Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Modal Kerja UMKM pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode Juni 2014-November 2016)

Eni Indrawati, Agus Tri Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh NPF, DPK, Inflasi, dan Margin terhadap Pembiayaan Modal Kerja UMKM pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Variabel dependen yang digunakan adalah PMK (Pembiayaan Modal Kerja) dan variabel independen yang digunakan adalah Non Performing Financing (NPF), Dana Pihak Ketiga (DPK), Inflasi, dan Margin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan selama periode 2014:06-2016:11 yang bersumber dari OJK dan BPS. Alat estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Error Correction Model (VECM) menggunakan Eviews 7.2. Hasil estimasi menunjukkan bahwa dalam jangka pendek variabel PMK itu sendiri dan variabel Margin berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan Modal Kerja UMKM pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Sedangkan variabel NPF, DPK, dan Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap PMK. Dalam jangka panjang, hasil estimasi menunjukkan bahwa semua variabel yaitu NPF, DPK, Inflasi dan Margin berpengaruh signifikan terhadap PMK. Hasil estimasi VECM dalam penelitian ini juga menghasilkan analisis IRF (Inpulse Respon Function) dan VDC (Variance Decomposition). Hasil IRF dari penelitian ini menyatakan bahwa NPF, Inflasi, dan Margin memberikan respon negatif terhadap PMK sedangkan DPK memberikan respon yang positif terhadap PMK. Berdasarkan hasil VDC, PMK memberikan kontribusi terbesar terhadap pembentukan PMK itu sendiri.

Keywords


Working Capital Financing; Islamic Banks; Vector Error Correction Model

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. F. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Bank Syariah pada Sektor Pertanian di Indonesia tahun 2009-2015. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. (2017). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Edisi 80.

Badan Pusat Statistik.2016.Tabel Perkembangan UMKM Periode 1997-2013.

Bank Indonesia. (2013). Pengenalan Inflasi.

Bank Indonesia. (2013). Sekilas Perbankan Syariah di Indonesia.

Bank Indonesia. (2006). Kamus Istilah Keuangan dan Perbankan Syariah. Jakarta: Bank Indonesia.

Edinburgh Group. (2012). Growing the Global Economy through SMEs.

Fatmawati, I. (2015). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Pelaku Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Noviana. (2015). Entry Mode Pasar Asing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Indonesia Studi Kasus: UMKM DKI Jakarta. Skripsi. Universitas Bina Nusantara.

Pramono, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode March 2012- Juni 2015). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Saputri, Y. D. (2015). Determinan Penyaluran Kredit Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2000-2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v1i2.9065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.