Financial Risk, Good Corporate Governance dan Praktik Perataan Laba di Indonesia

Marfuah Marfuah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh risiko keuangan dan good corporate governance terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Good corporate governance diproksi-kan dengan dewan komisi independen, komite audit, kualitas audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional. Berdasarkan analisis regresi logistik dari 52 perusahaan yang melakukan perataan laba dan 84 perusahaan yang tidak melakukan perataan laba selama tahun 2010 hingga 2013, ditemukan bahwa ada pengaruh negatif yang signifikan antara risiko keuangan (RISK), kepemilikan mana-jerial (MOWN), dan kepemilikan institusional (INST) terhadap perataan laba di Indonesia. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi risiko keuangan, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional, maka semakin baik mekanisme monitoring dalam suatu pe-rusahaan. Dengan demikian, akan mengurangi perataan laba yang dilakukan oleh manajemen.


Keywords


perataan laba; resiko keuangan; good corporate governance; kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional

Full Text:

PDF

References


Abiprayu, Kris Brantas. 2011. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial leverage, Kualitas Audit, dan Dividend payout ratio TerhadapPerataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufakturyang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Aji, Dhamar Yudho dan Aria Farah Mita. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan terhadap Praktek Perataan Laba: Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Amanza, Arya Hagaganta. 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba (Income smoothing) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2010). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Anggraeni, Riske Meitha. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Anindia, Elbri Yuniesty. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tindakan Perataan Laba Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Budiasih, Igan. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.4, No.1.

Dewi, Kartika Shintia. 2012. Analisis Pengaruh ROA, NPM, DER, dan Size Terhadap Perataan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Skripsi. Semarang: Universtitas Diponegoro.

Gayatri, Ida Ayu dan Made Gede Wirakusuma. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Universitas Udayana. Bali

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate governance Sebagai Variabel Moderating dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Mambraku, Milka Erika dan P. Basuki Hadiprajitno. 2014. Pengaruh Cash Holding dan Struktur Kepemilikan Manajerial Terhadap Income smoothing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 3, No. 2 :1-9.

Marpaung, Catherine Octorina dan Ni Made Yeni Latrini. 2014. Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Kualitas Audit dan Kepemilikan Manajerial pada Perataan Laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.2 (2014): 279-289.

Mitani, Hidetaka. 2010. Additional Evidence on Earnings Managemen and Corporate Governance. Financial Research and Training Center Financial Services Agency Government of Japan. Financial Research and Training Center Discussion Paper Series.

Ningsaptiti, Restie. 2010. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2008). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Noviana, Sindi Retno dan Etna Nur Afri Yuyetta. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Periode 2006-2010). Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol. 8, No.1: 69-82.

Noviawan, Ridho Alief dan Aditya Septiani. 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Keuangan. Diponegoro Journal Of Accounting Vol. 2, No. 3.

Nurmalita, Karina Deavika. 2011. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Penerapan Good Corporate governance Terhadap Tindakan Perataan Laba yang Dilakukan 0leh Perusahaan Asuransi (Studi Empiris Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2010). Jurnal Universitas Dian Nuswantoro.

Ni Luh Putu Arik Prabayanti dan Gerianta Wirawan Yasa. 2011. Perataan Laba (Income Smoothing) dan Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol.1.

Praditia, Okta Rezika. 2010. Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate governance Terhadap Manajemen Laba dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2005-2008. Jurnal Akuntansi dan Auditing, Volume 7, No. 1: 47-63.

Prayudi, Dimas dan Rochmawati Daud. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan dan Struktur Kepemilikan Terhadap Perataan Laba (Income smoothing) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2008-2011. JURNAL JEMASI, Vol. 9, No. 2:118-134.

Purwanto, Agus. 2009. Kerakteristik Perusahaan, Corporate governance, Keputusan Keuangan, Perataan Laba dan Nilai Perusahaan. Jurnal Maksi, Vol.9, No.2.

Rofika dan Zirman. 2012. Reaksi Pasar Terhadap Tindakan Perataan Laba dengan Mekanisme Good Corporate governance sebagai Variabel Moderasi (Studi Peristiwa Pengumumam Laba Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Vol. 1, No. 1, Oktober 2012 : 38-52

Sulistyawati. 2013. Pengaruh Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Reputasi Auditor Terhadap Perataan Laba. Accounting Analysis Journal, Vol. 2 , No.2.

Suryani, Indra Dewi. 2010. Pengaruh Mekanisme Corporate governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap manajemen Laba Pada Perusahan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tampubolon, Mayasari. 2012. Pengaruh Leverage. Free Cash Flow, dan Good Corporate governance Terhadap Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi. Jakarta: Universitas Gunadharma.

Ujiyantho, Arief Muh dan Bambang Agus Pramuka. 2007. Mekanisme Corporate governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi X.

Wardhani, Ratna. 2008. Tingkat Konservatisme Akuntansi di Indonesia dan Hubungannya dengan Karakteristik Dewan sebagai Salah Satu Mekanisme Corporate Governance. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak. 23-24 Juli.

Widhianningrum, Purweni. Perataan Laba dan Variabel-Variabel yang Mempengaruhinya (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ). Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol. 1, No. 1.

Wijaya, Mulyawati. 2009. Analisis Perataan Laba pada Industri Real Estate dan Properti yang Bereputasi Baik di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Kontemporer, Vol.1, No.2 : 185-207.

Wulandari, Rahmita. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Semarang. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Zen, Sri Daryanti dan Merry Herman. 2007. Pengaruh Harga Saham, Umur Perusahaan dan Rasio Profitabilitas terhadap Tindakan Perataan Laba yang Dilakukan oleh Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen,Vol. 2, No. 2: 57-71.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.020114

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia



Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

Office:

Redaksi Jati UMY, Gedung D, Jln. Brawijaya (Lingkar Selatan),
Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, D. I. Yogyakarta

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 818 0431 3217 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.