Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kunjungan Wisata di Objek Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Yogyakarta

Rizki Lestari, Dyah Setyawati Dewanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan di Wisata Alam Kalibiru. Pengambilan sampel dalm penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling di mana teknik pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan dari pengunjung obyek wisata alam Kalibiru. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan tingkat kunjungan sebagai variabel dependen, sementara terdapat lima variabel sebagai variabel independen, yaitu usia, pendidikan, pendapatan, jarak, dan biaya perjalanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kelima variabel independen dalam persamaan regresi, terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan yaitu jarak dan pendapatan. Sedangkan variabel usia, pendidikan, dan biaya perjalanan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan wisatawan.

Keywords


Tingkat kunjungan; pendapatan; jarak; usia; pendidikan; biaya perjalanan

Full Text:

PDF

References


Akhrom, K, M. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan di Pantai Cahaya, Weleri, Kabupaten Kendal. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Brata., Yolaminda., & Amalius, D. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pendapatan, Pengetahuan Jarak terhadap Kesediaan Membayar Wisatawan pada Objek Wisata Pulau Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. STKIP PGRI. Sumatera Barat.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo. (2018). Kabupaten Kulon Progo dalam Angka Tahun 2018. Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Lakuhati, J, R., Pangemanan, P, A., Pakasi, C, B, D. (2018). Faktor–faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Kawasan Ekowisata di Desa Bahoi Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Agri-SosioEkonomi Unsrat. 14(1), 215 -222. https://doi.org/10.35791/agrsosek.14.1.2018.19268

McIntosh, R. W., Goeldner, C. R., & Ritchie, J. R. B. (1995). Tourism Principles, Practices, Philosophies. New York : John Wiley & Sons.

NESCO Office Jakarta and Regional Bureau for Science in Asia and the Pacific. (2009). Ekowisata: panduan dasar pelaksanaan. Jakarta: Unesco Office.




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.030214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.