Desain Tebal Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Program Kenpave di Ruas Jalan Maospati - Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.18196/bce.v1i1.11050Keywords:
Perkerasan lentur, Analisa Komponen, AUSTROADS, KenpaveAbstract
lan Maospati – Sukomoro melintasi kawasan pusat perindustrian di Kabupaten Magean. Hal ini menyebabkan banyak kendaraan-kendaraan berat yang melewati jalan Maospati – Sukomoro. Oleh karena itu, perlu perencanaan khusus agar perkerasan jalan ini mampu menahan beban kendaraan berat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang tebal perkerasan dan nilai kemampuan jalan dalam mengalami retak lelah dan retak alur. Metode yang digunakan adalah metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 dan Metode AUSTROADS yang kemudian dianalisis dengan program Kenpave. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan tebal perkerasan dengan metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 menghasilkan lapis permukaan sebesar 7,5 cm, lapis pondasi atas sebesar 20 cm, lapis pondasi bawah sebesar 28 cm, sedangkan jika menggunakan metode AUSTROADS menghasilkan lapis permukaan sebesar 26,5 cm, dan lapis pondasi bawah sebesar 50 cm. Hasil menggunakan program Kenpave untuk nilai (Nf) metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 ialah 21.546,03 sedangkan metode AUSTROADS 956.862,55. Untuk nilai retak alur (Nd) metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 ialah 526.588,54 sedangkan metode AUSTROADS ialah 19.276.509,28. Untuk perhitungan repetisi beban rencana (Nr) ialah 1.945.972,63. Nilai tersebut menunjukan bahwa untuk nilai Nf tidak mampu menahan beban yang direncanakan. Sedangkan nilai yang diperoleh untuk nilai Nd metode Analisa komponen bina marga 1987 tebal perkerasan yang dirancang tidak mampu menahan beban lalu lintas yang direncanakan. Sedangkan untuk nilai Nd metode AUSTROADS tebal perkerasan yang dirancang mampu menahan beban lalu lintas yang telah direncanakan.
References
Adlinge, S. S., dan Gupta, A. K., 2013. Pavement Deterioration and Its Causes. International Journal of Innovative Research and Development, 2(4), 437-450.
Aji, F.H.A., Subagio, B.S., Hariadi, E.S., Weningtyas, W., 2015, Evaluasi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 dan Metode Bina Marga 2013 Studi kasus: Jalan Nasional Losari – Cirebon, Jurnal Teknik, 22(2), 147-163.
Al-Khateeb, L. A., Saoud, A., dan Al-Msouti, M. F., 2011. Rutting Prediction of Flexible Pavements Using Finite Element Modeling. Jordan Journal of Civil Engineering, 5(2), 173-190.
AUSTROADS. 2004. A Guide to The Design Structural Design of Road Pavement. Australia:AUSTROADS.
Dinata, D.I., Rahmawati A., Setiawan D.M.2017. Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Analisa Komponen Dari Bina Marga 1987 dan Metode AASHTO1993 Menggunakan Program Kenpave, Jurnal Ilmiah Semesta Teknika. 20(1),8-11.
Departemen Pekerjaan Umum, 1987, Petunjuk Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, Jakarta.
Fadhlan dan A.muis, 2013, Evaluasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Pt-T-01-2002-B Dengan Menggunakan Program Kenpave, Jurnal Teknik, vol 3(2).
Hardiyatmo, H.C., 2015, perancangan perkerasan jalan & penyelidikan tanah, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hellyantoro, G., Fauzi, M.F., Kusharjoko. W., 2013, Evaluasi Tebal Perkerasan Lapis Tambah Dengan Menggunakan Program Everseries dan Metode Bina Marga studi Kasus : Jalan Tol Jagorawi ruas Jalan TMII – Cibubur, Jurnal karya Teknik Sipil, 2(2), 1-10.
Huang, Y.H., 2004, Pavement Analysis and Design, University of Kentucky, New Jearsey, U.S.A: Prentice Hall.
Lestari, I.G.A., 2013 Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur, Jurnal Teknik, 7(1), 128-134.
Miharjo, Suprapto T.2004. Bahan dan struktur Jalan Raya. Yogyakarta: Biro penerbit Universitas Gadjah Mada.
Muniandy, Ratnasamy, Eltaher A., Noor T. 2013. Comparison of flexible Pavement Performance Using Kenlayer and Chev PC program, Australian Journal of basic Applied Science, 7(9), 112-119.
Pardiarini dan Hariyadi, 2014, Evaluasi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 Dan Austroads 2011, Jurnal Teknik, 935 – 948.
Saputro dan hariyadi, 2015, Evaluasi Fungsional dan Struktural Perkerasan Lentur Pada Jalan Nasional Bandung – Purwakarta Dengan Metode Austroads 2011, Jurnal Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia, 2(2), 85-92.
Simanjuntak, I., 2014. Evaluasi Tebal Lapis Perkerasan Lentur Manual Desain Perkerasan Jalan No. 22.2/KPTS/Db/2012 dengan Menggunakan Program Kenpave. Jurnal Teknik Sipil USU, 3(2).
SNI-1732-1989-F, 1989, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Metode Analisa Komponen, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Bulletin of Civil Engineering (BCE). Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Authors should sign Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by the journal prior the publication. BCE strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
BCE keep the rights to articles that have been published and hold the copyright limited solely for the publication. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link of BCE website. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from BCE with an acknowledgement of initial publication in this journal.
License
All articles published in BCE are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.