Perspektif Aset Ekonomi Berbasis Keumatan Pada Amal Usaha Muhammadiyah Klinik Kesehatan

Diyah Probowulan, Nina Martiana

Abstract


Upaya amal usaha Muhammadiyah sebagai komunitas yang didasarkan pada aset ekonomi memiliki sejumlah besar aset yang berorientasi nirlaba. Ini tentu akan sangat berbeda dalam perspektif aset ekonomi jika dilihat dari bidang akuntansi karena upaya amal usaha Muhammadiyah didasarkan pada publisitas, ini sangat menarik untuk dikaji karena masih kurangnya penelitian berbasis publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perspektif makna aset ekonomi amal usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode fenomenologis interpretif untuk menginterpretasikan aset ekonomi amal usaha berbasis keumatan. Perspektif aset ekonomi dikonfirmasi oleh nilai permaknaan yang dipromosikan oleh pendiri Muhammadiyah yaitu Kyai Haji Ahmad Dahlan, antara lain ta'awun, tawashi ', dan fastabikhul khoirot. Kemudian makna aset ekonomi diinternalisasi dalam semua upaya amal melalui beberapa tahap secara bersamaan. Ketika internalisasi aset ekonomi berhasil, kinerja upaya amal akan terus meningkat dan tidak menyebabkan konflik ideologis mendasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amal adalah aset ekonomi berbasis masyarakat dan sumber daya manusia sebagai pendorong ekonomi rakyat, tentu saja sebagai sarana propaganda, sarana meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, dan sebagai aset organisasi. Intinya, upaya amal klinik Ranap Ambulu, Klinik Asyifa Wuluhan, Klinik Ar Rahman Bangsalsari dan dr. Suherman Sumbersari di Kabupaten Jember adalah sarana untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dan juga aset organisasi Muhammadiyah di Kabupaten Jember.


Keywords


Amal Usaha; Aset Ekonomi; Berbasis Keumatan.

Full Text:

PDF

References


Adian, D. G (2010), Pengantar Fenomenologi. Penerbit Koekoesan. Jakarta.

Burrell, G., dan G. Morgan (1979), Sociological Paradigma and Organizational Analaysis. Elements of the sociology of corporate. Doing Field Research: Pratice and Meta-theory in Conterpoint, Jurnal of Management and Accounting Research.

Groenewald, T (2004), A Phenomenological Research Design Illustrated. International Journal of Qualitative Methods, 3 (1) Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Kuswarno, E. (2009), Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Widya Padjajaran. Bandung.

Mamulati, I. (2016), “Amal Usaha” Sebagai Aset Ekonomi Berbasis Keumatan.Syariah Paper Accounting FEB UMS. Surakarta.

Moleong, L.J. (2006), Metode Penelitian Kualitatif. ROSDA. Bandung.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2015). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah. Surya Sarana Grafika. Yogyakarta.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. JAr Ruzz Media. Yogyakarta.

Qardhawi, Y. (2001), Norma dan etika ekonomi Islam. Gema Insani Press. Jakarta.

Rahmanti, V. N. (2012), Sebuah Kajian Mengapa Akuntansi Syariah Masih Sulit Tumbuh Subur di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Investasi,13 (2), 161-179.

Smith, J.A. (Ed.). (2009), Psikologi kualitatif: Panduan praktis metode riset. Terjemahan dari Qualitative Psychology A Practical Guide to Research Method. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sukuharsono, E.G. (2006), Alternatif Riset Kualitatif Sains Akuntansi: Biografi, Phenomenologi, Grounded Teory, Etrnografis Kritis, dan Studi Kasus. Analisis Makro dan Mikro: Jembatan Kebijakan Ekonomi Indonesia. 6 (2), 230-245.

Suwardjono (2006), Teori Akuntansi Perakayasaan Laporan Keuangan. BPFE. Yogyakarta.

Widati, S., I. Triyuwono dan E. G. Sukoharsono (2011), Wujud, Makna dan Akuntabilitas “Amal Usaha” sebagai Aset Ekonomi Organisasi Regius Feniminis. Jurnal Akuntansi Multipadigma, 2 (3): 540-369.




DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v4i1.9178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is indexed by :

 

Office:

Editorial of Jati UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp: (0274) 387656
Fax: (0274) 387646
WA: +62 858-3939-7548 (Puspita Dewi)
Email: jati@umy.ac.id

Based on a work at https://journal.umy.ac.id/index.php/jati/index

Creative Commons License
Jati : Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.