Kesiapan Adaptasi Metode Beyond Budgeting Sebagai Upaya Pembaharuan Manajemen Kinerja (Studi pada Urban Style by Front One Hotel, Lampung, Sumatera Selatan)

Eni Kaharti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian kemungkinan diterapkannya manajemen pengendalian dengan metode beyond budgeting. Metode yang terdiri dari 12 prinsip yang terdiri dari 6 prinsip pengelolaan manajemen adaptif dan 6 prinsip struktur organisasi fleksibel. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitataif dengan melakukan studi kasus pada perusahaan bidang hospitality Urban Style by Front One Hotel (USBFOH) di Lampung. USBFOH masih menggunakan system penganggaran tradisional yang metode tidak menciptakan kepuasan bagi manajemen dalam pencapaianya. Oleh sebab itu peneliti mencoba mengenalkan manajemen pengendalian yang adaptif untuk lingkungan usaha yaitu Beyond Budgeting. Responden dalam penelitian ini adalah Tim Manajemen USBFOH yaitu General Manager dan Stafnya.Data menggunakan sumber data primer yang diperoleh dengan membagikan kuisioner dan wawancara pada responden. Analisis data menggunakan perhitungan yang dikenalkan oleh de Waal (2003) yang disimbolkan dengan 3 warna yaitu Hijau (siap), Orange (sedang) dan Merah (tidak siap) Hasil penelitian menunjukkan bahwa USBFOH tidak bisa menerapkan metode Beyond Budgeting dengan alasan, kesiapan perubahan yang relatif sedang (orange), namun prasyarat tidak dipenuhi (merah) sebab ada lembaga yang memiliki otoritas lebih tinggi untuk merubah metode dalam pengendalian manajemen meskipun kebutuhan perubahan system pengendalian menunjukkan warna (hijau).


Keywords


Anggaran Tradisional; Beyond Budgeting.

Full Text:

PDF

References


Andira dan Subroto B. (2003). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan Lini Depan Perusahaan Jasa. Jurnal Universitas Sriwijaya.

Bastian, Indra. (2006). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Daum, Jurgen H. (2002). Beyond Budgeting: A Model for Performance Management and Controlling in the 21st Century?. Newsletter Controlling and Finance, July Issue.

de Waal, André A. (2005). Is your organisation ready for beyond budgeting?. Measuring Business Excellence, Vol. 9 – Iss 2 pp. 56 – 67.

Hope, J., & Fraser, R. (2003). Beyond Budgeting: How Managers Can Break Free from the Annual Performance Trap. Boston: Harvard Business School Press.

Hope, J., & Fraser, R. (2003). New Ways of Setting Rewards: The Beyod Budgetng Model. The Regrets of University of California.

Johnson, Shane. (2005). Beyond Budgeting. University of Glamorgan, Paper 3.3.

Ningrum ( 2016), Kesiapan Implementasi Beyond Budgeting, Universitas Sanata Darma, Yogyakarta.

Stergren, Stensaker (2010), Management Control without Budget: A Field Studi of Beyond Budgeting n Practice, NHH Norwegian School of Economics and Business Administration, Bergen, Norway, European Accounting Review, Vol. 20, No. 1, 149 – 181, 2011.

Suryanto, Kurniati ( 2019),Tinjauan Perubahan Sistem Penganggaran berbasis Kinerja di Indonesia, JPP: Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan Volume 1 Nomor 2, Juli – Desember 2019.

Player,( 2003), Why Some Organization Go Beyond Budgeting, Published online in Wiley InterScience (www.interscience.wiley.com). DOI 10.1002/jcaf.10146 Wiley Periodicals, Inc.

Pflaeging, Niels (2006). What is Beyond Budgeting. Beyond budgeting Round Table. Hampshire: UK.

Sandalgaard, Niels, & Bukh, Per Nikolaj. (2014). Beyond Budgeting and Change: A Case Study. Journal of Accounting & Organizational Change, Vol. 10 - Iss 3, pp. 409 – 423.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v4i2.12570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.