Analisa Kualitas Pelayanan Publik: Studi Terhadap Pelayanan Surat Ijin Mengemudi di Polres X Tahun 2021

Ardiyanti Ardiyanti, R. Widodo Triputro

Abstract


Peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat selalu ditingkatkan, tidak terkecuali pada pelayanan SIM oleh Kepolisian Republik Indonesia khususnya di Polres X, Polda Y. Pelayanan SIM selalu ditingkatkan karena SIM merupakan alat kontrol dan pengendalian penggunaan kendaraan bermotor di jalan raya sebagai identitas diri para pengemudi kendaraan bermotor yang telah dinyatakan mampu mengemudikan, dan sebagai bentuk tanggung jawab bagi Polri maupun pengemudi kendaraan bermotor. Pengendara kendaraan bermotor yang ingin memiliki SIM harus memenuhi prosedur dalam pembuatan SIM. Kesadaran hukum masyarakat yang telah terbentuk harus dapat diimbangi dengan kualitas pelayanan penerbitan SIM yang baik Meskipun peningkatan kualitas pelayanan selalu ditingkatkan, masih terdapat kendala, serta faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan pelayanan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukan, upaya peningkatan kualitas pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Polres X adalah sarana dan prasarana yang ada di ruang pelayanan SIM Polres X selalu ditingkatkan demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Di sisi lain, keterbatasan ruang pelayanan SIM Polres X menyebabkan adanya hambatan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM oleh Satpas SIM Polres X. Selanjutnya data tentang faktor pendukung dalam peningkatan kualitas pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Polres X adalah kemampuan petugas Satpas Polres X dalam memberikan pelayanan kepada pemohon SIM di Polres X sudah sangat baik. Petugas di Polres X sopan dan ramah dalam memberikan pelayanan kepada pemohon SIM. Empati dan simpati yang ditunjukkan oleh petugas di Polres X dapat dirasakan oleh masyarakat yang sedang mengurus perpanjangan maupun penerbitan SIM baru.


Keywords


kualitas; pelayanan; surat ijin mengemudi.

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Jakarta : Gava Media.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mujiyono. 2010. Membudayakan Tertib Berlalu Lintas Melalui Pendidikan Dasar Dan Menengah Guna Menciptakan Kamseltibcar Lantas di Wilayah Jawa Tengah, Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Tengah, Semarang.

Pasolong, Harbani. (2011). Teori Administrasi Publik. Cetakan ketiga. Bandung:CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumber Lain

Pemerintah Indonesia. 2003. KEP No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Pelayanan Publik

Pemerintah Indonesia. 2002. Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Sumber Internet

Christian Jarret. 2019. Bagaimana Penampilan Fisik Mempengaruhi Kepribadianmu (https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-48773800) diakses 07 September 2021

Dwi AT. 2019. Pengertian masyarakat secara umum. (https://umum-pengertian.blogspot.com/2016/05/pengertian-masyarakat-secara-umum.html ) diakses 15 september 2021

Juwita, Agnes. 2016. Optimalisasi SIM online sebagai strategi untuk mewujudkan pelayanan prima pada kantor Satpas Jember https://media.neliti.com/media/publications/322142-optimalisasi-sim-online-sebagai-strategi-4658072c.pdf diakses 15 September 2021

Setyaningsih, IR. 2009. Kualitas Pelayanan di Kantor Sat Lantas Polres Sragen. (www/mediakonsumen.com/artikel665.html) diakses 15 Sepember 2021

Undang Undang Republik Indonesia. (2009). UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan. (Kemlu.go.id:https://pih.kemlu.go.id/files/uu_no_22_tahun_2009.pdf) diakses 15 September 2021

Yuniarto, Zulcham.2000. Implementasi Program Penanganan Cepat (Quick Response) di Bidang Lalu Lintas. (http://digilib.unikal.ac.id/index.php?p=show_detail&id=297&keywords=) diakses, diakses 07 September 2021

Siti Fatimah 600 Abstract https://pdfs.semanticscholar.org/b448/ce1e8c0c8c36603ff84160db0b3267760dd8.pdf) diakses 15 September 2021

Tugas dan Fungsi Polri (https://humas.polri.go.id/profil/tugas-fungsi/) diakses 15 September 2021.




DOI: https://doi.org/10.18196/jpk.v3i2.14466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: 

Master of Government Affairs and Administration, Postgraduate Building 2nd Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.