Strategi Lembaga Adat Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Adat Osing Kemiren

Muthiara Dwi Anggreani, Isnaini Muallidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai strategi yang dilakukan oleh Lembaga Adat Osing Kemiren dalam pengembangan pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini berangkat dari sebuah keterbukaan masyarakat adat untuk menerima modernisasi dengan tetap melestarikan nilai budaya yang mereka anut. Hal ini membawa dampak yang signifikan bagi kesejarteraan masyarakat melalui pengembangan potensi pariwisata desa dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Dari hasil analisis pada pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya strategi lembaga adat dalam pengembangan pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi cukup efektif, dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat selama dilakukannya promosi melalui media sosial Desa Kemiren. Strategi ini terletak pada strategi kelembagaan yang diterapkan oleh lembaga adat Desa Kemiren, namun terdapat salah satu strategi yang belum maksimal, yaitu pada strategi pendukung sumber daya, dimana perlu adanya peningkatan kualitas tenaga kerja guna mendukung pengembangan pariwisata di Desa Kemiren.


Keywords


Strategi; Lembaga Adat; Teknologi Informasi; Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, I. D. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Pengembangan Desa Wisata Osing Kemiren Kecamatan Glagah Banyuwangi (Doctoral dissertation, Program Studi Ekonomi Pembangunan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember).

Budi, B. S. (2018). Upaya Pengenalan Budaya Suku Osing Melalui Festival Ngopi Sepuluh Ewu dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi (Studi Deskriptif Pada Kegiatan Festival Ngopi Sepuluh Ewu Bagi Masyarakat Suku Osing di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi).

David, F. R. (2013). Strategic Management: Concepts and Cases: A Competitive Advantage Approach. Pearson.

Firmansyah, A. (2017). Strategi BUMDES Kemangi Dalam Pengembangan Desa Wisata Pada Desa Kemiren Kecamatan Glagah Banyuwangi.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 8.

Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2003). Essentials of Strategic Management (Vol.4). NJ: Prentice Hall.

Indiarti, W. (2015). Kajian Mengenai Desa Kemiren Sebagai Penyangga Tradisi dan Kearifan Lokal Masyarakat Osing. dalam Anasrullah (ed), Jagat Osing : Seni, Tradisi dan Kearifan Lokal Osing, hlm, 2015, 139-156.

Indiarti, W., & Munir, A. (2016). Peran dan Relasi Gender Masyarakat Using Dalam Lakon Barong Kemiren-Banyuwangi. Patrawidya, 17(1), 81-103.

Indiarti, W., & Munir, A. (2016, May). The Implementation of Community-Based Ecotourism Concept in Osing Tourism Village Development Strategy of Banyuwangi Regency, Indonesia. In Asia Tourism Forum 2016-the 12th Biennial Conference of Hospitality and Tourism Industry in Asia. Atlantis Press.

Kodhyat, H. (1983). Pengertian Pariwisata dan Kepariwisataan.

L Didik, S. U. H. A. R. T. A. D. I. (2020). Peran Lembaga Adat Tana Samawa (Lats) Dalam Melestarikan Kearifan Lokal di Kabupaten Sumbawa (Studi di Desa Motong Kecamatan Utan) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Mabruri, K., & Prawati, I. (2019). Implementasi Desa Adat Osing Dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Publika, 7(6).

Markus, A., Nayoan, H., & Sampe, S. (2018). Peranan Lembaga Adat Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Desa Salurang Kecamatan Tabukan Selatan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Analisis dan Analisis Data Sekunder.

Marwini, M. (2020, June). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Promosi Pariwisata Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. In Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Masyarakat UNDIP-UNNES 2019 (Vol. 1 No. 1).

Mas’ud, A., Safarrudin, S., & Falziah, F. (2017). Persepsi Pengelola Keuangan Desa Dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2 (2).

Muljadi, A. J., & Nurhayati, S. (2002). Pengertian Pariwisata. Kursus Tertulis Pariwisata Tingkat Dasar. Modul I.

Musenaf, D. (1995). Manajemen Usaha Pariwisata.

Oka, A. Yoeti. (2008). Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: Kompas.

Permadi, A. U. H. P., & Kholifah, E. (2019). Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Desa Wisata (Studi di Desa Wisata Adata Osing Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi). Sadar Wisata, 2(1), 11-18.

Pranata, Y. N. (2019). Strategi Mencegah Money Politic Melalui Desa Anti Politik Uang (Studi Kasus Pada Gerakan Desa Anti Politik Uang Murtigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul).

Putro, M. A. P., Soepeno, B., & Puji, R. P. N. (2019). Barong Using: Optimalisasi Seni Pertunjukan Barong Sebagai Obyek Pariwisata Budaya Using Tahun 1996-2018. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 3(2), 56-73.

Ratnasari, P. (2017). Musik Gedogan di Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi (Tinjauan Sejarah dan Perkembangan). Solah, 7(1).

Rozi, F., Listiawan, T., & Hasyim, Y. (2017). Pengembangan Website dan Sistem

Informasi Desa di Kabupaten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembalajaran Informatika), 2(2).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed). Alfabeta.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia (No. 1). Penerbit Gava Media Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.

Utama, A. A. G. S., Hikmawati, E. E., Herwiyanti, E., & Fatmah, F. (2019). Evaluasi dan Pengembangan Sistem BUMDes Wisata Kemiren Berbasis Web Studi Kasus www.kemiren.com. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 33-40.

Wachyuni, S. S., & Prakoso, A. G. (2018). Model Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Studi Kasus di Desa Wisata Adat Osing Kemiren Banyuwangi.

Wahyudiono, A. (2019). Kajian Bahasa Osing Dalam Modernitas. FKIP e-Proceeding, 71-86.

Warsita, B. W. B. (2014). Landasan Teori dan Teknologi Informasi Dalam Pengembanga0n Teknologi Pembelajaran. Jurnal Ternodik, 84-96.

Wirawan, S. (2013). Pengembangan Sektor Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi.

Yulianti, D. (2020). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Pelaku Usaha di Sekitar Objek Wisata Pantai Tanjung Setia, Pekon Tanjung Setia Kec. Pesisir Selatan Kab. Pesisir Barat) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

B. Buku

Supratikno, H., & Widjaja, A. W. (2003). Advanced Strategic Management: Back to Basic Approach. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. EISSN.

https://banyuwangitourism.com,

diakses pada tanggal 25 September 2020, pukul 14:25 WIB.

https://instagram.com/desa_kemiren, diakses pada tanggal 10 September 2020, pukul 18:10 WIB.

https://kemiren.com, diakses pada tanggal 10 September 2020, pukul 18:15 WIB.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Desa Kemiren Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Lembaga Adat.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tentang Pedoman Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat.




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v2i1.12542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.