Analisis Penciptaan Green Jobs (Pekerjaan Hijau) di Indonesia Menggunakan Model Skenario Investasi Hijau

Rafika Dewi, Ahmad Maruf

Abstract


Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kekayaan sumber daya dan tidak terlepas dari berbagai masalah, seperti masalah pada lingkungan, sosial, dan ekonomi. Hal ini karena dampak pada perubahan iklim di bumi, perubahan pola konsumsi sumber daya, dan ledakan jumlah penduduk. Adanya ekonomi hijau yang mempunyai konsep untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,  dapat menekan risiko kerusakan ekologi dalam bentuk pembangunan ekonomi yang berkeadilan. Namun pada kenyataannya, agenda pembangunan Indonesia selama ini masih cenderung berfokus pada investasi dalam sektor primer dan sektor sekunder. Dimana kedua sektor ini memiliki target tunggal yang sama, yaitu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Tetapi pada dasarnya target tunggal ini belum dapat memberikan perhatian pada sumber daya fiskal seperti sektor tersier, keadilan sosial, dan kesehatan lingkungan. Untuk itu dalam penelitian ini penulis mencoba melakukan penelitian terkait dengan permasalahan diatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai penciptaan green jobs di Indonesia dengan menggunakan model skenario investasi hijau. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, seperti data mengenai biaya rata-rata pekerjaan di sektor energi, pertanian, dan kehutanan yang didapat dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya investasi hijau sebesar 2% mampu menghasilkan penciptaan green jobs sebanyak 4.691 green jobs di sektor energi, 1.891.296 green jobs di sector pertanian, dan 2.313.479 green jobs di sektor kehutanan, yang tersebar di semua jenis green jobs, serta dengan adanya penciptaan green jobs di Indonesia ternyata mampu menjadi solusi bagi dua permasalahan sekaligus, yakni masalah ketenagakerjaan dan masalah lingkungan.

Keywords


Investasi Hijau; Pekerjaan Hijau; Penciptaan Lapangan Pekerjaan

Full Text:

PDF

References


Afiff, F. (2012). Rangkaian Kolom Kluster I, Ekonomi Hijau. Jakarta: Binus University.

Agustina Arida, Z. d. (2015). Analisis Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja Pada Sektor Pertanian di Provinsi Aceh. Argrisep , Vol (16) No. 1.

Andrew Jarvis, A. V. (2011). Assessing Green Jobs Potential in Developing Countries: a Practitioner's Guide. Genewa: International Lbour Organization.

Annisa Nisfihani, A. W. (2013). Pengaruh Upah dan Output Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Sektor Pertambangan Kabupaten Kutai Kertanegara. Ekonomi .

Badan Pusat Statistik . (2016). Laporan Perekonomian Indonesia 2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik .

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2015). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia, Febuari 2015. Juni: BPS-Statistics Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2016). Perekonomian Indonesia. Dalam B. P. Statistik, Laporan Perekonomian Indonesia 2016. Jakarta: Tim Badan Pusat Statistik.

Barbier, E.B. 1993. Economics and Ecology: New Frontiers and Sustainable Development. Chapman & Hall, London.

Davide Consoli, Giovanni Marin, Alberto Marzucchi, and Francesco Vona, 2015-16 (May), Do green jobs differ from non-green jobs in terms of skills and human capital, University of Sussex, Brighton (UK).

Department Geografi FMIPA UI. Ekonomi dan Lingkungan Hidup. Department Geografi FMIPA UI.

Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), Peluang Dan Kebijakan Pengurangan Emisi, Laporan Teknis, Mei 2009

Djojonegoro,W., 1992, Pengembangan dan penerapan energi baru dan terbarukan, Lokakarya "Bio Mature Unit" (BMU) untuk pengembangan masyarakat pedesaan, BPPT, Jakarta.

Elinur, Dkk., Perkembangan Konsumsi Dan Penyediaan Energi Dalam Perekonomian Indonesia, Indonesian Journal Of Agricultural Economics (IJAE), Volume 2, Nomor 1, Desember 2010

Fauzi. (2004). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Greenpeace International (2009). Energi Sector Jobs to 2030: A Global Analysis.

Gunawan, J., and Fraser, K., 2012, Green Jobs in Indonesia: Potentials and Prospects for National Strategy, Friedrich Ebert Stiftung.

Harsdorff, R. S. (2014). Green Jobs Assessment Mauritius. Geneva, Switzerland: International Labour Organization.

Hidayatullah, M. S. (2011). Green Jobs, Peluang dan Tantangan: Pelestarian Lingkungan Tidak Selalu Harus NONPROFIT. Yogyakarta: Koran Bisnis Indonesia.

International Energy Agency IEA (2011). World Energy Outlook 2011. Paris International Labour Organization. (t.thn.). Lembar Fakta tentang Pekerjaan yang Layak dan Ramah Lingkungan (Green Jobs) di Indonesia.

International Labour Organization. (2013). Green Jobs Mapping Study in Indonesia. Indonesia Country Office Regional Asia and the Pacific.

Jaya, A. (2004). Konsep Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development). Bogor: Institute Pertanian Bogor.

Joko Santoso Dkk, Analisis Prakiraan Kebutuhan Energi Nasional Jangka Panjang Di Indonesia, Laporan Penelitian, Tahun 2010

John Situmeang, P. (t.thn.). Economic, Social, and Environmental Policies as Drivers of Green Jobs.

Kamdani, S. W. (2015). Sustainable Developing Through Green Economy and Green Jobs. Jakarta: APINDO.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2015). Dalam PUSDATIN, Informasi Statistik Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2015. Jakarta: Sekertariat Jendral Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) Republik Indonesia. 2014. I-GEM: Mengukur Transisi Indonesia Menuju Ekonomi Hijau. Jakarta: LECB Indonesia Policy Note.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2012). Dalam Langkah Menuju Ekonomi Hijau, Sintesa dan Memulainya. Jakarta: Deputi Bidang SDA dan LH.

Khan, Z. R., Midega, C. A. O., Amudavi, D. M., Njuguna, E. M, Wanyama, J. W., and Pickett, J. A. (2008). Economic Performance of the ‘Push-Pull’ Technology for Stemborer and Striga Control in Smallholder Farming Systems in Western Kenya. Crop Protection 27: 1084-1097.

Kurniawan, A. (2015, Agustus 03). National Geographic Indonesia. Dipetik Desember 03, 2016, dari National Geographic: http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/08/di-2015-suhu-bumi-meningkat-1-26-derajat, diakses pada Kamis, 08 Desember 2016, pukul 06.34 WIB

M.FaniCahyandito, Pembangunan Berkelanjutan, Ekonomi dan Ekologi, Sustainability Communication Dan Sustainability Reporting

Millenium Institute. (2012). Green Jobs for a Revitalized Food and Agriculture Sector. Washington DC: Natural Resources Management and Environment Department Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Millennium Institute. (2012). ITUC Green Jobs Assessments Research Project-Methodology Overview. Wahington DC: International Trade Union Confederation.

Murniningtyas, Endah., 2012, “Langkah Menuju Ekonomi Hijau Sintesa dan Memulainya”, Jakarta, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Nano Prawoto, e. a. (2014). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi dan Publikasi Karya Ilmiah. Yogyakarta: UPFE UMY.

Nurlinda, I. (t.thn.). Konsep Ekonomi Hijau (GREEN ECONOMY) DALAM PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN.

OECD/Martinez-Fernandez. C, Hinojosa C, Miranda G, 2010, “Green Jobs And Skills: The Local Labour Market Implications Of Addressing Climate Change”, working document, CFE/LEED, OECD.

OutlookEnergi Di Indonesia Tahun 2012, BPPT, Tahun 2012.

Paskal Kleden and Philipp Kauppert, 2013, “An Assessment in Supporting Green Jobs in Indonesia”, Friedrich Ebert Stiftung, Jakarta.

Peran Sektor Informal Sebagai Katup Pengaman Masalah Ketenagakerjaan. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/40773/4/Chapter%20II.pdf. Di akses tanggal 18 Oktober 2016 pk 14. 59 WIB.

Perbaikan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup, http://www.bappenas.go.id/files/6413/5230/1575/ bab-32-perbaikan-pengelolaan-sumberdaya-alam-dan-pelestarian-fungsi -lingkungan-hidup.pdf. Di akses tanggal 15 Oktober 2016 pk 12:12 WIB.

Pretty, J. N., A. D. Noble, D. Bossio, J. Dixon, R. E. Hine, F. W. T. Penning de Vries, and J. I. L. Moriso. Resource-Conserving Agriculture Increases Yields in Developing Countries. Environmental Science and Technology, Vol. 40, No. 4, 2006.

Prof. Dr. Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-22, ALVABETA, Bandung.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2015). Statistik Kementerian Kehutanan Hidup dan Kehutanan Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Putra, R. E. (2012). Pengaruh Nilai Investasi, Nilai Upah, dan Nilai Produksi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Mebel di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal .

Regina Galhardi, C. J. (2013). Evaluation of The Potential of Green Jobs in Mexico. Genewa, Switzerland: International Labour Organization.

Setiawan, S. A. (2010). Pengaruh Umur, Pendidikan, Pendapatan, Pengalaman Kerja, dan Jenis Kelamain Terhadap Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kota Magelang. Skripsi .

Saputri, Oktaviani Dwi., 2011, Analisis Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Salatiga, Skripsi, Universitas Diponogoro Semarang.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid dan R&D, Cetakan ke-22, ALVABETA, Bandung.

Sukirno, S. (1997). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Edisi 2 Raja Grafindo.

Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Suparmoko, M. (2015). Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Tim Badan Pusat Statistik Indonesia, 2015, “Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia”, Jakarta, Badan Pusat Statistik (BPS).

Wei M., S. Patadia. and M. Kammen (2010). Putting Renewables and Energy Efficiency to Work: How Many Jobs Can the Clean Energy Industry Generate in the US? Energy Policy 38 (2010) 919-391.

Wibawa,U., 1996, Effahrung mit dem Betneb Kleinwindhybrid Eanlage in Ciparanti-Ciamis, ARTES-lnstitu, Flensburg

Widdyantoro, A. (2013). Pengaruh PDB, Investasi, dan Jumlah Unit Usaha Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Periode 2000-2011. Skripsi .

UNEP/ILO/IOE/ITUC. (2008). Green Jobs: Towards decent work in a sustainable, low-carbon world. Washington DC: Worldwatch Institute.




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v1i1.9059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.