Apresiasi Masayarakat Muslim Terhadap Perbankan Syariah di Kabupaten Nabire

Vivi Malasari, Imamudin Yuliadi, Hudiyanto Hudiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor label syariah, sosialisasi, produk, riba, lingkungan, dan faktor referensi terhadap apresiasi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah di Kabupaten Nabire. Subyek penelitian ini adalah masyarakat muslim di Distrik Nabire dan Distrik Nabire Barat. Penelitian ini menggunakan data primer dimana teknik pengumpulan data menggunakan metode angket kepada 397 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dan teknik Slovin dengan cara Purposive Sampling. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan softwere SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel label syariah, sosialisasi, produk, riba, lingkungan berpengaruh secara positif signifikan terhadap apresiasi masyarakat muslim. Sedangkan variabel referensi tidak berpengaruh terhadap apresiasi masyarakat muslim. Variabel Label Syariah, Sosialisasi, Produk, Riba dan Lingkungan dan Referensi secara simultan berpengaruh  positif signifikan terhadap apresiasi masyarakat muslim terhadap perbankan syariah sebesar 55,8%, sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Keywords


Apresiasi Masyarakat Muslim; Perbankan Syariah; Regresi Linier Berganda

Full Text:

PDF

References


Agusman, R. (2018). Pengaruh Label Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Medan Sunggal. Skripsi−Universitas Sumatera Utara.

Ananda, P. R. D., Kumadji, S., & Husaini, A. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Studi Pada UMKM yang Terdaftar Sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Jurnal Perpajakan, 6(2), 1-9. Diakses dari http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/perpajakan/article/view/201

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Bewiyanto, A. S. (2014). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah; Studi Kasus Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta. Skripsi−Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Fadillah, M. A. (2016). Pengaruh Pelayanan, Promosi, dan Profit-Loss Sharing Terhadap Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Mandiri. Skripsi−Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Imran, I., & Hendrawan, B. (2018). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal Of Applied Business Administration, 1(2), 209-218. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.621

Lindrianti, S. (2017). Pengaruh Sosialisasi dan Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian di Desa Purworejo. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Maghfiroh, N. L. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menabung; Studi Kasus pada Nasabah BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo. Skripsi−Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Novitasari, H. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Proses Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah; Studi Kasus PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bantul Yogyakarta. Skripsi−Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Riko, P. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah di Bank Syariah: Studi Kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Tanjungpandan. Skripsi−Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Romario. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Customer Menjadi Nasabah Bank Syariah. Skripsi−Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukhmono, B. R. (2011). Pengaruh Label Syariah Pada Lembaga Perbankan Terhadap Jumlah Nasabah BNI Syariah Cabang Jakarta Selatan. Skripsi−Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan-Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Widiastini. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menabung Pada Bank Syariah; Studi Kasus Bank Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi−Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Yuliadi, I. (2001). Ekonomi Islam. Yogyakarta : Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI).

Yusuf, M. Y., & Jalilah. (2016). Persepsi Etnis Tionghoa Dalam Meningkatkan Minat Terhadap Perbankan Syariah di Banda Aceh. Journal-Ekonomi Syariah. 4(2), 195-210. Diakses dari file:///C:/Users/acer%202/Downloads/1944-8634-1-PB.pdf




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.030210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.