Konstruksi Pemberitaan Mediasi Karaton Kasunanan Surakarta (Analisis Framing Pemberitaan di Harian Media Online Solopos.com Periode Tahun 2014)

rizka Afridhita

Abstract


Kehadiran media massa pada masa sekarang memiliki peranan yang sangat penting bagi penyebaran informasi kepada masyarakat. Apa yang dibaca, dilihat, dan didengar melalui suatu media, merupakan hal yang sudah diubah sesuai dengan format media itu sendiri. Pemberitaan yang ada di media massa merupakan hasil dari pengkondisian pesan yang telah ditentukan. Maka dari itu, organisasi sebagai subjek dari berita media, perlu mencermati bagaimana kontruksi berita media. Dalam kondisi konflik, organisasi mendapatkan perhatian lebih dari media, dan perlu memanfaatkan media untuk mengkomunikasikan pesan kepada masyakat.  Upaya resolusi konflik, dengan demikian menjadi kabar yang ditunggu tidak saja oleh organisasi dan masyarakat, tetapi juga dari media.

Penelitian ini fokus pada pemberitaan mengenai mediasi konflik Karaton Kasunanan Surakarta. Mediasi terjadi karena adanya penolakan hasil keputusan rekonsiliasi pada tahun 2012. Mediasi yang dilakukan ternyata tidak berhasil menyelesaikan konflik. Hal tersebut menunjukkan bahwa mediasi dalam konflik, membutuhkan beberapa elemen agar mediasi mampu mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis framing oleh Robert N. Entman. Analisis framing dipilih karena penelitian ini berkaitan dengan penyaringan informasi terhadap media. Temuan menunjukkan bahwa adanya penolakan Roy Suryo sebagai mediator konflik Karaton Kasunanan Surakarta, terjadi pelemahan budaya karaton pada pelaksanaan mediasi, dan timbulnya rasa ketidakpercayaan terhadap mediasi yang difasilitasi pemerintah.

Kata Kunci : Media Massa, Framing, Konflik, mediasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Komunikator



 Komunikator Indexed by:

      


Komunikator Supported by:

   


Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 

Jl. Lingkar Selatan Yogyakarta 55183 Po Box 1063, telp. (0274) 387656 pesawat 175, fax: (0274) 387646, email: jurnal.komunikator@gmail.com komunikator@umy.ac.id, website: journal.umy.ac.id


Komunikator Incorporates with:


Lisensi Creative Commons 

Komunikator is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.