Analisis Simpang Simpang Empat Bersinyal Wirobrajan Akibat Perubahan Urutan Fase Menggunakan PTV VISSIM
Abstract
Kemajuan transportasi saat ini berkembang dengan sangat pesat, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kemacetan, khususnya pada simpang. Salah satu penyebab lainnya yaitu penggunaan siklus dan urutan fase pada sistem Alat Pengatur Isyarat Lampu Lalulintas (APILL) masih menggunakan urutan fase searah jarum jam atau sebaliknya yang mengakibatkan pengendara harus menunggu lama hingga lampu kembali hijau sedangkan arus lalu lintas di simpang tersebut cukup padat. Salah satu simpang yang mengalami hal tersebut yaitu simpang Wirobrajan yang berada di Kota Yogyakarta. Untuk mengetahui kinerja tingkat pelayanan simpang, dilakukan survei untuk memperoleh nilai volume kendaraan, geometrik, serta waktu siklus. Data-data tersebut kemudian akan digunakan untuk analisis serta pemodelan menggunakan software PTV VISSIM. Hasil yang didapatkan menunjukkan tingkat pelayanan pada simpang Wirobrajan termasuk pada kategori E (buruk), dengan nilai tundaan sebesar 77,09 detik/kend sehingga membutuhkan evaluasi lebih lanjut. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, dilakukan percobaan yaitu dengan mengubah urutan fase, mengoptimalisasikan waktu siklus simpang, serta dilakukan trial and error rasio belok kanan dan lurus pada lengan Utara dan Selatan pada jam puncak 06.30 – 07.30 WIB. Hasil simulasi perubahan urutan fase dan mengoptimalisasikan waktu siklus simpang merupakan cara terbaik untuk menurunkan nilai tundaan menjadi 61,81 detik/kend dengan rasio belok kanan 10% dan lurus 90%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryandi, R. D. Munawar, A. 2014. Penggunaan Software VISSIM untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta) Proceeding The 17th FSTPT International Symposium, Jember, 22-24 Agustus 2014, 338-347.
Bambode, K., Gajghate, V. 2014. Traffic Signal Optimization for Important Routes In Nagpur City: A Review. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering 2(4), 511-514.
Hormansyah, D. S., Sugiarto, V., Amalia,E. L. 2016. Penggunaan VISSIM Model Pada Jalur Lalu Lintas Empat Ruas. Jurnal Teknologi Informasi 7(1). 57-67.
Köhler, E., Strehler, M. 2012. Combining static and dynamic models for traffic signal optimization inherent load- dependent travel times in a cyclically time-expanded network model. Procedia-Social and Behavioral Sciences 54, 1125-1134.
Lubis, R. I. Surbakti, M.S. 2016. Analisa Arus Jenuh dan Panjang Antrian pada Simpang Bersinyal dan Mikro Simulasi Menggunakan Software VISSIM (Studi Kasus: Simpang Hotal Danau Toba Internasional dan Simpang Karya Wisata di Kota Medan). Jurnal Teknik Sipil 6(1), 1-10.
Lu, Z., Fu, T., Fu, L., Shiravi, S., Jiang, C.2016. A video-based approach to calibrating car-following parameters in VISSIM for urban traffic. International Journal of Transportation Science and Technology 5(1), 1-9.
Mahmudah, N., Banyunagoro, D. K. Muchlisin, 2016, Pemodelan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal Di Kota Yogyakarta (Studi Kasus Simpang Pingit), Proceeding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) IV, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 26 November 2016, 596-603.
Muchlisin, M. 2017. Analisis Tarikan dan Bangkitan Perjalanan Akibat Pembangunan Mix-Used Plan (Mix- used JogjaOne Park) dengan Metode Pembanding. Semesta Teknika 19(2), 98-105.
Pamusti, G., Herman, H., Maulana, A. 2017. Kinerja Simpang Jalan Jakarta– Jalan Supratman Kota Bandung dengan Metode MKJI 1997 dan Software PTV VISSIM 9. Reka Racana 3(3), 1-11.
Park, B., Schneeberger, J. 2003. Microscopic simulation model calibration and validation: case study of VISSIM simulation model for a coordinated actuated signal system. Transportation Research Record 1856), 185-192.
Saputro, T. L., Putri, A. P., Suryaningsih, A., Putri, Z. S., Salahuddin, M. 2018. Kajian Simpang Tiga Tak Bersinyal Kariangau Km. 5, 5 Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara Menggunakan Permodelan VISSIM Menjadi Simpang Bersinyal. Jurnal Teknologi Terpadu 6(1), 36-43.
Yulianto, R. A., Munawar, A. 2017. Penentuan Kapasitas Jalan Bebas Hambatan Dengan Aplikasi Perangkat Lunak VISSIM. Jurnal Transportasi 17(2), 123-132
DOI: https://doi.org/10.18196/bce.v1i1.11055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office :
BULLETIN OF CIVIL ENGINEERING
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia
Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/bce
Print ISSN : 2797-1104
Online ISSN : 2775-6351
Bulletin of Civil Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.