Monopoli Pajak (MOJAK) : Media Kreatif Inklusi Pajak Bagi Generasi Muda Sadar Pajak

Resti Sintya Sari, Dewi Pudji Rahayu, Andika Bagus Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang game monopoli pajak berbasis web responsive yang dapat diakses melalui smarthphone dan komputer yang digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan pajak bagi generasi muda dalam upaya mendukung program inklusi kesadaran pajak.  Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa perpajakan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Data sekunder penelitian ini berupa data tentang jenis pajak, tarif pajak, perhitungan pajak, dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptiif. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang dimodikasi menjadi 3D dengan  melalui beberapa tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Web game ini memiliki desain yang menarik dan menyesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian berupa web game monopoli pajak yang dapat dimainkan oleh generasi muda dalam rangka meningkatkan tingkat kesadaran pajak di Indonesia.

Keywords


Monopoli Pajak; Web; Inklusi; Kesadaran Pajak.

References


Alkhatib, A., Hamad, M., & Hermas, M. (2020). The Impact of Tax Ethics and Knowledge on Tax Compliance Among Palestine Wajib Pajak. International Journal of Academic Research in Business and Sosial Sciences, 10(6), 346-352.

Arsandi, S. A., & Ahmad, n. (2022). Kebijakan Inklusi Kesadaran Pajak dan Strategi Komunikasi DJP: Studi Kasus Program Pajak Bertutur. Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 5(1), 18-32.

Artawan, I. G. (2020). The Effect of Service Quality to Build Taxpayer Trust and Satisfaction on Increasing Taxpayer Compliance in Gianyar Regency. International of Journal Contemporary Research and Review, 11(09), 21868 - 21883.

Bern, A., Luis, G. P., Duarte, M. D., & Dodero, J. M. (2016). Motivation, Students needs and Learning Outcames : A Hybrid Game-Based App For Enchanced Language Learning. SpringerPlus, 5, 1305.

Buchory, H. A., Homan, H. S., & Willy, S. (2022). Effectiveness of Monopoly Accounting Game Media In Accounting Motivation and Learning Outcomes. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 14(1), 11-20.

Darmayasa, I., Wibawa, B. P., & Ketut, n. (2020). E-Filling dan Relawan Pajak dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(2), 208-227.

Diamastuti, E. (2016). Ke (Tidak) Patuhan Wajib Pajak : Potret Self Assesment System. Ekuitas : Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 20(3), 280-304.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149-166.

Hamid, N. A., Ismail, I. S., Yunus, N., Jali, M. N., & Rosly, A. S. (2022). Taxpayer Perceptions of Tax Awareness, Tax Education, and Tax Complexity Among Small ang Medium Enterprises In Malaysia: A Quadrant Analysis Approach. Universal Journal of Accounting and Finance, 10(1), 231-242.

Hasanah, U., & Nurfala, E. (2020). Uji Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 384-387.

Jaya, I. L. (2019). Realita Kesadaran Pajak di Kalangan Generasi Muda (Mahasiswa) Yogyakarta dan Surabaya. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 161-183.

Kwok, B. Y., & Yip, R. W. (2018). Is Tax Education Good or Evil for Boosting Tax Compliance? Evidence from Hong Kong. Asian Economic Journal, 32(4), 359-386.

Lestari, K. I., Dewi, n. K., & Hasanah, n. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDn 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275-282.

Mei, M., & Firmansyah, A. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak dari Sudut Pandang Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak: Pemoderasi Preferensi Resiko. E-Jurnal Akuntansi, 32(11), 3272.

Nurfitriana, M. A. (2019). Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis CAI Sebagai Media Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jabatan, Tugas, dan Uraian Pekerjaan Kelas X MP 1 SMKn 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 51-58.

Peranti, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41-48.

Perdana, E. S., & Dwirandra, A. A. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1458.

Suciati, S., Septiana, I., Fita, M., & Untari, A. (2016). Efektivitas Media Monopoli Berbahasa (Monosa) dalam Pembelajaran Tematik Integratif di SD Kelas IV. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 130-144.

Sutrisno, & Setyowati, M. (2017). Tax Education Program For Teachers In High School to Enchance Voluntary Tax Compliance. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2017 (November Specal Issue IETC), 662-670.

Wahyuningrum, R. (2021). The Use of Monopoly Learning Media in Increasing and Learning Motivation of Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHes): Conference Series, 4(5), 190-196.

Zelmiyanti, R. (2021). Kepercayaan Publik, nilai Religiusitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Applied Managerial Accounting, 5(1), 114-123.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v7i1.20108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.