Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Atas Pelayanan Kpp, Sanksi Perpajakan dan Pengetahuan atas Penghasilan Kena Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Afrizal Tahar, Wilie Sandy

Abstract


The efforts of increasing tax income has become a special intention for the government, one of the efforts is enhancing taxpayer’s compliance in fulfilling the tax duty. This research is aimed to know whether taxpayer’s perception of the service in tax service office, tax sanction and the knowledge about taxable income affect the taxpayer’s compliance. The research used primary data by distributing questionnaires to the personal taxpayers that registered in Tax Service Office Pratama Bantul. Data that collected then processed using multiple regressions with SPSS (Statistical Package for Social Science) program.The r esult of research showed that taxpayer’s perception of the service in tax service office impacted significantly to the taxpayer’s compliance. The knowledge about taxable income also impacted significantly to the taxpayer’s compliance. However, tax sanction does not impacted significantly to the taxpayer’s compliance. Many Taxpayers are still do not know and understand about tax sanction in taxation. This becomes a job for tax office to socialize tax sanction to society.


Keywords


Taxpayer’s Perception of the Service in Tax Service Office; Tax Sanction; Knowledge about Taxable Income

Full Text:

Download Article

References


Asnita., dan Bandi. 2007. Akuntansi Islam: Persepsi Akuntan dan Calon Akuntan, Simposium Nasional Akuntansi X, Unhas Makassar.

Agusti, A. F., dan V. Herawaty. 2009. Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak yang dimoderasi oleh Pemeriksaan Pajak Pada KPP Pratama, Simposium Nasional Akuntansi XII, Palembang.

Setiono, B. 2007. Pengaruh Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Skripsi, FE, UMY (tidak dipublikasikan).

Anwar. C. 2010. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Badan atas Pelayanan Publik, Pemahaman atas Penghasilan Kena Pajak dan Ketentuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan dalam Memenuhi Kewajiban Pajak, Skripsi, FE, UMY (tidak dipublikasikan).

Nasution, D. 2007. Buku Panduan Pelayanan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak.

Suryanto, F. 2009. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Skripsi, FE, UMY (tidak dipublikasikan).

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Semarang: Badan Penerbit Undip.

Agustiani, I. 2010. Pengaruh Kesadaran, Kepatuhan Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelaporan Wajib Pajak, Skripsi, FE, UMY (tidak dipublikasikan).

Indriantoro., dan Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen, Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UGM.

Hutagaol, J., dkk. 2007. Strategi Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak, Akuntabilitas (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 6 (2).

Mardiasmo. 2008. Perpajakan, Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Khayati, S. N. 2008. Persepsi Wajib Pajak atas Pelayanan KPP dan Pemahaman atas Penghasilan Kena Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Skripsi, FE, UMY (tidak dipublikasikan).

Resmi, S. 2008. Perpajakan: Teori dan Kasus, Jakarta: Salemba Empat.

Republik Indonesia, Keputusan Menteri Keuangan Nomor 542/KMK. 04/2000 Tentang Tata Cara Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi dan Pengurangan atau Pembatalan Ketetapan Pajak.

Republik Indonesia, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Perubahan keempat atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan.

Nawangsasi, R. 2010. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak atas Pelayanan Publik, Iklan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Skripsi, FE, UMY (tidak dipublikasikan).

Prasetyaningsih, R. 2003. Pelayanan Prima, Temanggung.

www.pajak.go.id




DOI: https://doi.org/10.18196/jai.v12i2.683

Article Metrics

Abstract view : 349 times
Download Article - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Certified Public Accountant (CPA) Test Centre Room
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2 Pojok Barat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Website: journal.umy.ac.id/index.php/ai - E-mail: jai@umy.ac.id
Phone: +62 274 387 656 (ext: 334)

Journal of Accounting and Investment is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.