Di Balik Sandiwara Program Geronimo FM : Manajemen Produksi Penyiaran Program Sandiwara Radio Kos-Kosan Gayam

Authors

  • Puti Andam Sari

Abstract

ABSTRAK

Radio Geronimo FM merupakan salah satu radio yang sudah lama berdiri di kota Yogyakarta. Sebagai radio yang sudah lama berdiri, radio Geronimo FM Jogja dituntut untuk mempertahankan audience dengan persaingan yang ketat seiring dengan munculnya radio – radio baru. Salah satu strategi yang dilakukan oleh radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan audience adalah dengan melakukan manajemen penyiaran. Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi manajemen penyiaran radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan audience. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu mengamati fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menjadi objek penelitiannya adalah program komedi Kos Kosan Gayam di Geronimo FM Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi saat pra produksi, produksi,dan pasca produksi dengan pihak Radio Geronimo FM Jogja. Subjek penelitian adalah divisi Produser Program Radio Geronimo FM Jogja dan tokoh di Kos-Kosan Gayam. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa ada strategi kreatif dalam Kos-Kosan Gayam yang telah diterapkan dari awal acara ini berdiri yaitu dengan mengangkat fenomena yang ada di sebuah kos-kosan dengan keanekaragaman budaya yang ada di dalamnya yang dikemas dengan komedi.

 

Downloads

Published

2016-11-16

Issue

Section

Articles