STRATEGI RECOVERY DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA PADA MASA NEW NORMAL

Riza Muhamad Fadhil, Muchamad Zaenuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi recovery Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada masa new normal. Strategi merupakan rencana disertai upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Masa new normal merupakan masa transisi atau juga biasa disebut dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang disebabkan oleh Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Penyebaran Covid-19 telah membuat Indonesia mengalami keterpurukan, khususnya sektor pariwisata. Penelitian ini bertempat di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang secara wewenang mengurusi pariwisata diwilayah Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dampak yang dirasakan pada sektor pariwisata yaitu terjadinya penurunan jumlah kunjungan wisatawan karena masyarakat berdiam diri dirumah seiring dengan himbauan pemerintah untuk mengurangi mobilitas. Pandemi Covid-19 telah banyak merubah kebiasaan dalam beraktivitas yaitu wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta telah banyak mengupayakan untuk mendatangkan wisatawan agar masyarakat yang mengandalkan penghidupan dari pariwisata bisa terus bertahan, yang salah satu upayanya yaitu bekerjasama dengan banyak stakeholder untuk menekan kasus Covid-19, menyalurkan dana hibah pariwisata untuk kepentingan pariwisata dan menyelenggarakan event secara virtual dll. Diharapkan dengan strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dapat mencapai target sesuai dengan tujuan. Saran pada penelitian ini diharapkan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta  melengkapi kekurangan yang ada dari evaluasi yang dilakukan sehingga strategi yang diterapkan dapat sepenuhnya terlaksana. Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dapat lebih berkoordinasi dengan dinas pariwisata kota lain untuk lebih mengetahui inovasi-inovasi yang dilakukan serta dinas dapat membuka kontak layanan keluhan, kritik dan saran secara online.


Keywords


Strategi, recovery, Dinas Pariwisata, new normal

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo. Abu Ahmadi, Sosiologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2007, hlm. 101.

Abdul Wahab, Solichin (2005), Analisis Kebijakan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta: Bumi Aksara

Andi Nur Azakiyah, Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Pantai Tanjung Bira Kecamatan Bontohari Kabupaten Bulukumba, (Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Makassar, 2013).Skripsi, h 1-2

Anggito, Albi, dan Setiawan, J,. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Desember 2019. Berita Resmi Statistik, 13, 1–16.

Bintoro, Tjokroamidjojo, 2011, Administrasi Pembangunan, Bumi Aksara, Jakarta.

Bonita, N. (2016). Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Labuan Cermin Di Kabupaten Berau. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1499–1510.

Coppola, Damon. 2007. Introduction to International Disaster Management. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Chandler, A.D. (1962). Strategy and Structure: Chapters in The History of The American Enterprise. Washington DC: Beard Book

Dinas Pariwisata DIY, 2020, Stastistik Kepariwisataan DI Yogyakarta 2018, (https://visitingjogja.com/19962/statistik-pariwisata-diy-2018/ Diakses 1 Oktorber 2020)

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. (2020). Buku Statistik Kepariwisataan DIY. Statistik Pariwisata DIY 2019. Revisi II. Hal 81

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. 2020. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Yogyakarta

Davey, K.J.1998, Pembiayaan Pemerintah Daerah, Penerjemah: Amanullah, dkk UI-Press, Jakarta.

Ekhomawaty , Fenny (2012) Pengaruh Promosi dan Diferensiasi Citra terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki pada Rumah Zakat Indonesia Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

Febrianti, D. F., & Althalets, F. (2019). Strategi Hubungan Masyarakat Dinas Kartanegara. 7(1).

Haas, J. Eugene, Robert W. Kates, and Martyn J. Bowden. 1977. Reconstruction Following Disaster. Cambridge: MIT Press.

Herdiana, D. (2020). Rekomendasi Kebijakan Pemulihan Pariwisata Pasca Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Bandung. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7, 1. https://doi.org/10.24843/jumpa.2020.v07.i01.p01

Islamy, M. Irfan. 2000. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta. Sinar Grafika

Kiswantoro, A., Rohman, H., & Susanto, D. R. (2020). Penyaluran Alat Pencegahan dan Sosialisasi Protokoler Kesehatan untuk Pelayanan Kunjungan Wisatawan dalam Menghadapi New Normal Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Pariwisata, 1(2), 38-51.

Kurniasari, N. (2017). Strategi Penanganan Krisis Kepariwisataan dalam Kebijakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(2), 177–189. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.3007

Kurniasari, N., Haloho, H. N. Y., & Christian, A. E. (2019). POST-NATURAL DISASTERS IN INDONESIA. 7(2), 107–123.

Kerlinger, Ferd N. 2004. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2020. Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Daya Tarik Wisata. Jakarta.

Kriyantono. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana

Lupiyoadi, A.Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat, 2006 hlm.120.

Marrus. (2002) desain penelitian manajemen strategik. rajawali press:jakarta

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Nasution, 2002. Metode Research : Penelitian Ilmiah, Jakarta, PT. Bumi Aksara

Nurlela Ginting, 2016, STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATA DKI JAKARTA, Jurnal Analisis Ekonomi Utama Volume X, Nomor 2, Mei 2016

Nurjanah dkk. 2013. Manajemen Bencana. Cetakan ke-2. Bandung:Alfabeta

Pawit Yusup, M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi,dan Kepustakaan. Jakarta : Bumi Aksara.

Pendit Nyoman S. 2002. Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar, Jakarta:Pradnya Paramita.

PHRI Rilis Buku Panduan Protokol Hotel dan Restoran Era New Normal, Seperti Apa?, (2020). https://travel.kompas.com/read/2020/06/03/221000727/phri-rilis-buku-panduan-protokol-hotel-dan-restoran-era-new-normal-seperti

Prayudi, M. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nusantara: Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan, 3(2), 1.

Quinn, 1999, Diagnosing and Changing Organizational Culture: Based on the Competing Values Framework. Reading, Massachusetts: Addison Wesley

Rico, Fredi (2018) STRATEGI DINAS KOPERASI DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU (PLUT) DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. Skripsi Sarjana (S1), Universitas Muhammadiyah Malang

Sagala, S. Am. R. P. B. G. B. J. B. 2009, & Lutfiana, D. (2015). Manajemen Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi Jawa Barat 2009. 1–13.

Silalahi, Ulber, 2013, Asas-Asas Manajemen, Cetakan Kedua, Bandung: PT. Refika Aditama.

Simatupang, V., & Sukmadi, S. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KOTA BANDUNG SELAMA PANDEMI COVID 19. MEDIA BINA ILMIAH, 15(6), 4669-4680.

Sudarnoto, (2006), Pengantar Manajemen Perpustakaan Madrasah, Jakarta: UIN Syahid Jakarta.

Sulaksono, T., & Septi Winarsih, A. (2017). Image Recovery Pariwisata-Bencana di Lereng Merapi Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.18196/bdr.5117

Sujai, Mahpud. 2016. Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara. Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan. Vol. 20 No. 1

Surat Edaran Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2020. Pemulihan Aktivitas Perdagangan Yang Dilakukan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dan New Normal. 28 Mei 2020. Jakarta

Soekanto, Soerjono. 1999 Sosiologi: Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Sodik, Andi Nur. (2017). Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner Di Yogyakarta Menggunakan Metode Kolaboratif (Collaborative Method). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Solihin, S., & Budiarta, I. P. (2018). UPAYA STAKEHOLDERS DALAM PEMULIHAN PARIWISATA BALI AKIBAT ERUPSI GUNUNG AGUNG (Sebuah Model Mitigasi Bencana Untuk Pariwisata Berkelanjutan). Media Bina Ilmiah, 13(4), 1127–1132.

Sutrisnawati, N. K. (2018). Dampak Bencana Alam Bagi Sektor Pariwisata di Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(1), 57–66.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, 1997, hlm. 229.

Wicaksono, A. (2020). New Normal pariwisata Yogyakarta. Kepariwisataan:Jurnal Ilmiah, 14(3), 139–150.

Wina, Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Yeh, S. (2020). Tourism recovery strategy against COVID-19 pandemic. Tourism Recreation Research, 0(0), 1–7. https://doi.org/10.1080/02508281.2020.1805933

Zaenuri, M. 2018. Tata Kelola Pariwisata Bencana Berbasis Collaborative Governance, Konsep, Analisis, dan Pemodelan (1st ed.). Yogyakarta: Explore.




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v2i2.12658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.