Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin oleh Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta

Cut Miranda Pusra, Ahmad Maruf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pemberdayaan, hal yang menjadi pendukung dan kendala dalam pemberdayaan serta mengetahui hasil dari kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota dampingan MPM PP Muhammadiyah yaitu kelompok Becak, Asongan, Industri Mikro Kecil (IKM), dan Guyub Makmur. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 76 responden. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa bentuk pemberdayaan yang dilakukan pada masyarakat miskin seperti: pendampingan keagamaan dan kesehatan, pelatihan, penguatan kelompok, sosialisasi, pemberian fasilitas dan pemberian alat-alat bantuan. Hal yang menjadi pendukung dalam pemberdayaan yaitu Jaringan MPM, semangat para fasilitator pendamping, relasi MPM serta dukungan dari lembaga Muhammadiyah lainnya. Adapun kendala yang dialami seperti kebiasaan anggota yang belum terlepas dari tengkulak, masih ada kelompok yang kurang memiliki kesadaran dalam berorganisasi dan sumber dana besar dalam melakukan program. Hasil dari kegiatan pemberdayaan yaitu perubahan pada aspek pengetahuan dan sikap dapat dikatakan baik sedangkan perubahan pada aspek keterampilan dapat dikatakan cukup.

Keywords


Evaluasi; Pemberdayaan; Kemiskinan; Deskriptif Kuantitatif; Deskriptif Kualitatif

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik 70th Indonesia Merdeka, Badan Pusat Statistik, Jakarta-Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2015). Berita Resmi Statistik, Badan Pusat Statistik Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta

Febriansyah, M. R., Budiman, A., Passandre, Y. R., Nashiruddin, M. A., Widiyastuti, & Nasri, I. (2013). Muhammadiyah 100 Tahun Menyinari Negeri, Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Gunamantha, I. M. & Susila, G.P.J. (2015). Analisis Dampak Program Pengembangan Kecamatan Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 523- 533.

Hamdani, H., & Wulandari, K. (2013). Faktor Penyebab Kemiskinan Nelayan Tradisional. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Marmujiono, S.P. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Strategi Pengentasan Kemiskinan di Kab. Brebes Tahun 2009-2011. Jurnal Analisis Ekonomi Pembangunan, 3(1), 160-172.

Muspita, N. C., Hidayat, K., & Yuliati, Y. (2014). Proses dan Dampak Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Habitat, 25(3), 162-172.

RPKD. (2016). Rencana Kerja Pembangunan Daerah- Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta

Sa’yidah, Y., & Arianti. (2012). Analisis Kemiskinan Rumah Tangga Melalui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 1- 11.

Saragih, J. P. (2014). Faktor Penyebab dan Kebijakan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Menghapus Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Studi Pembangunan, 6(2), 139-155.




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v1i1.9060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.