Menguak Peran Badan Audit dan Pengendalian Internal pada Tata Kelola Keuangan Gereja

Angel Pitaloka Simanjuntak, Rusliyawati Rusliyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan audit dan pengendalian internal yang dilaksanakan oleh badan audit gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan gambaran hasil penelitian dengan indikator penilaian adalah buku panduan badan audit HKBP.  Hasil dari penelitian ini adalah badan audit dalam gereja HKBP Sosok – Batang Tarang sudah berjalan sesuai dengan indikator penilaian buku panduan badan audit HKBP. Pembagian kerja yang terjadi dalam proses pelaksanaan audit juga telah berjalan dengan baik dan pengendalian internal di gereja HKBP Sosok – Batang Tarang diterapkan dengan baik. Peran majelis gereja dan jemaat sudah sangat baik dalam menerapkan pengendalian internal.  Penghambat terjadinya pelaksanaan audit adalah seringnya terjadi miskomunikasi dan kurangnya waktu untuk melakukan pengauditan keuangan. Hasil dari penelitian ini memiliki implikasi praktis yaitu penelitian ini dapat dijadikan sebagai percontohan bagi pelaksanaan proses audit dan pengendalian internal yang dilakukan oleh badan audit gereja.

Keywords


Badan Audit; Gereja; HKBP; Pengendalian Internal; Buku Panduan.

Full Text:

PDF

References


Agoes. Sokrisno. (2019). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Publik Oleh kantor Akuntan Publik. Cetakan 4. Jakarta Salemba Empat.

Akbar, Usman. (2006). Metode Penelitian Sosial. Jakarta. Bumi Aksara.

Britania. Christy, Senadi & I Yoman. Alit, Triani. (2023). Keefektifan Penerapan Audit Internal Pada Organisasi Nirlaba Gereja GPZ. Jurnal Akuntansi Unesa.

Cresswell, J.W. (2013). Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Approaches. 4th edition. SAGE Publication Inc., London.

Fetra, Tumanggor. (2017). KPK Tantang Gereja Audit Keuangan. Retrieved from https://www.tagar.id/kpk-tantang-gereja-audit-keuangan.

Huria Kristen Batak Protestan. (2022). Almanak HKBP, Pematang Siantar: Percetakan HKBP. Retrieved From http://hkbpresspematangbandar.blogspot.com/2014/10/dekripsi-tugas-dan-tanggung-jawab.html

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). (2017). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No 45: Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba. Jakarta. IAI.

Kaomaneng, I. S., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Audit Internal; Suatu Makna Peran Badan Pembinaan dan Pengawasan Perbendaharaan Gereja (BP3G) GMIH Jemaat Elim Gura Tobelo Kabupaten Halmehara Utara.

Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).

Lovita, E., & Albert, A. (2021). Mengungkap Nilai-nilai Ajaran Gereja Dalam Implementasi Pengendalian Intern. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(01), 39-48. https://doi.org/10.36406/jam.v18i01.376

Maase, Alfian. (2014). Pelaksanaan Fungsi Audit Intern di Organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada GMIM Jemaat Kristus Manado). Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "Goodwill", 5(2). https://doi.org/10.35800/jjs.v5i2.6309

Manik, S., & Maksudi, M. Y. (2020). Penerapan Akuntansi dan Pengendalian Internal Pada Organisasi Keagamaan (studi kasus pada Gereja HKBP Perumnas Klender)/The Implementation of Accounting and Internal Control in Religious Organizations (case study at HKBP Perumnas Klender Church). The Implementation of Accounting and Internal Control in Religious Organizations, 1-15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2772

Maulidah, R. W. (2020). Penerapan Perencanaan dan Pengendalian Internal dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi pada Desa Jagamukti, Desa Citanglar dan Desa Buniwangi). Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 3(1). **

Pedoman Pelaksanaan Audit dan Kode Etik Badan Audit HKBP (2016), Pearaja Tarutung: Percetakan HKBP

Prabowo, W.J.A & Kurniasih, L. (2017). Penerapan Akuntansi, Akuntabilitas dan Pengendalian Internal Gereja Kristen Jawa Wedi. Jurnal Equity. Vool.2, No.2, Hal 22.

Stake, R.E. (2005). Qualitative Case Studies. In N. K. Denzin & Y.S. Lincoln (Eds), The Sage handbook of qualitative research (3rd ed.,pp.443-4660.Sage Publication Ltd.

Yin, R.K. (2015). Qualitative Research from Start to Finish. Guilford Publications.

Wibowo, E. A., & Kristanto, H. (2017). Korupsi dalam Pelayanan Gereja:Analisis Potensi Penyimpangan dan Pengendalian Internal. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 3(2), 105-136.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v7i1.19750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.