MODEL KEPEMIMINAN DEMOKRATIS KEPALA DESA PERIODE 2013-2019 DALAM PEMBANGUNAN DESA WISATA

Bagas Yoga D, Erni Zuhriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan demokratis kepala desa periode 2013-2019 dalam pembangunan desa wisata di Desa Sambirejo, Kelurahan Prambanan, Sleman, DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif karena ingin mendeskripsikan mengenai model kepemimpinan kepala desa yang demokrtis dalam pembangunan desa wisata di yang ada di  Sambirejo, Kelurahan Prambanan, Sleman, DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan kepala desa  yang dilakukan oleh Bapak Mujimin dalam pembangunan desa wisata yang ada di Sambirejo ini adalah dengan tipe kepemimpinan demokratis. Hal ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi rencana pembangunan selama enam tahun ke depan, dengan kata lain adalah RPJMKal. Dalam hal ini, pemerintah kelurahan memiliki target-target pembangunan, mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pembangunan terutama di wilayah Sambirejo,.


Keywords


Model Kepemimpinan; Kepala Desa; Demokratis

Full Text:

PDF

References


A.Kahar, I. (2008). Konsep Kepemimpinan dalam Peubahan Organisasi (Organizational Change) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, 23.

Fathoni, M., Suryadi, & Rengu, S. P. (2019). Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Fisik Desa (Studi di Desa Denok Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 3, No. 1, 139-146.

Flo, E. (2019, Desember 10). Pesona Indonesia. Retrieved from merahputih.com: http://merahputih.com/post/read

Gunawan, M. A. (2020). Fungsi Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Aparat Pada Masyarakat Di Desa Kali Biru Kecamatan Poleang Selatan Kabupaten Bombana. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol.7, No.1.

Hayadi, D. (2015). Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Pesisir (Studi Kasus Pembangunan Pelantar Di Desa Mantang Lama Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan 2015).

Ijo, L. (2020 ). Retrieved from tebingbreksi.com: https://tebingbreksi.com/

Kartini, & Kartono. (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lamangida, T., Akbar, M. F., & Hasan, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Desa dalam Membangun Desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol.6, 77.

Moleong, L. (1988). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Mubyarto, d. (1996). Berbagai Aspek Pembangunan Pedesaan. Yogyakarta: Aditya Media.

P.Siagian, S. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rinekacipta.

Purwanti, S. (2016, Desember 18). Sejarah Tebing Breksi, Tambang Batu yang Disulap Jadi Lokasi Wisata. Retrieved from merahputih.com: https://merahputih.com/post/read/sejarah-tebing-breksi-tambang-batu-yang-disulap-jadi-lokasi-wisata

Purwanto, M. N. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Rahmawati, N. A., & Suyanto, T. (2016). Kepemimpinan Kepala Desa Jombangdelik Kecamatan Balonpanggang Kabupaten Gresik Dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat Pda Pengelolaan Lingkungan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol.2, No.4 , 409.

Ristiawan, R. (2019). Perencanaan Pengelolaan Wisata Pedesaan di Desa Bumiaji, Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bakti Budaya, Vol. 2, No 2, 113-127.

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Safitri, N. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik.

Sartono. (2011). Kepemimpinan Dalam MSDM Birokrasi Yang Good Governance "Memahami Good Governance Dalam Perspektif SDM". Yogyakarta: Gaya Media.

Siagan, S. P. (1980). Admisnistrasi Pembangunan. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Siagian, S. P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan . Jakarta: Rinekacipta.

Sugiyono. (2014). Metode Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, M. R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Dana Desa (Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Mayarakat (JSKPM), Vol. 2 (1), 133-146.

Sunarsi, D., Winata, H., Gunartin, & Paeno. (2020). Analisis Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pengembangan Desa Cidokom Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2, No.3.

Syafitri, I., & Suriani, L. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Sejati Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. PUBLIKa, Vol.5, No.1.

Thoha, M. (2009). Kepemimpinan dalam Manajemen . Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v2i1.12541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.