Analisis Eksternalitas TPA Jatibarang terhadap Masyarakat di Dusun Bambankerep

Tri Umar Sidiq, Ahmad Maruf

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak positif dan negatif yang diterima oleh masyarakat Dusun Bambankerep sebagai warga yang tinggal di daerah terdekat dengan TPA. Adapun analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, analisis cost of illness, serta replacement cost. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan TPA Jatibarang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar berupa terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat, mengurangi jumlah pengangguran, peningkatan pendapatan masyarakat, terciptanya jenis lapangan usaha baru, serta meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana. Hasil estimasi pendapatan dari sampah atau barang bekas dan penjualan ternak sapi yang ada di TPA yaitu bernilai sebesar Rp 404.900.000,00 per tahun. Sementara dampak negatif yang diterima oleh masyarakat dengan adanya TPA Jatibarang adalah terjadinya pencemaran udara berupa bau sampah, terjadinya penurunan tingkat kebersihan dan keindahan di lingkungan sekitar TPA, serta terjadinya kebisingan karena mobilitas truk pengangkut sampah, dengan estimasi biaya sebesar Rp 37.860.000,00. Sehingga dengan demikian dampak positif dari adanya TPA Jatibarang lebih besar dibandingkan dengan dampak negatifnya.

Keywords


Eksternalitas; Cost of Illness; Replacement Cost

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2017, Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2017, Badan Pusat Statistik Jawa Tengah.

Bujagunasti, Y. (2009), Estimasi Manfaat dan Kerugian Masyarakat Akibat Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir Studi Kasus di TPA Bantar Gebang. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Bogor.

Elza, N. I. (2016). Estimasi Nilai Manfaat dan Kerugian Ekonomi Akibat Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga Kabupaten Bogor Bagi Masyarakat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Fakultas Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Bogor.

Pahlefi, R. (2014). Estimasi Nilai Eksternalitas Dari Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (Studi Kasus TPA Rawa Kucing Kota Tangerang). Skripsi, Institut Pertanian Bogor, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Bogor

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suhan, G. Y. (2009). Estimasi Nilai Penurunan Kualitas Lingkungan Terhadap Harga Lahan di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Cipayung Kota Depok Jawa Barat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan , Bogor.

Sukirno, S. (2003). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: PT. Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.18196/jerss.v2i1.9949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Redaksi Journal of Economics Research and Social Sciences, Gedung E2 Lantai 2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Email: jerss@umy.ac.id

Telp: +62 812-3233-6697


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.