Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.18196/jpk.v3i1.13389Keywords:
Implementasi, Sekolah daring, SMA Negeri 1 Yogyakarta, COVID-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisa mengenai implementasi pembelajaran daring dimasa Pandemi COVID-19 di Kota Yogyakarta dengan fokus lokasi penelitian SMAN I Yogyakarta. Adapun teori implementasi yang digunakan dlaam penelitian ini ialah Edward III dengan indikator sebagai berikut: 1) Komunikais. 2) Sumber daya. 3) Disposisi. 4) Struktur Birokrasi. Berikut ialah hasil penelitian yang dilangsungkan peneliti : 1) Komunikasi : pembelajaran sudah dilaksanakan dnegan menerapkan metode pembelajaran virtual melalui zoom dan microsoft team serta terdapat kegiatan pendalaman materi yang dilaksanakan seblum pelaksanaan pembelajaran secara daring. 2) Sumber daya: terdapat penilaian lain terkait sumber daya yang dimiliki siswa dibalik pembelajaran secara daring, yakni adanya kendala dalam pelaksanaan sekolah daring dan brerupa minimnay ketersediaan fasilitas berupa dagdet, laptop,sinyal serta kurangefektifnmya pemberian kuota belajar bagi siswa untuk pelaksanaan pembelajaran secara daring. 3) Disposisi: Adanya pendalaman materi dan peningkatan motivasi dan kesiapan mental pada siswa yang dilakukanoleh pihak tenaga pendidik. Sedangkan sikap yang diberikan oleh siswa yakni dengan melakukan diskusi bersama teman, guru, bahkan orang tua untuk meningkatkan kemmpuan dalam mencerna pelajaran selama sekolah daring. 4) Struktur birokrasi : Adanya peran Dinas Pendidikan dalam melaksanakan SOP dan mekanisme sekolah daring dan penyeian operasional sekolah daring. Pihak seklah berperan sebagai instansi yang mengkoordinir dan mengatur implementasi pemebelajaran daring selama Pandemi COVID-19.References
Adit, A. (2021, Juni 08). SMAN 1 Yogya Peringkat 9 Nasional Versi LTMPT, Ternyata Begini Cara Belajarnya. Retrieved from Kompas: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/08/154851571/sman-1-yogya-peringkat-9-nasional-versi-ltmpt-ternyata-begini-cara?page=all
Nurmandi, A., & Purnomo, E. P. (2011). Making The Strategic Plan Work in Local Government: A Case Study of Strategic Plan Implementation in Yogyakarta Special Province. International Review of Public Administration, 16.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat COVID-19. Jurnal MAPPESONA, 2.
Saubani, A. (2020, Agustus 2020 ). DIY Siapkan Bantuan Kuota Internet Hingga 10 GB untuk Siswa. Retrieved from Republika : https://www.republika.co.id/berita/qfcxwe409/diy-siapkan-bantuan-kuota-internet-hingga-10-gb-untuk-siswa
Suci, R. (2020). Belajar 'Online' di Yogyakarta Disesuaikan Kondisi Sekolah. Retrieved from Posjateng.id: https://www.posjateng.id/nasional/belajar-online-di-yogyakarta-disesuaikan-kondisi-sekolah-b1ZJO9cRM
Susanto, H. (2021, Mei 27). Melihat SMAN 1 Kota Yogyakarta, Sekolah yang Masuk 10 Besar Se-Indonesia. Retrieved from Detik News: https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5584132/melihat-sman-1-kota-yogyakarta-sekolah-yang-masuk-10-besar-se-indonesia
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License
Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK) is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.