Penerapan Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis

Endang Sri Wahyuni, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengungkap penerapan prinsip partisipasi, responsibilitas, akuntabilitas, dan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa dimulai pada tahap perencanaan, pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan, dan pertanggungjawaban di Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah desa Kuala Alam bertanggungjawab kepada masyarakat, BPD, Bupati untuk melaksanakan rencana kerja kegiatan yang telah disusun pada saat musyawarah desa. Keterbukaan dalam mendapatkan informasi yang telah disusun disampaikan kepada masyarakat berupa baliho yang berisi informasi tentang APBDesa. Pada saat perencanaan pemerintah desa Kuala Alam sudah melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan melibatkan masyarakat. Pada saat pelaksanaan Kasi dan Kaur sudah bertanggungjawab atas tugas yang telah diberikan yaitu sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku. Dalam tahap penatausahan pemerintah desa sudah melakukan pembukuan dengan tertib. Sedangkan pada tahap pelaporan dan pertanggungjawaban pemerintah desa Kuala Alam sudah memberikan laporan kepada Bupati melalui Camat dan BPD sebagai perwakilan masyarakat. Selain itu pemerintah Desa Kuala Alam memasang baliho didepan kantor desa Kuala Alam agar mempermudah masyarakat Kuala Alam untuk memperoleh informasi. Sehingga dengan adanya penelitian ini baik masyarakat maupun Pemerintah Desa Kuala Alam bisa saling bekerjasama dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa agar terciptanya Good Governance yang baik.


Keywords


Pengelolaan; Partisipasi; Responsibilitas; Akuntabilitas; Transparansi.

Full Text:

PDF

References


Agesta, Wulan. (2015) Responsibilitas Rumah Sakit Umum Daerah Dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung. Fakultas Ilmu Social Dan Ilmu Politik. Universitas Lampung.

Andini, Hanni. (2018) Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Prinsi Tranparansi Dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Program Study Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Anggriani, N., Iskandar, D., & Nurodin, I. (2019). Penerapan Prinsip Akuntabilitas dan Transparansi Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 2(2), 59-64.

Astriandy, Christo (2018) Analisis Penerapan Good Goverment Governance Dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanada Dharma Yogyakarta.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (2015) tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa.

Bihamding, Hariawan (2019) Pengelolaan Keuangan Desa, Deepublish, Yogyakarta.

Ferarow, N. & Suprihanto, J. (2018). Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa Sumberadi dan Tlogoadi di Kabupaten Sleman: Evaluasi Praktik Transparansi dan Akuntabilitas. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 1(2), 64-69.

Hikmahwati, Penti (2017) Metodologi Penelitian, Raja Grafindo, Depok.

Mamudi, (2015) Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mardiasmo, (2009) Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: Penerbit ANDI.

M Irvan, Wayan I (2017) Penerapan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa. Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Sosial dan Politik. Universitas Lampung.

Sejerweni, V Wiratma (2014) Metodelogi Penelitian Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Sangki, dkk (2017. Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa. Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Yuliansyah, Rusmianto (2016). Akuntansi Desa, Jakarta Selatan: Penerbit Salemba 4.

Widiyanti, Arista (2017). Akuntabilitas dan Tranparansi Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v4i2.10895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.