Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka di Provinsi Lampung (Periode 2009-2015)

Aisyah Sisnita, Nano Prawoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Jumlah Penduduk, Upah Minimum Regional, dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap Pengangguran di Provinsi Lampung. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penyebab dari pengangguran yang ada di Provinsi Lampung dengan mengambil data 12 kabupaten dan 2 kota dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2015. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 14 kabupaten dan kota, yang diperoleh dari berbagai instansi seperti BPS dan sumber  yang berhubungan dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dengan menggunakan metode data panel. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa, Jumlah Penduduk dan Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh secara signifikan terhadap pengangguran terbuka di Provinsi Lampung. Sedangkan Upah minimum tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran terbuka di Provinsi Lampung.

Keywords


Jumlah Penduduk; Upah Minimum; Indeks Pembangunan Manusia; Pengangguran

Full Text:

PDF

References


Albarqi, D. (2016). Kajian Empiris tentang Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur (studi pada 8 kabupaten/kota di Jawa Timur). (Skripsi). Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Amin, B.M. (2016). Pengaruh Upah Minimum, Pertumbuhan Ekonomi, dan Inflasi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur tahun 2005-2013. (Skripsi). Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Basuki, A. T. (2015). Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Danisa Media.

BPS. Indeks pembangunan manusia lampung 2012

BPS. Lampung dalam angka 2015

Fatihin, N. K. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk dan Pendidikan terhadap Pengangguran Terbuka di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Gilarso, T. (2004). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro . Yogyakarta: Kanisius.

Insukindro, M. R. (2001). Modul Ekonometrika Dasar dan Penyusunan Indikator Unggulan Ekonomi. Yogyakarta: UGM.

Mankiw, G. N. (2006). Makroekonomi Edisi Keenam . Jakarta: Erlangga.

Prayogo, S.H. 2016. Analisis Pengaruh Upah Minimum Kabupaten/Kota dan Produk Domestik Bruto Terhadap Pengangguran Terbuka (studi kasus: kabupaten/kota di provinsi jawa tengah 2002-2013). (Skripsi). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Ramiayu, D.D. 2016. Analisis Pengaruh Rata-rata Sekolah, Upah Minimum, dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Jawa Timur. (Skripsi). Malang : Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya.

Suciati, A,S. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Subri, M. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sukirno, S. (1985). Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta: FE UI.

Sukirno, S. (1994). Pengantar Teori Ekonomi . Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sumarsono, S. (2009). Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumodiningrat, G. (1998). Ekonometrika Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Suparmoko, M. (1992). Ekonomi Pembangunan Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Syam, S., & Wahab, A. (2015). Pengaruh Upah Penduduk terhadap Tingkat Pengangguran di Kota Makasar, Jurnal Ekonomi, Volume 1 Nomor 1, Juni, 35-54.

Widarjo, A. (2007). Ekonometrika teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis Edisi Kedua Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Ekonesia UII.

Wijaya, M.R.R. (2014). Pengaruh Upah Minimum , PDRB dan Populasi Penduduk terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka (studi kasus gerbang kertasusila tahun 2007-2012). (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Yolanda, S. (2016). Formulasi Kebijakan dan Penetapan Upah Minimum Provinsi Lampung (studi analisis tentang proses, kepentingan dan aktor-aktor yang terlibat dalam kebijakan dan pengupahan di Provinsi Lampung tahun 2015). (Skripsi). Lampung : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

http://www.biaya.net/2015/12/umk-lampung-2016.html

http://disnakertrans.lampungprov.go.id/




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v1i1.9057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.