapatkan oleh pasangan Jokowi-JK di kota Probolinggo Jawa Timur tahun 2014, terdapat beberapa pendekatan yang dilakukan oleh tim suskses dalam menjaring suara, diantaranya melalui pendekatan marketing politik push, pass dan pull marketing. Selain itu juga menggunakan pendekatan patron-klient dan rasional choice.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.Marketing politik yang dijalankan semasa kampanye dirasa masih kurang berhasil messkipun jokowi hadir di Kota Probolinggo. Meskipun peran para ptron bekerja selama maksimal tapi tidak membantu banyak dalam perolehan suara karena rasionalitas para pemilih di kota Probolinggo sudah cukup berkembang dan kritis

Downloads

Published

2017-07-28

How to Cite

Rahmadi, A. N., & Qodir, Z. (2017). Analisis Perolehan Suara Pasangan Jokowi-Jk Pilpres 2014 Di Kota Probolinggo. Journal of Governance and Public Policy, 4(2), 238–252. https://doi.org/10.18196/jgpp.v4i2.2990

Issue

Section

Articles