INOVASI PEMERINTAHAN DAN PELAKU USAHA BATIK JUMPUTAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KAMPUNG TAHUNAN YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguraikan secara terperinci bagaimana inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kopukmnakertrans dan pelaku usaha dalam mengembangkan industri kreatif batik jumputan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa inovasi yang dilakukan Dinas Kopukmnakertrans adalah mengikuti dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini dengan mengadakan pameran dan pelatihan. Dan inovasi yang dilakukan pelaku usaha batik jumputan telah dilakukan dengan sangat baik yaitu terdapatnya beberapa manfaat bagi pelaku usaha pada masa pandemi Covid-19, terdapat kesesuain dengan kebutuhan masyarakat, memeliki tingkat kerumitan yang rendah, dan telah dilakukan uji publik terlebih dahulu serta keberhasilan dari inovasi yang dilakukan pelaku usaha batik jumputan dapat mudah diamati. Sedangkan untuk hambatan dalam melakukan inovasi antara lain: berkurangnya tenaga kerja, berkurangnya kegiatan produksi akibat pandemi Covid-19 dan hambatan modal dari pemerintah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. Retrieved from https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Hukumrnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018a). Kreatifitas dan inovasi produk industri kreatif. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, (September), 61–70.
Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018b). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Industri Kreatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 30–47. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.22
Arifianto, E. Y. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF KERAJINAN TOPENG ERA INDUSTRI 4.0. Seminar Nasional IENACO.
Fitriana, A. N., Noor, I., Hayat, A., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (n.d.). PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA BATU ( Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu ). 2(2), 281–286.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Juwita, H. K. (2018). Kain Jumputan di Kampung Tahunan Umbulharjo Yogyakarta. Pendidikan Kriya, (2), 230–239. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/57463/1/HesaKurniaJuwita%2813207244007%29.pdf
Lingga, M. A. (2019). Industri Kreatif Punya Kontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kompas.Com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2019/08/16/204100026/industri-kreatif-punya-kontribusi-pada-pertumbuhan-ekonomi-indonesia
Maharani, A., & Sumowo, S. (2019). Inovasi Kue Batik Jember Sebagai Upaya Pengembangan Industri Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Jember. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 193–202. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.312
Poerwanto. (2012). Inovasi Produk dan Motif Seni Batik Pesisiran Sebagai Basis Pengembangan Industri Kreatif Dan Kampung Wisata Minat Khusus. AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 1.
Prayudi. (2020). Analisis Kota Yogyakarta Sebagai Kota Kreatif : Pendekatan Sinergitas Quadro Helix. Jurnal EKSOS, 2(2), 94–105.
Raldianingrat, W., & Wuryanti. (2014). Upaya Peningkatan Kineja Industri Kreatif Kerajinan Melalui People Equity Dan Strategi Inovasi Di Kabupaten Konawe. Ekobis, 15(2), 102–112. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/viewFile/566/468
Rifa’i, M., & Sasongko, T. (2019). Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk melalui Inovasi dan Orientasi Pasar pada Usaha Sektor Industri Kreatif di Kota Malang. J u r n a l E K B I S, xx.
Sari, L. F. (2018). Strategi Inovasi Produk Pada Industri Kreatif Minangkabau Untuk Mengatasi Pengangguran Di Sumatera Barat. https://doi.org/10.31227/osf.io/wq6jb
Sasono, E. (2014). Peran UKM dalam Sektor Ekonomi. 6(3), 74–90.
Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992
Sumardjo. (2016). Pengertian Komunikasi Inovasi. Komunikasi Inovasi, (Sumardjo 2014), 1–60.
Suwarno, Y., & Lan, S. (2018). Bab I Mengenal Inovasi. (December 2016).
Yanuar, R. (2020). No Title. Ayoyogya.Com. Retrieved from https://m.ayoyogya.com/read/2020/07/21/39854/59-persen-umkm-jogja-mati-suri-karena-pandemi
DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v1i3.12540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)
Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.