Pengaruh Implementasi Syariah Governance Terhadap Loyalitas Nasabah
Main Article Content
Abstract
The research aims to examine and obtain empirical study on the effect of syariah governance implementation on customer loyalty. The object of this research is islamic banking in Yogzyakarta. Collecting data used purposive sampling method on islamic banking customers in Yogyakarta. A total of 102 respondents used as samples in this study. The analysis tool used is multiple regression with SPSS 15.0. Testing the quality of the data used in this research is a classic assumption test, while the hypothesis testing used the t test analysis method. The results of the research showed that fairness and syariah compliance has a positive significant effect on customer loyalty, while transparency, accountability, responsibility, and indepen-dency doesn't have positive significant effect on customer loyalty.
Article Details
License
Journal of Accounting and Investment is licensed under Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Arbaina, E. S. 2012. Penerapan Good Corporate Governance pada Perbankan di Indonesia. Jurnal Akuntansi UNESA, 1 (1), 15-30.
Asrori. 2011. Pengungkapan Syariah Compliance Dan Kepatuhan Bank Syariah Terhadap Prinsip Syariah. Jurnal Dinamika Akuntansi, 3 (1), 45-61.
Chamal Imron, A. 2008. Kinerja Citra, Sikap Merek, Ekuitas Merek, Kepuasan, dan Loyalitas Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Cik Ditiro Yogyakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Darmawati, D. dan Khomsiyah. 2005. Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan. Skripsi Universitas Trisakti.
Ghozali, Imam 2011, Aplikasi Analisis Multivariante dengan program SPSS, Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Idat, D. G. . 2002. Trend Bank Syariah: Penurunan Terhadap Kepatuhan Prinsip Syariah. Media Akuntansi, 33, 30-31
Junusi, R. 2012. Implementasi Syariah Governance Serta Implikasinya Terhadap Reputasi Dan Kepercayaan Bank Syariah. Paper di presentasikan di AICIS Surabaya.
Juliansyah. 2014. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Sektor Perbankan (Studi Pada Perusahaan Sektor Perbankkan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2007-2011). Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Jumaizi. 2011. Good Governance Badan Amil Zakat, Infak , dan Sedekah Dan Dampaknya Terhadap Keputusan dan Loyalitas Muzaki. Makalah Ilmiah Informatika, 2 (3), 38-49.
Junaedi, A. T. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan, dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Provinsi Riau). Jurnal Aplikasi Manejemen, 10 (1), 22-35.
KNKCG, Pedoman Good Corporate Governance Perbankan Indonesia. Jakarta: Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance.
Kurniati, Y. 2008. Analisis Pengaruh Pelaksanaan Good Corporate Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Pemberian Kredit (Studi Kasus: PT. Bank Lampung, Lampung). Skripsi, Institut Pertanian Bogor.
Labesi, Thereza Michiko. 2013. Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance di PT Bank Sulut Kantor Pusat Manado. Jurnal EMBA, 1 (4), 1274-1283.
Lutfinanda, A. 2013. Analisis Pengaruh Pengungkapan Syariah Compliance Terhadap Kepatuhan Perbankan Syariah Pada Prinsip Syariah (Studi Kasus Pada BPR Syariah Di Kota Semarang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Semarang.
Marniati. 2010. Analisis Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kinerja Karyawan Di Bagian Administrasi Umum Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Tesis, Universitas Sumatera Utara.
Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Nurohmah, A. 2012. Analisis Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada Bank Muamalat Kendal. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Prawesti, L. dan A. Indrasari. 2014. Informasi Akuntansi dan Non-Akuntansi terhadap Initial Return Saham. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 15 (1), 19-32.
Ratnasari, Y. 2011. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Didalam Sustainability Report. Skripsi, Universitas Diponegoro.
Santoso, S. 2012. Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sanusi, A. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Seravina, M. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama (Studi Kasus Pada Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor. Skripsi, Institut Pertanian Bogor.
Sugiono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sukardi, Budi. 2012. Kepatuhan Syariah (Syariah Compliance) Dan Inovasi Produk Bank Syariah di Indonesia. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Susana, 2013. Persepsi Nasabah Terhadap Kinerja Karyawan Bank Mandiri Syariah di Yogyakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogya-karta.
Suyuthi, Masyita. 2012. Analisis Pengaruh Customer Relationship Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Sulselbar Di Makasar. Skripsi, Universitas Hsanuddin.
Umam, M. 2011. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada BPRS Artha Mas Abadi Pati). Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Wahananto, Edi. 2009. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (GCG) di Bank Syariah (Studi Di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Malang). Skripsi, Universitas Brawijaya.
Wardayati, S. M. 2011. Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Skripsi, Universitas Jember.