Desain Tebal Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Program Kenpave di Ruas Jalan Maospati - Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Anita Rahmawati, Farhan Aldiansyah, Dian M Setiawan

Abstract


lan Maospati – Sukomoro melintasi kawasan pusat perindustrian di Kabupaten Magean.  Hal ini menyebabkan banyak kendaraan-kendaraan berat yang melewati jalan Maospati – Sukomoro. Oleh karena itu, perlu perencanaan khusus agar perkerasan jalan ini mampu menahan beban kendaraan berat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang tebal perkerasan dan nilai kemampuan jalan dalam mengalami retak lelah dan retak alur. Metode yang digunakan adalah metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 dan Metode AUSTROADS yang kemudian dianalisis dengan program Kenpave. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan tebal perkerasan dengan metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 menghasilkan lapis permukaan sebesar 7,5 cm, lapis pondasi atas sebesar 20 cm, lapis pondasi bawah  sebesar 28 cm, sedangkan jika menggunakan metode AUSTROADS menghasilkan lapis permukaan sebesar 26,5 cm, dan lapis pondasi bawah sebesar 50 cm. Hasil menggunakan program Kenpave untuk nilai (Nf) metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 ialah 21.546,03 sedangkan metode AUSTROADS 956.862,55. Untuk nilai retak alur (Nd) metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 ialah 526.588,54 sedangkan metode AUSTROADS ialah 19.276.509,28. Untuk perhitungan repetisi beban rencana (Nr) ialah 1.945.972,63. Nilai tersebut menunjukan bahwa untuk nilai Nf tidak mampu menahan beban yang direncanakan. Sedangkan nilai yang diperoleh untuk nilai Nd metode Analisa komponen bina marga 1987 tebal perkerasan yang dirancang tidak mampu menahan beban lalu lintas yang direncanakan. Sedangkan untuk nilai Nd metode AUSTROADS tebal perkerasan yang dirancang mampu menahan beban lalu lintas yang telah direncanakan.

 


Keywords


Perkerasan lentur, Analisa Komponen, AUSTROADS, Kenpave

Full Text:

PDF

References


Adlinge, S. S., dan Gupta, A. K., 2013. Pavement Deterioration and Its Causes. International Journal of Innovative Research and Development, 2(4), 437-450.

Aji, F.H.A., Subagio, B.S., Hariadi, E.S., Weningtyas, W., 2015, Evaluasi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 dan Metode Bina Marga 2013 Studi kasus: Jalan Nasional Losari – Cirebon, Jurnal Teknik, 22(2), 147-163.

Al-Khateeb, L. A., Saoud, A., dan Al-Msouti, M. F., 2011. Rutting Prediction of Flexible Pavements Using Finite Element Modeling. Jordan Journal of Civil Engineering, 5(2), 173-190.

AUSTROADS. 2004. A Guide to The Design Structural Design of Road Pavement. Australia:AUSTROADS.

Dinata, D.I., Rahmawati A., Setiawan D.M.2017. Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Analisa Komponen Dari Bina Marga 1987 dan Metode AASHTO1993 Menggunakan Program Kenpave, Jurnal Ilmiah Semesta Teknika. 20(1),8-11.

Departemen Pekerjaan Umum, 1987, Petunjuk Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, Jakarta.

Fadhlan dan A.muis, 2013, Evaluasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Pt-T-01-2002-B Dengan Menggunakan Program Kenpave, Jurnal Teknik, vol 3(2).

Hardiyatmo, H.C., 2015, perancangan perkerasan jalan & penyelidikan tanah, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hellyantoro, G., Fauzi, M.F., Kusharjoko. W., 2013, Evaluasi Tebal Perkerasan Lapis Tambah Dengan Menggunakan Program Everseries dan Metode Bina Marga studi Kasus : Jalan Tol Jagorawi ruas Jalan TMII – Cibubur, Jurnal karya Teknik Sipil, 2(2), 1-10.

Huang, Y.H., 2004, Pavement Analysis and Design, University of Kentucky, New Jearsey, U.S.A: Prentice Hall.

Lestari, I.G.A., 2013 Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur, Jurnal Teknik, 7(1), 128-134.

Miharjo, Suprapto T.2004. Bahan dan struktur Jalan Raya. Yogyakarta: Biro penerbit Universitas Gadjah Mada.

Muniandy, Ratnasamy, Eltaher A., Noor T. 2013. Comparison of flexible Pavement Performance Using Kenlayer and Chev PC program, Australian Journal of basic Applied Science, 7(9), 112-119.

Pardiarini dan Hariyadi, 2014, Evaluasi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 Dan Austroads 2011, Jurnal Teknik, 935 – 948.

Saputro dan hariyadi, 2015, Evaluasi Fungsional dan Struktural Perkerasan Lentur Pada Jalan Nasional Bandung – Purwakarta Dengan Metode Austroads 2011, Jurnal Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia, 2(2), 85-92.

Simanjuntak, I., 2014. Evaluasi Tebal Lapis Perkerasan Lentur Manual Desain Perkerasan Jalan No. 22.2/KPTS/Db/2012 dengan Menggunakan Program Kenpave. Jurnal Teknik Sipil USU, 3(2).

SNI-1732-1989-F, 1989, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Metode Analisa Komponen, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.




DOI: https://doi.org/10.18196/bce.v1i1.11050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office :

BULLETIN OF CIVIL ENGINEERING

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/bce

Print ISSN : 2797-1104

Online ISSN : 2775-6351

 
Creative Commons License
Bulletin of Civil Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.