Monopoli Pajak (MOJAK) : Media Kreatif Inklusi Pajak Bagi Generasi Muda Sadar Pajak
DOI:
https://doi.org/10.18196/jati.v7i1.20108Keywords:
Monopoli Pajak, Web, Inklusi, Kesadaran Pajak.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang game monopoli pajak berbasis web responsive yang dapat diakses melalui smarthphone dan komputer yang digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan pajak bagi generasi muda dalam upaya mendukung program inklusi kesadaran pajak. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa perpajakan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Data sekunder penelitian ini berupa data tentang jenis pajak, tarif pajak, perhitungan pajak, dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptiif. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang dimodikasi menjadi 3D dengan melalui beberapa tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Web game ini memiliki desain yang menarik dan menyesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian berupa web game monopoli pajak yang dapat dimainkan oleh generasi muda dalam rangka meningkatkan tingkat kesadaran pajak di Indonesia.References
Alkhatib, A., Hamad, M., & Hermas, M. (2020). The Impact of Tax Ethics and Knowledge on Tax Compliance Among Palestine Wajib Pajak. International Journal of Academic Research in Business and Sosial Sciences, 10(6), 346-352.
Arsandi, S. A., & Ahmad, n. (2022). Kebijakan Inklusi Kesadaran Pajak dan Strategi Komunikasi DJP: Studi Kasus Program Pajak Bertutur. Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 5(1), 18-32.
Artawan, I. G. (2020). The Effect of Service Quality to Build Taxpayer Trust and Satisfaction on Increasing Taxpayer Compliance in Gianyar Regency. International of Journal Contemporary Research and Review, 11(09), 21868 - 21883.
Bern, A., Luis, G. P., Duarte, M. D., & Dodero, J. M. (2016). Motivation, Students needs and Learning Outcames : A Hybrid Game-Based App For Enchanced Language Learning. SpringerPlus, 5, 1305.
Buchory, H. A., Homan, H. S., & Willy, S. (2022). Effectiveness of Monopoly Accounting Game Media In Accounting Motivation and Learning Outcomes. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 14(1), 11-20.
Darmayasa, I., Wibawa, B. P., & Ketut, n. (2020). E-Filling dan Relawan Pajak dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(2), 208-227.
Diamastuti, E. (2016). Ke (Tidak) Patuhan Wajib Pajak : Potret Self Assesment System. Ekuitas : Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 20(3), 280-304.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149-166.
Hamid, N. A., Ismail, I. S., Yunus, N., Jali, M. N., & Rosly, A. S. (2022). Taxpayer Perceptions of Tax Awareness, Tax Education, and Tax Complexity Among Small ang Medium Enterprises In Malaysia: A Quadrant Analysis Approach. Universal Journal of Accounting and Finance, 10(1), 231-242.
Hasanah, U., & Nurfala, E. (2020). Uji Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 384-387.
Jaya, I. L. (2019). Realita Kesadaran Pajak di Kalangan Generasi Muda (Mahasiswa) Yogyakarta dan Surabaya. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 161-183.
Kwok, B. Y., & Yip, R. W. (2018). Is Tax Education Good or Evil for Boosting Tax Compliance? Evidence from Hong Kong. Asian Economic Journal, 32(4), 359-386.
Lestari, K. I., Dewi, n. K., & Hasanah, n. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDn 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275-282.
Mei, M., & Firmansyah, A. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak dari Sudut Pandang Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak: Pemoderasi Preferensi Resiko. E-Jurnal Akuntansi, 32(11), 3272.
Nurfitriana, M. A. (2019). Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis CAI Sebagai Media Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jabatan, Tugas, dan Uraian Pekerjaan Kelas X MP 1 SMKn 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 51-58.
Peranti, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mofin (Monopoli Fisika Sains) Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41-48.
Perdana, E. S., & Dwirandra, A. A. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 30(6), 1458.
Suciati, S., Septiana, I., Fita, M., & Untari, A. (2016). Efektivitas Media Monopoli Berbahasa (Monosa) dalam Pembelajaran Tematik Integratif di SD Kelas IV. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 130-144.
Sutrisno, & Setyowati, M. (2017). Tax Education Program For Teachers In High School to Enchance Voluntary Tax Compliance. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2017 (November Specal Issue IETC), 662-670.
Wahyuningrum, R. (2021). The Use of Monopoly Learning Media in Increasing and Learning Motivation of Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHes): Conference Series, 4(5), 190-196.
Zelmiyanti, R. (2021). Kepercayaan Publik, nilai Religiusitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Applied Managerial Accounting, 5(1), 114-123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright Agreement and License
In order to be accepted and published by Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints). Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia maintain the publishing rights to the published articles. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia. Author are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia with an acknowledgment of initial publication to this journal
License
All articles published in Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC).