Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Perangkat Lunak PTV Vissim 2024 (Studi Kasus Simpang Empat, Daerah Istimewa Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.18196/bce.v5i1.25837Keywords:
Simpang Empat Bersinyal, Tingkat Pelayanan, Tundaan, Panjang AntrianAbstract
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor pada ruas jalan menyebabkan penumpukan arus di simpang. Salah satu simpang yang bermasalah akibat adanya penumpukan arus lalulintas adalah Simpang empat Ring Road Utara Gejayan Sleman Yogyakarta, yaitu terjadinya antrian panjang pada semua lengan, sehingga menyebabkan tundaan lalulintas yang diterima oleh semua kendaraan yang akan melintasi simpang. Oleh karena itu, perlu dilakukan manajemen lalulintas. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi performa lalu lintas di simpang tersebut menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM 2024 (Student Version). Data lalu lintas dikumpulkan melalui survei lapangan. Pemodelan dilakukan untuk kondisi eksisting serta 4 skenario alternatif perbaikan. Pada kondisi eksisting, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 99,70 detik/skr dengan tingkat pelayanan (LOS) rata-rata yaitu F (buruk sekali). Skenario 1,2,3, dan 4 menghasilkan tundaan rata-rata secara berturut-turut adalah 87,03 detik/skr; 95,88 detik/skr; 83,28 detik/skr; dan 82,68 detik/skr. Keempat skenario yang telah dibuat, tingkat pelayanan (LOS) rata-rata tetap F (buruk sekali). Skenario 4 berupa pelebaran sebesar 1 m pada jalur masuk dan keluar ruas Barat dan Utara dipilih sebagai alternatif terbaik.
References
Bina Marga Direktorat Jendral. (2023). Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Panduan Kapasitas Jalan Indonesia, 68.
Farrag , S., Outay, F., Yasar, A., Janssens, D., Kochan, B., & Jabeur, N. (2021). Toward the improvement of traffic incident management systems using Car2X technologies. Personal and Ubiquitous Computing, 163-176.
Irawati, I., Anggraini, L., & Wanto, S. (2024). Analisis Tingkat Layanan Kinerja Simpang Bersinyal Pada Kawasan Komersial. JCEBT, 8(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/jcebt
Morlok, E. K., 1998, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.
Muchlisin., 2016, Analisis Tarikan dan Bangkitan Perjalanan Akibat Pembangunan Mix-Used Plan (Mix-used JogjaOne Park) dengan Metode Pembanding, Semesta Teknika, 19(2), 98-105.
Pehan, R., & Diana Anis, V. A. (2020). Analisis Simpang Bersinyal Menggunakan Metode PKJI 2014 (Simpang Jlagran Lor, Yogyakarta). Equilib, 01(02).
Pemerintahan Indonesia. (1993). PM RI No 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 1993, 1–89.
PM 96 Tahun 2015. (2015). PM No 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta, 1–45.
Rahma Putri, T., & Hartanto Susilo, B (2021). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Setia Darma 2-Inspeksi Kalimalang, Bekasi Performance Analysis Signaled Intersection Of Setia Darma 2-Inspection Kalimalang, Bekasi. Rekayasa Lingkungan Terbangun Berbasis Teknologi Berkelanjutan, hal: 527-536
Rahmayuda, H., Jannah, A. N., & Prayitno, P. A. (2024). Analisis Kinerja dan Pemodelan Simpang untuk Meningkatkan Kinerja Simpang Bersinyal Jokteng Wetan Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil, 13(1), 86-94.
Rifki Rivaldy, I., & Puji Astutik, H. (2022). Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Pasar Ngasem (Studi Kasus : Jalan Polowijan-Jalan Ngasem Kraton, Kota Yogyakarta). EQUILIB, 03(01), 65–76.
Rorong, N., Elisabeth, L., & Waani, J. E. (2015). Analisa Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Di Ruas Jalan S.Parman Dan Jalan Di.Panjaitan Novriyadi. Jurnal Sipil Statik, 3(11), 747–758. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/10668
Sholahudin, F., & Hendardi, A. R. (2020). Analisis Simpang Bersinyal Pada Simpang 4 Jl. Siliwangi Kota Tasikmalaya. Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, 3(2), 70-75.
Vissim PTV. (2016). PTV Vissim 9 User Manual. Karlsruhe, 35: PTV AG.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Bulletin of Civil Engineering (BCE). Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Authors should sign Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by the journal prior the publication. BCE strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
BCE keep the rights to articles that have been published and hold the copyright limited solely for the publication. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link of BCE website. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from BCE with an acknowledgement of initial publication in this journal.
License
All articles published in BCE are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.