Pemenuhan Hak Narapidana Hamil dan Menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan

Duwita Aisya Trisna Prihananti

Abstract


Pembinaan terhadap narapidana wanita dengan narapidana laki-laki haruslah berbeda sebab narapidana wanita memiliki perbedaan baik secara fisik maupun psikologis, terutama bagi perempuan yang sedang hamil dan menyusui. Perempuan yang sedang hamil dan menyusui memiliki hak-hak yang harus terpenuhi sekalipun mereka sedang menjalani hukuman dalam lembaga pemasyarakatan. Salah satu pemenuhan hak tersebut di implementasikan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak narapidana yang hamil dan menyusui dan untuk mengetahui fasilitas apa sajakah yang didapatkan oleh narapidana yang hamil dan menyusui. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian normatif-empiris  yaitu dengan menggabungkan data primer yang berasal dari undang-undang dan data sekunder yang didapatkkan dari hasil wawancara dengan narasumber Ibu Nining Trisnowati selaku Kepala Perawatan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan dan dengan responden penelitian meliputi warga binaan perempuan hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Yogyakarta. Dalam penelitian ini  disimpulkan bahwa pemenuhan hak-hak warga binaan pemasyarakatan hamil dan menyusui sudah terpenuhi dengan baik dan sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995, seperti pemberian vitamin dan extra fooding, pelayanan kesehatan seperti USG dan pemeriksaan harian yang dilakukan di poliklinik Lapas Perempuan oleh dokter lapas, namun demikian Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Yogyakarta masih minim fasilitas seperti tidak tersedianya kamar tidur untuk warga binaan yang sedang hamil dan menyusui dan tidak adannya ruang laktasi


Keywords


lembaga pemasyarakatan perempuan; pemenuhan hak; narapidana

Full Text:

PDF

References


Azalia, Larissa Evita. “Pemenuhan Hak-Hak Khusus Narapidana Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pekanbaru.” Jurnal Fakultas Hukum 2, no. 2 (2017): 2.

Bisma, Siregar. Keadilan Hukum Dalam Berbagai Aspek Hukum Nasional. Jakarta: Rajawali, 2001.

G, Narapidana. “Wawancara Dengan Responden 3 Narapidana Hamil G (42 Tahun).” 2020.

LH, Narapidana. “Wawancara Dengan Responden 1 Narapidana Hamil LH (26 Tahun).” 2020.

M, Narapidana. “Wawancara Dengan Responden 4 Narapidana Hamil M (32 Tahun).” 2020.

Marentek, E. Hesley. “Pembinaan Terhadap Warga Binan Di Dalam Lembaga Pemasyarakatan Ditinjau Dari Perspektif Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku.” Jurnal Hukum Lex Crimen 4, no. 8 (2015): 15.

Muhammad, Mustofa. Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Sistem Pemasyarakatan. Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusatara, 2017.

Radjab, Suryadi. Dasar-Dasar Hak Asasi Manusia. Jakarta: PBHI, 2002.

Suara.Com. “Kegetiran Napi Perempuan Yang Hamil, Melahirkan Dan Rawat Anak Di Penjara.” Suara.Com, 2019. https://bit.ly/3dLTlGu.

Suryobroto, Bahrudin. Perencanaan Pembangunan Hukum Nasional Bidang Hukum Pidana Dan Sistem Pemidanaan (Politik Hukum Dan Pemidanaan). Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional, 2010.

T, Narapidana. “Wawancara Dengan Responden 2 Narapidana Menyusui T (32 Tahun).” 2020.

Ticoalu, Tirsa D.G. “Perlindungan Hukum Pada Narapidana Wanita Hamil Di Lembaga Pemasyarakatan.” Jurnal Hukum Lex Crimen II, no. 2 (2013): 2.

Trisnowati, Nining. “Wawancara Penulis Dengan Ibu Nining Trisnowati Ketua Perawatan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta.” 2020.

Yogyakarta, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB. “DAFTAR SUSUNAN BAHAN MAKANAN NARAPIDANA/ANAK DIDIK DAN TAHANAN DALAM 10 HARI.” 2020.

———. “DATA NARAPIDANA DAN TAHANAN LAPAS PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA PERIODE MARET 2020.” 2020.

Zaid, Moh. Agama Dan HAM Dalam Kasus Di Indonesia. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2007.




DOI: https://doi.org/10.18196/ijclc.v3i2.15526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pusat Kajian Hukum Pidana dan Kriminologi
Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
E5 Building, 2nd floor, UMY, Jl.Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Telp. +62 274 387656 Ext 472, 082230546322 (WA), Fax: 0274 384646
E-Mail: ijclc@umy.ac.id