Potret Strategi Going Concern UMKM Pandai Besi Celurit Bermotif Madura

Yuni Rimawati, Adi Darmawan Ervanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran keunikan strategi going concern pandai besi tokang pandhih Jokotole yang memproduksi celurit bermotif sehingga UMKM ini mampu bertahan bahkan sudah dijalan oleh beberapa generasi. Penelitian ini menggunakan  pendekatan studi kasus configurative ideographic studies untuk menganalisis data. Simpulan penelitian ini adalah  Haji Masduri menerapkan strategi menjaga kualitas produk untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Pengembangan usaha menjadi usaha yang memiliki ijin usaha dengan brand “Jokotole” adalah fasilitas Pemerintah yang diterima Haji Masduri. Setelah memiliki ijin usaha, Haji Masduri dapat mengakses lebih banyak fasilitas dari Pemerintah. Dalam manajemen operasional bisnis Haji Masduri menjalankan strategi  spesialisasi kerja bagian produksi, sistem upah persenan (bagi hasil) berdasarkan harga jual pada tenaga kerja celurit bermotif, dan “memanfaatkan jaringan” yang dimiliki untuk memperoleh bahan baku ayng berkualitas tanpa meninggalkan rumah (tempat usaha).  Strategi menjaga cash flow yang dilakukan oleh Haji Masduri adalah dengan sistem produksi pesanan dan uang muka 50%. Dampak dari kualitas produk yang terjaga, Haji Masduri dapat menerapkan strategi penentuan harga jual tanpa proses tawar menawar dari pemesan celurit bermotif.


Keywords


Strategi Bisnis; Going Concern; UMKM; Produk Budaya.

Full Text:

PDF

References


Amaliah, Tri Handayani dan Sugianto. (2018). Konsep Harga Jual Betawian dalam Bingkai Si Pitung. Jurnal Akuntansi Multiparadigma JAMAL Volume 9 Nomor 1 Halaman 20-37, April 2018. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9002.

BPS Kabupaten Sumenep (2018). Kecamatan Batang-Batang dalam Angka 2018. https://sumenepkab.bps.go.id/publication/download.html?.

Guston, D. H. (2014). Responsible Innovation: A Going Concern. Journal of Responsible Innovation, 1(2), 147–150. https://doi.org/10.1080/23299460.20 14.937904.

Hansen. R.Don. Mowen, M, Maryane 8th Edition. (2013). Cost Management: Accounting & Control.

Kamayanti, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Akuntansi Pengantar Religiositas.

Rimawati, Yuni dan Robiatul Auliyah. (2019). Strategy of Selling Price, Innovation and Value Contained in Business of Batik Genthongan. International Confrence of Islamic Economic & Busisness 6th, 2019. https://doi.org/10.2991/iconies-18.2019.68.

Taan, Hapsari. 2016. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keungulan Bersaing Usaha Karawo di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Bisnis& Kewirausahaan. Vol 6 No 2.

Totanan, C. (2018). Pengaruh patronage buying motives terhadap prinsip going concern pada UMKM. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 14(1), 44-51.

Totanan, Chalarce dan Natalia Paranoan. 2018. Going Concern dalam Metafora Ondel-ondel. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL) Volume 9. Nomor 1. April 2018.

Wiyata, Latief. (2002). Carok, Konflik Kekerasan, dan Harga Diri Orang Madura . Yogyakarta: LkiS.

Wulaningrum, P. D., & Nisa, A. (2018). Praktik Penerapan Akad Murabahah Dalam Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Mandiri. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.18196/jati.010104.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v4i2.10602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.