Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Yogyakarta

Authors

  • Rahma Maliki Sandi Agustin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Suranto Suranto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/jpk.v3i1.13389

Keywords:

Implementasi, Sekolah daring, SMA Negeri 1 Yogyakarta, COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisa mengenai implementasi pembelajaran daring dimasa Pandemi COVID-19 di Kota Yogyakarta dengan fokus lokasi penelitian SMAN I Yogyakarta. Adapun teori implementasi yang digunakan dlaam penelitian ini ialah Edward III dengan indikator sebagai berikut: 1) Komunikais. 2) Sumber daya. 3) Disposisi. 4) Struktur Birokrasi. Berikut ialah hasil penelitian yang dilangsungkan peneliti : 1) Komunikasi : pembelajaran sudah dilaksanakan dnegan menerapkan metode pembelajaran virtual melalui zoom dan microsoft team serta terdapat kegiatan pendalaman materi yang dilaksanakan seblum pelaksanaan pembelajaran secara daring. 2) Sumber daya: terdapat penilaian lain terkait sumber daya yang dimiliki siswa dibalik pembelajaran secara daring, yakni adanya kendala dalam pelaksanaan sekolah daring dan brerupa minimnay ketersediaan fasilitas berupa dagdet, laptop,sinyal serta kurangefektifnmya pemberian kuota belajar bagi siswa untuk pelaksanaan pembelajaran secara daring. 3) Disposisi: Adanya pendalaman materi dan peningkatan motivasi dan kesiapan mental pada siswa yang dilakukanoleh pihak tenaga pendidik. Sedangkan sikap yang diberikan oleh siswa yakni dengan melakukan diskusi bersama teman, guru, bahkan orang tua untuk meningkatkan kemmpuan dalam mencerna pelajaran selama sekolah daring. 4) Struktur birokrasi : Adanya peran Dinas Pendidikan dalam melaksanakan SOP dan mekanisme sekolah daring dan penyeian operasional sekolah daring. Pihak seklah berperan sebagai instansi yang mengkoordinir dan mengatur implementasi pemebelajaran daring selama Pandemi COVID-19.

References

Adit, A. (2021, Juni 08). SMAN 1 Yogya Peringkat 9 Nasional Versi LTMPT, Ternyata Begini Cara Belajarnya. Retrieved from Kompas: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/08/154851571/sman-1-yogya-peringkat-9-nasional-versi-ltmpt-ternyata-begini-cara?page=all

Nurmandi, A., & Purnomo, E. P. (2011). Making The Strategic Plan Work in Local Government: A Case Study of Strategic Plan Implementation in Yogyakarta Special Province. International Review of Public Administration, 16.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat COVID-19. Jurnal MAPPESONA, 2.

Saubani, A. (2020, Agustus 2020 ). DIY Siapkan Bantuan Kuota Internet Hingga 10 GB untuk Siswa. Retrieved from Republika : https://www.republika.co.id/berita/qfcxwe409/diy-siapkan-bantuan-kuota-internet-hingga-10-gb-untuk-siswa

Suci, R. (2020). Belajar 'Online' di Yogyakarta Disesuaikan Kondisi Sekolah. Retrieved from Posjateng.id: https://www.posjateng.id/nasional/belajar-online-di-yogyakarta-disesuaikan-kondisi-sekolah-b1ZJO9cRM

Susanto, H. (2021, Mei 27). Melihat SMAN 1 Kota Yogyakarta, Sekolah yang Masuk 10 Besar Se-Indonesia. Retrieved from Detik News: https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5584132/melihat-sman-1-kota-yogyakarta-sekolah-yang-masuk-10-besar-se-indonesia

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Sandi Agustin, R. M., & Suranto, S. (2021). Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK), 3(1), 39–46. https://doi.org/10.18196/jpk.v3i1.13389

Issue

Section

Articles