Balanced Scorecard: Perspektif Baru dalam Menilai Kinerja Organisasi

Authors

  • Barbara Gunawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Dengan semakin kompleksnya kondisi lingkungan organisasi, diperlukan ukuran-ukuran kinerja yang komprehensif sehingga akan terlihat kondisi berbagai sisi organisasi. Hal tersebut memberikan kejelasan arah dan sasaran bagi organisasi untuk bergerak maju baik dari sisi finansial maupun non finansial secara seimbang. Balanced Scorecard hadir untuk memfasilitasi pengukuran kinerja secara komprehensif baik dari sisi finansial dan sisi perspektif customer, internal business process, dan learning and growth dimana belum bias difasilitasi oleh pengukuran kinerja manajerial. Apabila semua sisi organisasi bias terukur maka organisasi akan dapat dikelola dengan baik seperti ungkapan “If We can count it, we can manage it”. Lebih dari itu Balanced Scorecard juga memberikan penawaran kepada organisasi akan pencapaian keunggulan kompetitif karena dengan terukurnya seluruh aspek organisasi secara komprehensif dan seimbang akan dapat memotivasi “breaktrough improvement” di berbagai bidang seperti: produk, proses, customer, dan pengembangan pasar.

References

Blocher, Edward J., Kung H. Chen dan Thomas W. Lin. 1999. Cost Management: A Strategic Emphasis, New York: McGraw-Hill International Inc.

Kaplan, Robert S. dan Anthony A. Atkinson. 1989. Advanced Management Accounting, Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc.

Kaplan, Robert S. dan David P. Norton. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategi into Action,” Boston: Harvard Business Scholl Press.

_______. 1997. "Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System", dalam S. Mark Young, Readings in Management Accounting, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Lawrence S. Maisel. 1992. Performance Measurement The Balanced Scorecard Approach

McCrory, Erancis V. dan Peter G. Gerstberger. 1992. The New Math of Performance Measurement.

Mulyadi. 1997. Akuntansi Manajemen, Konsep, Manfaat ddan Rekayasa, Edisi kedua, Yogyakarta: BP STIE YKPN.

Mulyadi dan Johny Setyawan. 1999. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: Aditya Media.

Prakarsa, Wahyudi .1999. Perkembangan Terakhir Riset Empirikal di Bidang Akuntansi dan Kontribusinya Bagi Pengembangan Bisnis, makalah dalam Simposium Nasional Akuntansi II, Malang.

Siegel, Gary, dan Helena Ramnauskeas-Markoni. 1989. Behavioral Accounting, Cincinati: South-Western Publishing Co.

Soetjipto, Budi W. 1997. Mengukur Kinerja Bisnis dengan Balance Scoregard, Usahawan, No. 06 Juni 1997, hal. 21-25.

Sudibyo, Bambang, "Pengukuran Kinerja Perusahaan cengan Balanced Scorecard: Bentuk, Mekanisme, dan Proses Aplikasinya pada BUMN", Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 12,2 hal. 35-49.

Published

2015-12-02

How to Cite

Gunawan, B. (2015). Balanced Scorecard: Perspektif Baru dalam Menilai Kinerja Organisasi. Journal of Accounting and Investment, 1(1), 41–51. Retrieved from https://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/459

Issue

Section

Articles