Six Sigma Sebagai Strategi Bisnis Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk
DOI:
https://doi.org/10.18196/jati.030121Keywords:
Six Sigma, Manajemen Kualitas, Pengendalian Kualitas.Abstract
Suatu perusahaan harus memiliki strategi yang tepat agar mampu bertahan dan bersaing dengan para competitor yang ada baik dalam negeri maupun luar negeri. Maka salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk menggunakan six sigma. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi,dokumentasi, dan wawancara. Analisis data melalui metodologi DMAIC (Define, Measure, Analyze,Improve, Control). Dalam penelitian ini diketahui bahwa perusahaan yang menjadi objek penelitian tersebut sangat tidak kompetitif karena berada pada level sigma 2.7 dengan nilai DPMO sebesar 106.416,66. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses produksi yang dilakukan masih banyak produk yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Ada beberapa usulan perbaikan serta pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengendalian hasil (result control), pengendalian tindakan (action control), pengendalian personel (personel control) dan pengendalian budaya (culture control).
References
Alfian huda, sri widiyanesti. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengelasan ( Welding ) Dengan Pendekatan Six Sigma Pada Proyek Pt. Xyz. (2016), 1–12.
Antony, J., Gijo, E. V., Kumar, V., & Ghadge, A. (2016). A multiple case study analysis of Six Sigma practices in Indian manufacturing companies. International Journal of Quality and Reliability Management, 33(8), 1138–1149. https://doi.org/10.1108/IJQRM-10-2014-0157
Damayanti, A. R. (2017). Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.
F. Hutami, R. R., & Yunitasari, C. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Pada Perusahaan Percetakan Pt. Okantara. Kinerja, 20(1), 81. https://doi.org/10.24002/kinerja.v20i1.699
Gaspersz, V. (2011). Total Quality Management Untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Bogor: Vinchristo Publication.
Jirasukprasert, P., Garza-Reyes, J. A., Kumar, V., & Lim, M. K. (2015). A six sigma and dmaic application for the reduction of defects in a rubber gloves manufacturing process. International Journal of Lean Six Sigma, 5(1), 2–22. https://doi.org/10.1108/IJLSS-03-2013-0020
Kontan.co.id. (2019). Tantangan bagi industri garmen dan tekstil di tahun 2019.
Mijajlevski, A. (2013). the Six Sigma Dmaic Methodology in Logistics. (November), 227–232. Retrieved from http://logic.sf.bg.ac.rs/wp-content/uploads/Papers/ID-41.pdf
Nakhai, B., & Neves, J. S. (2009). The challenges of six sigma in improving service quality. International Journal of Quality and Reliability Management, 26(7), 663–684. https://doi.org/10.1108/02656710910975741
Safrizal, & Muhajir. (2016). Jurnal Manajemen Dan KeuanganPengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 5(2), h 1-12.
Sirine, H., Kurniawati, E. P., Pengajar, S., Ekonomika, F., Bisnis, D., & Salatiga, U. (2017). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship,02(03),2477–3824.Retrievedfrom http://www.dirasfurniture.com
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiatmoko, D. A., & Segoro, W. (2015). Aplikasi 6 Sigma Dalam Menurunkan Malfunction Defect Di Pengetesan Elektrikal (Ac Transient Test) Pada Tahapan Pengembangan Produk Blu-Ray Disc Player (Studi Kasus Di Perusahaan Manufaktur Elektronik). V(3), 400–417.
Wulandari, I. (2018). Penerapan Metode Pengendalian Kualitas Six Sigma Pada Heyjacker Company. 4988, 222–241.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Agreement and License
In order to be accepted and published by Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints). Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia maintain the publishing rights to the published articles. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia. Author are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia with an acknowledgment of initial publication to this journal
License
All articles published in Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC).